Cara Ampuh Mengatasi Akun Facebook Terkunci

Cara Ampuh Mengatasi Akun Facebook Terkunci

Akun sosial media semacam Facebook kini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Tak hanya digunakan untuk sebatas menjalin pertemanan dengan orang di sekitar, namun banyak kegunaan lainnya seperti dalam hal pekerjaan, jual beli barang, dan sebagainya.

Satu masalah yang bisa saja dialami oleh seseorang adalah akun Facebooknya terkunci secara tiba-tiba. Walaupun merasa akunnya tidak sedang dimasuki oleh seseorang, namun terkadang sistem Facebook salah dalam mendeteksi terhadap adanya aktivitas mencurigakan.

Hal-hal yang membuat akun Facebook terkunci sebenarnya adalah aktivitas masuk dari perangkat yang tidak dikenal, atau aktivitas yang tidak biasa. Sebagai contohnya akun Facebook tiba-tiba memposting atau berkomentar sesuatu tanpa disadari dan ada pengguna lain yang melaporkan terhadap hal tidak wajar tersebut. Lalu sistem Facebook menganggap itu valid dan segera mengunci akunnya.

Solusi Membuka Akun Facebook yang Terkunci

Sebenarnya solusinya sederhana, kita hanya diminta untuk mengunggah identitas untuk memverifikasi kepemilikan akun. Proses ini sangat cepat dilakukan melalui ponsel.

Jadi awal kali masuk ke akun Facebook yang terkunci, kamu akan diminta untuk menuliskan alamat email atau nomor WhatsApp untuk proses pengajuan pembukaan akun. Sebagai saran, gunakan alamat email atau nomor telepon yang telah terhubung pada akunnya.

Apabila sudah, maka kamu akan dipersilakan untuk memilih jenis identitas apa yang ingin diunggah nantinya. Ada banyak jenis identitas yang dapat dipilih salah satu, contohnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Silakan potret pada bingkai yang sudah disediakan pada kamera, dan apabila sudah memotretnya, silakan tunggu prosesnya kurang lebih sekitar 5 menit.

Tunggu Hasil Validasi Lewat Email atau WhatsApp

Facebook akan mengirimkan hasil validasi terkait proses verifikasi identitas melalui alamat email atau nomor whatsapp sesuai yang kamu tuliskan sebelumnya. Jika Facebook menyetujui, maka kamu akan mendapatkan pesan seperti ini:

Validasi Identitas Berhasil di Facebook

Jika sudah mendapatkan pesan seperti itu, silakan ketuk tautan yang diberikan untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

Bagaimana Jika Facebook Gagal Memvalidasi?

Jangan khawatir, masalah seperti ini biasanya terjadi akibat foto yang tergolong buram. Jadi saya sarankan untuk melakukannya kembali. Atau kamu juga bisa menggunggah jenis identitas yang lainnya apabila itu memungkinkan.

Ingat, Facebook membatasi proses pengunggahan identitas ini kurang lebihnya sebanyak 5x. Jadi apabila sudah gagal 5x, maka pengguna harus menunggu satu hari untuk mencoba kembali.

Saya pun pernah mengalami kegagalan akibat foto KTP yang terbilang buram. Alhasil saya potret pakai kamera HP lain dan saya unggah langsung dari komputer dan melangsungkan proses pembukaan akun dari komputer. Berikut ini pesan email dari Facebook ketika proses validasinya gagal:

Validasi Identitas Gagal di Facebook

Jadi jangan bersedih apabila gagal, karena bisa saja itu hanya masalah kamera saja. Bahkan meski nama di Facebook tidak sama persis dengan di KTP pun itu sebenarnya tidak menjadi masalah. Karena saya sudah mempraktekannya sendiri.

Baca juga: Berapa Lama Komentar Facebook Diblokir?

Pergantian Kata Sandi Baru

Ketika akun Facebook sudah tidak terkunci, sistem akan meminta kamu untuk membuat kata sandi yang baru. Dan setelah itu akun Facebook sudah kembali normal dan bisa digunakan seperti biasanya.

Pada saat setelah mengganti password Facebook yang baru, kamu akan diberitahu aktivitas apa yang membuat akun kamu terkunci. Bisa saja itu karena aktivitas masuk dari perangkat lain, postingan, atau komentar. Dengan begitu kamu dapat mengetahui secara detil mengapa hal ini bisa terjadi dan juga mengantisipasi supaya tidak terjadi hal yang sama lagi.

Kesimpulan

Tindakan atau aktivitas yang mencurigakan menjadi penyebab mengapa akun Facebook dapat terkunci otomatis oleh sistem. Jika dulunya cara mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan cara sukar seperti menebak foto teman, namun kini Facebook telah memberikan cara yang lebih efisien, yaitu verifikasi data identitas yang prosesnya hanya berlangsung beberapa menit saja.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait langkah-langkah yang saya bagikan di atas, silakan berkomentar untuk segera mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *