Cara Mengatasi Aplikasi Tiktok Sering Macet

Cara Mengatasi Aplikasi Tiktok Sering Macet

Memang sangat menjengkelkan apabila ponsel macet tiba-tiba saat memakai suatu aplikasi, apalagi jika itu merupakan aplikasi keseharian seperti sosial media, salah satunya adalah Tiktok. Pastinya rasa marah akan muncul dan ingin sekali membanting HP.

Kejadian macet pada aplikasi pada umumnya disebabkan karena RAM ponsel penuh akibat adanya aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Karena aktivitas multitasking ini sangat bergantung pada RAM ponsel.

Contohnya terdapat game yang tidak dikeluarkan secara normal. Ini akan membuat game tersebut terus berjalan pada latar belakang dan mengkonsumsi kapasitas RAM. Selain itu masalah ini juga bisa diakibatkan karena hal-hal lain, dan disini akan saya bagikan cara untuk mengatasinya.

Mengatasi Tiktok Sering Macet

1. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Di Play Store ada banyak sekali aplikasi untuk membersihkan RAM supaya kapasitas tetap mencukupi untuk membuka Tiktok. Dan saya sangat menyarankan untuk mengunduh aplikasi pembersih RAM dengan ukuran paling kecil supaya aplikasi tersebut juga tidak akan membebani ponsel. Contohnya Clean Master Lite atau Total Cleaner Lite.

Sedangkan jika di ponsel telah memiliki widget pembersih RAM bawaan, maka kamu tidak perlu mengunduh aplikasi lain lagi, dan cukup terapkan widget tersebut pada tampilan homescreen.

Pembersih RAM Bawaan HP

Cara kerjanya begini, sebelum membuka aplikasi Tiktok silakan terapkan pembersih RAM supaya aplikasi lain tertutup. Dan kemudian silakan buka aplikasi Tiktok dan lihat perbedaanya.

2. Hapus Cache yang Menumpuk

Sudah tahukah kamu tentang cache? Itu adalah kumpulan file yang dipakai guna untuk menghemat kuota data. Jadi pada saat kamu mengakses suatu video di Tiktok, terkadang itu tidak membutuhkan loading lagi, hal tersebut karena file videonya telah tersimpan di cache.

Pada dasarnya cache ini akan terhapus secara otomatis tiap bulannya, akan tetapi jika cache terlalu menumpuk akan mengakibatkan aplikasi menjadi berat. Untuk itu, yang harus kamu lakukan adalah menghapus cache Tiktok.

Caranya mudah, silakan menuju Pengaturan > Aplikasi > Tiktok, dan kemudian ketuk pada tombol Hapus Cache.

Menghapus Cache Tiktok

Setelah melakukannya, silakan coba akses Tiktok kembali. Pasti kini aplikasinya lebih ringan karena cache yang menumpuk telah dihapus. Dan sebagai saran, hapuslah cache ini setiap seminggu sekali supaya tidak sampai menumpuk bergiga-giga.

3. Memakai Aplikasi Tiktok Lite

Barangkali kamu belum tahu jika Tiktok memiliki aplikasi versi Lite. Jadi pada versi Lite tersebut, ukuran aplikasi Tiktok lebih kecil dan pastinya jauh lebih ringan dalam penggunaannya.

Fitur yang ditawatkan pada versi Lite juga nyaris sama, namun bedanya tidak ada dukungan untuk menonton video jenis Live. Tapi untuk melihat informasi sehari-hari di Tiktok, versi Lite dapat menjadi pilihan terbaik.

Untuk mengunduhnya, silakan mencari aplikasinya di Play Store dengan kata kunci “Tiktok Lite“.

Baca juga: Cara Promosi Video atau Live di Tiktok


Tips pertama dan kedua bisa kamu terapkan untuk aplikasi Tiktok biasa. Sedangkan tips ketiga bisa kamu jadikan sebagai alternatif apabila sekiranya kedua tips di atasnya tidak membantu sama sekali.

Normalnya aplikasi Tiktok biasa dapat dijalankan secara normal pada ponsel dengan spesifikasi RAM 2GB, tapi kemampuan dari jenis CPU juga akan berpengaruh. Jika sekiranya ponsel kamu memiliki RAM dibawah 2GB, saya sarankan untuk menggunakan Tiktok versi Lite karena lebih optimal.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *