Cara Mengatasi Semua Teks Menjadi Tebal di WordPress

Cara Mengatasi Semua Teks Menjadi Tebal di WordPress

Terkadang WordPress bisa bertingkah laku aneh secara tiba-tiba, seperti semua teks di artikel tiba-tiba menjadi tebal. Ini bisa membuat kita pusing tujuh keliling karena bukan hanya tampilan website yang berpengaruh, tapi juga faktor pengalaman pengguna saat membacanya.

Kenapa bisa begitu? Biasanya, masalah ini terjadi karena ada kesalahan kecil di dalam kode pada template atau konflik plugin yang kita pakai. Jangan salah, masalah kecil ini bisa membuat website kita di mata pengunjung menjadi kurang oke.

Tak usah khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk mengatasi masalah ini. Dengan beberapa trik jitu ini, website kamu bisa kembali normal seperti semula. Langsung saja menuju topik pembahasan di bawah ini.

1. Aktifkan Fitur Pembetulan Otomatis XHTML yang Salah

Ada fitur penting yang mungkin jarang diketahui oleh beberapa pengguna. Yaitu pembetulan XHTML yang peletakkannya tidak sah. Jadi misalnya ada kode yang tidak memiliki penutup yang tepat, maka WordPress secara otomatis akan membetulkannya.

Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur ini:

  1. Buka halaman admin WordPress.
  2. Klik menu Pengaturan.
  3. Kemudian menuju bagian Menulis.
  4. Dan di bagian Pemformatan, silakan aktifkan pada opsi WordPress seharusnya membetulkan XHTML yang peletakannya tidak sah secara otomatis.
  5. Selesai, silakan hapus cache dan reload website.

2. Akibat Plugin yang Baru-Baru ini Dipasang atau Diperbarui

Silakan coba untuk mengingat-ingat plugin apa saja yang baru-baru ini dipasang atau diperbarui. Karena siapa tahu hal tersebut menciptakan masalah ini, di mana plugin tidak kompatibel dengan tema yang digunakan sehingga menjadi bermasalah dan menciptakan perilaku aneh pada website.

Sebagai contohnya seperti plugin yang menambah struktur tertentu pada artikel. Entah itu tombol share, related post, atau bahkan plugin untuk meminifikasi kode javascript, css, atau bahkan font.

Jika kamu takut untuk mengubah perubahan pada website secara langsung, silakan ubah melalui versi staging pada website. Dan jika kamu tidak tahu bagaimana cara melakukannya, silakan ikuti langkah membuatnya pada artikel berjudul STAGING.

3. Coba Mengubah Font Saat ini ke Default

Buka pengaturan tampilan pada halaman WordPress dan atur font yang telah diterapkan pada tema. Misalnya jika saat ini memakai Open Sans, Roboto, dan lain-lain, silakan ubah itu ke default terlebih dahulu untuk memastikan.

Jika masalah ini teratasi, maka bisa dipastikan kendalanya disebabkan karena perubahan jenis font yang terpasang pada website. Jika sebelumnya font menggunakan tipe reguler, berarti itu berubah menjadi bold. Jadi apabila ingin menggunakan font yang sama, harus memasang ulang dengan berkas atau URL font yang benar.

Baca juga: Mengganti Teks Secara Keseluruhan pada Database WordPress

4. Kembalikan Perubahan Tema dan Plugin Secara Keseluruhan

Solusi terakhir adalah restore (mengembalikan) namun terbatas pada tema dan plugin saja. Jika website yang kamu kelola memiliki jadwal backup dan restore berkala misalnya satu minggu sekali, maka hal ini lebih bagus.

Karena secara keseluruhan, yang memiliki potensi untuk mengubah setelan halaman artikel adalah bagian tema dan plugin. Dan sekali lagi saya juga menyarankan untuk melakukan tindakan ini pada versi staging pada website terlebih dahulu untuk meminimalisir supaya tidak ada konflik yang terjadi.

Karena siapa tahu terjadi perubahan yang dilakukan oleh plugin kepada tema sehingga menciptakan perubahan pada isi di dalamnya. Jadi dengan mengembalikannya dari berkas cadangan yang tersedia, diharapkan masalah ini dapat teratasi sempurna.

Cukup itu saja beberapa solusi yang dapat saya bagikan kali ini. Menangani setiap kendala memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, meskipun ini berimbas pada sisi kenyamanan pengguna di website, harus tetap bersabar dan hati-hati dalam melakukannya. Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan terkait solusi yang saya bagikan di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *