Solusi RDP (Remote Desktop) Tidak Bisa Dibuka

Solusi RDP (Remote Desktop) Tidak Bisa Dibuka

RDP merupakan sebuah protokol yang memungkinkan kita untuk mengontrol komputer dari jarak jauh. Fitur ini sudah ada dari bawaan Windows dan sangat berguna buat kamu yang suka kerja fleksibel atau membutuhkan akses komputer kantor dari rumah.

Nah biasanya masalah yang sering dihadapi itu mulai dari RDP yang tak bisa dibuka atau tidak konek, layar yang freeze, sampai masalah keamanan. Tapi jangan khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya, dan kita bakal bahas satu per satu cara mengatasinya.

1. Coba Akses Menggunakan WARP

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan DNS Pribadi atau VPN. Dan di sini saya sangat menyarankan menggunakan Cloudflare WARP karena prosesnya yang mudah untuk dilakukan. Jika belum memiliki aplikasinya, silakan download dan instal terlebih dahulu.

Mengapa menggunakan WARP? Karena siapa sangka ISP yang kamu gunakan memblokir port 3389 yang mana itu dipakai untuk mengakses RDP. Jadi dengan mengaktifkan WARP, akses ke RDP tidak akan dibatasi lagi dan bisa langsung lancar.

2. Restart Windows Server dan Tambahkan SWAP Memori

Malfungsi memang bisa terjadi kapan saja tanpa disadari, salah satunya seperti masalah ini. Namun rata-rata masalah sejenis ini tidaklah parah dan bisa dengan mudah diatasi dengan cara me-restart dari sisi server saja.

Cara kedua ini cukup ampuh untuk diterapkan. Dan jika solusi ini berhasil, saya sarankan untuk menambah ruang SWAP memori pada server. Apalagi untuk penggunaan di VPS dengan spesifikasi yang tergolong rendah, tentunya ini sangat direkomendasikan.

Untuk menambah SWAP memori di Windows sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Silakan klik kanan pada My Computer, kemudian pilih Properties.
  2. Selanjutnya klik menu Advanced system settings.
  3. Pada tab Advanced di bawah Performance, klik pada opsi Settings.
  4. Kemudian di bagian Virtual memory, klik tombol Change.
  5. Hilangkan checklist pada Automatically manage paging file size for all drives.
  6. Kemudian pilih drive mana yang akan dipakai untuk SWAP. Sebagai saran, pilih dengan drive yang memiliki kapasitas yang besar.
  7. Lalu klik pada Custom size dan isikan minimal tingkat SWAP dan maksimalnya dalam hitungan MB.
  8. Dan pada akhirnya klik OK dan silakan reboot.

Tutorial di atas lebih ditujukan untuk windows server 2012 hingga 2019. Untuk versi 2022 kemungkinan caranya berbeda sedikit dalam mengakses bagian advanced system settings. Dan jika kamu bingung berapa tingkat minimal dan maksimal SWAP yang baik, silakan isi 1024-8192.

Sehingga minimal swap yang akan dipakai adalah 1 GB dan maksimalnya adalah 8 GB. Itu sudah lebih dari cukup untuk mengatasi proses yang berhenti akibat kekurangan memori RAM.

3. Gunakan Alternatif dari RDP

Mungkin cara ketiga ini sedikit keluar dari topik. Akan tetapi di jaman yang modern ini, penggunaan windows server pada komputer-komputer seperti di kantor itu nyaris tidak ada. Jadi solusinya adalah menggunakan alternatif dari remote desktop bawaan, yaitu seperti Teamviewer atau Anydesk.

Mengapa saya menyarankan itu? Karena selain mudah, itu juga lebih smooth dan tingkat kompresinya lebih baik untuk menampilkan gambar bergerak seperti streaming video. Dijamin rasa delay akan berkurang dibandingkan memakai RDP.

Baca juga: Cara Menggunakan Anydesk Remote Desktop

Tapi ini hanya sebatas saran saja nih, karena selera dan pengalaman orang pasti berbeda-beda, jadi bisa saja seseorang lebih PW jika memakai RDP ketimbang yang lainnya.

Jadi cukup itu saja beberapa solusi yang dapat kamu coba ketika RDP tak bisa dibuka. Ingat, jangan panik dulu. Coba satu per satu solusi di atas mulai dari yang pertama supaya hasilnya efektif. Dengan sedikit kesabaran, masalah apapun bisa diatasi dengan mudah.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *