Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Instagram atau biasa disebut sebagai ig adalah platform berbagi foto dan video terbesar di internet. Setiap harinya terdapat ratusan ribu pengguna yang aktif dan mengunggah konten untuk membagikan momen mereka di internet kepada orang terdekatnya.

Masalah yang terkadang muncul di Instagram adalah tidak dapat membuka aplikasinya. Ini akan membuat orang bertanya-tanya “kenapa ig tidak bisa dibuka?” Dan hal ini membuat seseorang merasa bingung karena merasa tidak melakukan apapun yang salah terhadap ponselnya.

Jika kamu mengalami masalah itu juga, tak usah khawatir, karena di sini akan saya bagikan langkah mudah untuk mengatasinya. Langsung saja kita bahas mulai dari sini ya.

Apa Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka?

Penyebab utama aplikasi Instagram tidak bisa dibuka adalah terjadi malfungsi sementara, yang mana kebanyakan terjadi dari sisi aplikasi. Selama masalah ini tidak dialami oleh semua orang, maka sepastinya kamu dapat mengatasi masalah ini secara mandiri dengan mengikuti beberapa solusi yang dibagikan di sini.

Contoh dari malfungsi sementara adalah terdapat data corrupt pada aplikasi sehingga prosesnya terus-menerus dibatalkan dan berpotensi aplikasi langsung keluar sendiri. Adapun hal lain seperti penyimpanan penuh pada perangkat, perizinan aplikasi yang tidak disetujui, dan sebagainya.

Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

1. Reboot atau Restart Ponsel

Cara pertama yang menurut saya paling simple adalah dengan cara me-reboot ponselnya. Jadi dengan memulai ulang sistem, memungkinkan masalah ini dapat teratasi secara otomatis. Kamu tidak perlu melakukan hal-hal lain lagi, alias cukup reboot dan cobalah untuk membuka kembali aplikasi Instagram.

2. Hapus Data pada Aplikasi Instagram

Menghapus data terhadap aplikasi Instagram sangat aman untuk dilakukan. Pasalnya ini hanya akan menghilangkan kredensial login ke akun kamu dan tidak bertujuan untuk menghapus foto atau video yang sudah kamu unggah. Atau sederhananya, ketika data dari aplikasi telah dihapus, kamu hanya perlu masuk kembali ke akun Instagram.

Berikut ini tata caranya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Instagram.
  4. Selanjutnya ketuk pada tombol Hapus Data.
  5. Jika muncul konfirmasi, silakan pilih Ya.

Ketika data sudah berhasil dihapus, kini cobalah untuk masuk kembali ke aplikasi Instagram. Kamu akan diminta untuk login menggunakan email atau nomor telepon, dan setelah itu pasti akun kamu sudah dapat diakses kembali tanpa ada masalah.

3. Perbarui Aplikasi Instagram

Siapa tahu versi aplikasi Instagram kamu sudah termasuk lawas dan tidak layak untuk dipakai. Silakan cek pada Play Store atau Apps Store untuk mengetahuinya. Jika terdapat pembaruan, maka silakan langsung untuk diperbarui.

Penting untuk diketahui, memperbarui aplikasi lebih baik dilakukan dari Play Store (Android) atau Apps Store (iOS) untuk mendapatkan versi aplikasi yang paling kompatibel terhadap ponselnya. Karena jika mengunduh di suatu website, memungkinkan versi yang kamu dapatkan tidak cocok terhadap ponselnya sehingga masalah seperti ini berpotensi akan terjadi.

Selain itu, dengan memperbarui aplikasi Instagram, kamu akan mendapatkan fitur yang lebih baru serta tingkat keamanan yang lebih terjamin. Jadi tidak ada ruginya untuk memperbarui aplikasinya selagi ada pembaruan yang tersedia.

Mungkin kamu tertarik: Cara Berpindah Akun Instagram ke HP Baru

Kesimpulan

Masalah Instagram yang tidak bisa dibuka secara tiba-tiba, rata-rata disebabkan dari sisi aplikasi dan bukan dari ponselnya. Dengan melakukan beberapa langkah mudah di atas, pasti akan menyelesaikan masalah yang kamu hadapi, dan tentunya dapat terus beraktivitas di Instagram seperti biasanya. Jadi jangan sampai beranggapan ponsel kamu sudah rusak ketika tidak bisa membuka aplikasi instagram ya.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait solusi di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *