Cara Instal Capcut di Komputer atau Laptop

Cara Instal Capcut di Komputer atau Laptop

Capcut merupakan aplikasi editor video yang dikembangkan oleh Bytedance, di mana aplikasi ini telah terintegrasi dengan Tiktok untuk memudahkan pengguna dalam berkreasi lebih mudah dan menyenangkan. Aplikasi Capcut dapat dinikmati secara gratis, dan tersedia pula versi untuk desktop (komputer & laptop).

Capcut versi desktop memiliki interface yang sama mudahnya seperti di aplikasi mobile. Yang membedakannya adalah tampilan menu yang disediakan, di mana pada versi desktop jauh lebih leluasa karena sepastinya layarnya lebih lebar.

Di artikel ini, saya ingin menjelaskan tata cara menginstal Capcut di komputer/laptop. Jadi apabila kamu sudah bosan mengedit video melalui Capcut di ponsel, maka inilah saat yang tepat untuk mencobanya di desktop.

Langkah-Langkah Menginstal Capcut di Komputer/Laptop

Yang perlu disiapkan pertama kali adalah koneksi internet, dan pastikan versi Windows pada komputer atau laptop yang kamu gunakan di atas 7. Sementara itu, ukuran dari aplikasi Capcut versi desktop adalah sekitar 500MB, jadi pastikan ada kapasitas drive yang tersisa. Jika sudah siap, silakan lanjut ke langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Download Capcut Versi Desktop

Kamu bisa mengunduhnya langsung dari situs resmi Capcut. Untuk ukuran instalernya memang kecil, namun terdapat proses unduhan ulang di dalam instalernya yang mencapai 500MB. Maka dari itu saya menghimbau untuk memiliki ruang kapasitas bebas di drive sekitar 2 GB untuk keperluan Capcut ini.

Download Capcut Versi Desktop

2. Proses Instalasi Capcut

Tidak banyak yang harus dilakukan, pada umumnya kamu hanya perlu memilih direktori atau drive di mana Capcut akan terpasang, dan setelah itu cukup klik NEXT saja sampai prosesnya selesai. Proses ini memakan waktu sekitar 2 – 3 menit saja.

3. Login di Aplikasi Capcut Desktop

Untuk menyimpan progress setiap proyek video yang kamu edit, silakan login Capcut menggunakan beberapa metode yang disediakan, antara lain adalah melalui Tiktok, Facebook, Google, atau bisa juga lewat QR Code (via Capcut Mobile).

Proses Login di Capcut Desktop

4. Mulai Mengedit Video

Pada awal kali penggunaan, kamu akan diberikan semacam tips singkat pada aplikasi untuk mengedit video. Bisa dibilang sebagai pengenalan terhadap aplikasi supaya pengguna baru tidak bingung ketika hendak mengedit. Dan proses ini singkat, jadi sebaiknya tidak perlu di skip.

5. Mengekspor dan Share Video

Apabila video sudah di-edit, kamu bisa mulai mengekspor untuk melihat hasilnya. Untuk proses rendernya, Capcut sudah memberikan jenis encoding berupa H.264 yang mana video jenis ini bisa diputar pada segala jenis perangkat ataupun aplikasi pemutar video, serta ukurannya juga tidak terlalu tinggi.

Ekspor Video di Capcut Desktop

Selain itu, kamu juga bisa langsung membagikan video hasil tersebut ke Tiktok dengan sekali klik. Tentunya pada saat sebelum membagikannya, kamu akan diberikan pratinjau terkait perubahan aspek rasio.

Kelebihan Capcut Pro dan Cara Mendapatkannya

Satu-satunya perbedaan dari versi gratis dan pro adalah fiturnya. Di versi pro terdapat fitur premium yang sangat menarik dan unik, baik itu efek, filter, transisi, editor AI, hingga perubahan pada audio.

Capcut pro dapat didapatkan secara gratis dengan mengikuti uji coba selama 7 hari, dan setelah itu kamu dapat memutuskan untuk terus berlangganan atau membatalkannya. Selain itu, untuk mendapatkan Capcut pro juga bisa dengan cara mengundang beberapa teman untuk menggunakan Capcut, namun ini terbatas pada event yang sedang berlangsung.

Baca juga: Beberapa Cara Mendapatkan Capcut Pro Secara Gratis

Kesimpulan

Penggunaan Capcut versi desktop sama mudahnya seperti di aplikasi mobile, hanya berbeda tampilan menunya saja. Jika menurut saya pribadi, mengedit untuk video biasa di versi desktop jauh lebih mudah karena kebanyakan kita hanya perlu drag & drop saja.

Mungkin kamu memiliki pengalaman lain saat menggunakan Capcut versi desktop, atau barangkali ada yang ingin ditanyakan terkait instalasi aplikasinya, silakan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *