Cara Mengeluarkan Aplikasi atau Game yang Macet di PC

Cara Mengeluarkan Aplikasi atau Game yang Macet di PC

Kita semua pasti pernah merasakan betapa menjengkelkannya ketika lagi seru-serunya bermain game atau mengerjakan tugas penting, tapi tiba-tiba aplikasi atau game-nya macet. Rasanya pasti ingin teriak-teriak menyalahkan komputernya. Tapi tenang saja, ada beberapa tip yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini.

Sebelum kita membahas cara mengatasinya, penting sekali buat kamu tahu terkait kenapa sih aplikasi atau suatu game bisa macet. Bisa jadi karena PC mengalami kepanasan (overheat), kapasitas RAM yang tergolong kecil, atau mungkin aplikasi/game-nya yang memang bermasalah.

Mengatasi aplikasi atau game yang macet itu penting banget lho. Selain menghindari kerusakan pada file yang sedang kamu kerjakan, ini juga bisa menghemat waktu kamu. Bayangkan saja jika kamu harus restart PC setiap kali aplikasi/game macet, bisa-bisa kerjaan kamu tidak akan kelar.

Beberapa Cara Mengeluarkan Aplikasi/Game yang Macet

1. Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara pertama yang paling saya sarankan dan termudah untuk dilakukan adalah mengandalkan kombinasi tombol untuk mengeluarkan aplikasi atau game yang dibuka saat ini. Caranya adalah menekan tombol ALT+F4 secara bersamaan.

Jika kondisi macet tidak terlalu parah, seharusnya aplikasi atau game tersebut akan langsung dikeluarkan. Tapi apabila kondisinya “not responding“, maka memungkinkan cara pertama ini tidak berfungsi dan kamu harus menerapkan cara yang ke dua.

Baca juga: Begini Cara Zoom Layar di PC Tanpa Mouse

2. Mengeluarkan Aplikasi atau Game dari Task Manager

Langkah kedua yang bisa kamu coba adalah melalui Task Manager. Caranya gampang, cukup tekan CTRL+SHIFT+ESC. Dan sebuah window akan muncul, di sini kamu bisa melihat aplikasi atau game yang sedang tidak merespon.

Setelah itu, cari aplikasi atau game yang macet, klik kanan, dan pilih opsi End Task atau Akhiri Tugas. Hal ini akan menghentikan aplikasi/game yang macet secara paksa mengingat kondisinya tidak merespon.

3. Restart PC dengan Bijak

Jika dua cara di atas tidak berhasil, mungkin ini adalah saatnya kamu untuk me-restart PC. Tapi ketahuilah bahwa ini menjadi pilihan terakhir karena cara ini bisa membuat data yang belum disimpan menjadi hilang.

Lalu bagaimana restart PC pada kondisi aplikasi macet? Caranya adalah melalui kombinasi tombol CTRL+ALT+DEL dan kemudian klik ikon power dan memilih opsi restart.

Setelah PC kamu sudah booting atau hidup, coba cari tahu informasi lebih lanjut terkait penyebab yang membuat aplikasi atau game itu macet. Barangkali terdapat pembaruan Windows, atau hal yang lainnya.

Kesimpulan

Cara di atas akan lebih efisien apabila diterapkan mulai dari yang pertama, karena siapa sangka masalah yang kamu hadapi tergolong biasa-biasa saja alias tidak separah yang dikira. Jadi kesimpulannya selalu coba cara yang paling gampang dulu sebelum kamu memutuskan untuk me-restart PC.

Jika kamu mengalami kebingungan terhadap suatu cara di atas, baik itu cara pertama sampai ketiga, silakan tuliskan saja di kolom komentar untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *