5 Situs Pemendek URL Gratis dengan Custom Link

Terdapat banyak sekali situs pemendek URL yang populer di internet, namun dari kebanyakan itu masih tidak memiliki fitur custom link yang mana itu sebenarnya sangat penting. Jadi fitur custom link merupakan sebuah teks yang dapat diatur sendiri pada bagian akhir parameter URL.

Sebagai contohnya, jika rata-rata pemendek URL menggunakan karakter random di akhir URL. Namun jika tersedia fitur custom link ini, kamu bisa mengubah karakter random itu menjadi apa saja yang kamu inginkan, selama itu unik alias tidak pernah dibuat oleh orang lain.

Di artikel ini, saya akan membagikan 5 situs web pemendek URL terbaik yang menyediakan fitur custom link. Penasaran ingin segera mengetahuinya? Langsung simak baik-baik mulai dari sini.

1. Bitly

Situs ini masih menjadi salah satu pemendek URL paling populer hingga saat ini. Setiap pengguna dibebaskan untuk membuat custom link dengan syarat harus membuat akun terlebih dahulu. Layanan ini gratis dan tersedia berbagai fitur menarik di dalamnya.

Gambaran Website Bitly

Salah satu kelebihan dari situs ini adalah tingkat akurasi dari statistik yang diberikan. Sehingga pengguna dapat mengetahui seberapa sering URL yang diperpendek telah di klik oleh pengunjung. Selain itu proses pendaftarannya juga mudah.

Ingin mencobanya? Silakan ke website Bitly.

2. TinyURL

Situs ini berdiri sejak tahun 2002 dan masih beroperasi dengan baik hingga sekarang. Fitur custom link di website ini bernama alias yang bisa langsung dibuat bahkan meski pengguna belum mendaftar akun.

Gambaran Website TinyURL

Kelebihan dari situs ini adalah sangat ringan sekali untuk diakses. Tapi sayangnya, fitur yang disediakan untuk pengguna gratis masih terasa kurang. Selain itu tidak ada jenis domain lain yang digunakan, dan beberapa orang menganggap domain TinyURL masih terlalu panjang.

Merasa tertarik untuk menggunakannya? Silakan klik untuk ke situs web TinyURL.

3. S.id

Kali ini merupakan situs besutan orang dalam negeri. Sebenarnya S.id sendiri juga merupakan situs yang menyediakan layanan untuk membuat microsite. Sementara itu untuk fitur pemendek URL yang ditawarkan nyaris sama seperti Bitly.

Gambaran Website S.id

Pengguna diminta untuk mendaftar akun untuk bisa menggunakan fitur custom link name sesuka hati. Dan kelebihan dari situs ini adalah dapat mengganti custom link name tersebut sebanyak 3 kali dalam sebulan.

Sementara itu untuk kekurangannya adalah terdapat batasan maksimal untuk pemendek URL, yaitu 100 kali setiap bulan. Bagi beberapa orang, hal ini tersebut bisa menjadi kekurangan. Sedangkan bagi saya, 100 kali dalam sebulan sudah mencukupi untuk keperluan dalam memperpendek URL.

Pasti penasaran kan bagaimana semua fiturnya? Tancap langsung ke website S.id.

4. Dev.Me

Pada umumnya Dev.Me merupakan situs penyedia API terkait tools yang ada di internet. Dan salah satu tools yang tidak boleh dilewatkan adalah pemendek URLnya. Itu karena tersedia beberapa domain yang dapat pengguna pilih sesuka hati.

Gambaran Website Dev.Me

Saat artikel ini dibuat, tersedia 3 jenis domain yang bisa dipilih secara gratis. Selain itu, pengguna juga diberikan hak untuk membuat sendiri custom link yang akan dibuat.

Ingin mencoba layanannya? Silakan menuju situs Dev.Me

5. Tiny.cc

Dan yang terakhir adalah Tiny.cc. Situs ini hadir sejak tahun 2006 dan masih menjaga kuat layanannya hingga saat ini. Websitenya yang ringan memudahkan pengguna untuk mengakses dan memperpendek URL dalam kondisi jaringan apapun.

Gambaran Website Tiny.cc

Dan tidak perlu mendaftar akun, semua pengguna diberi akses untuk langsung menyicipi fitur custom link yang ada di sana. Ada pun fitur premium yang diklaim akan memberikan 100 lebih fitur dibanding yang gratis.

Bagaimana, ingin mencobanya sekarang? Silakan ke website Tiny.cc.

Baca juga: 7 Situs Pemendek URL Terbaik Tanpa Iklan

Penutup

Dari ke lima daftar website di atas, sudah kah kamu memilih mana yang sesuai untuk kebutuhanmu? Setiap website tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tak ada salahnya untuk mencoba satu per satu untuk menemukan mana yang paling cocok.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *