≡ Menu

Cara Menggunakan Anydesk Remote Desktop

Banyak sekali program yang dapat digunakan untuk mengakses komputer secara remote, dan Anydesk adalah salah satunya. Kinerja dari program tersebut nyaris sama seperti Teamviewer, namun pastinya terdapat kelebihan tersendiri dari keduanya.

Menurut Saya, Anydesk adalah remote desktop yang benar-benar mudah pengoperasiannya. Selain itu, program yang disediakan juga sangat ringan. Cuma ada satu kekurangan saja, yaitu proses pengkoneksian ke server yang terkadang berlangsung sedikit lama.

Saat ini Anydesk mendukung banyak sekali sistem operasi. Baik itu di Windows, Linux, Mac, atau di Android. Semuanya memiliki cara yang sama dalam pengoperasian programnya. Dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakannya.

Tutorial Menggunakan Anydesk Remote Desktop

Yang perlu kamu siapkan adalah dua komputer. Yang satu (A) sebagai host, dan satu lagi (B) sebagai client. Jadi nantinya komputer A yang akan diakses dari komputer B secara remote.

  1. Silakan unduh dan instal Anydesk pada komputer A dan B.
  2. Silakan buka Anydesk pada komputer A dan catat ID yang tampil.

    Catat ID Anydesk

  3. Sekarang buka Anydesk pada komputer B. Dan masukkan ID yang dicatat tadi pada kolom Remote Desk.

    Memasukkan ID Anydesk

  4. Lalu klik tombol Connect.
  5. Setelah itu dialog konfirmasi perangkat akan masuk pada komputer A, silakan klik tombol Accept untuk memberi akses.

    Klik Tombol Accept

  6. Selesai, kini komputer A sudah dapat diakses secara remote dari komputer B.

Mudah sekali kan? Secara keseluruhan kamu hanya perlu mencatat ID-nya saja dan kemudian memasukkannya pada komputer client untuk dapat menghubungkannya. Setiap ada komputer lain yang ingin terhubung, pastinya akan muncul dialog konfirmasi pada komputer host.

Mengatur Password pada Anydesk

Kamu juga bisa mengatur password pada Anydesk supaya tidak perlu melakukan konfirmasi setiap kali perangkat client ingin terhubung. Caranya sangatlah mudah, cukup buka program Anydesk, kemudian klik pada menu Set password for unattended access.

Klik menu Set Password

Setelah itu aktifkan pada opsi Enable unattended access dan klik tombol Set password for unattended access untuk mengatur passwordnya.

Mengatur Password

Setelah mengaturnya, kini kamu bisa menghubungkan ke komputer host tanpa perlu ada perizinan lagi. Alias cuma memasukkan password yang telah diatur saja.

Baca juga: 5 Manfaat dari Menggunakan Remote Desktop (RDP)

Solusi Muncul Notif “Anydesk Not Connect”

Notif tersebut tampil bukan berarti komputer host tidak bisa diakses, akan tetapi perangkat kamu (sebagai client) yang belum terhubung ke server Anydesk. Jadi silakan tunggu beberapa saat sampai perangkatnya terhubung.

Untuk mengetahui terhubung tidaknya sangatlah mudah, cukup tunggu tanda kuning dipojok kiri atas menjadi warna hijau. Setelah itu coba hubungkan kembali ke komputer host, pasti kini notif tersebut tidak akan muncul lagi.

Anydesk Terhubung ke Server

Kesimpulan

Pada dasarnya penggunaan Anydesk mirip sekali dengan Teamviewer, sementara itu fiturnya masih tidak sebanyak di Teamviewer. Tapi itu tidak masalah karena program ini bisa dinikmati secara gratis dan tentunya tanpa ada iklan sekalipun.

Banyak pengaturan yang bisa kamu terapkan, misalnya menonaktifkan output suara, akses admin, dan beberapa hal lainnya. Silakan atur itu sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment