Cara Mengatasi Roblox Macet Saat Dibuka

Cara Mengatasi Roblox Macet Saat Dibuka

Roblox menerapkan pembaruan beberapa kali untuk perangkat PC dan Mobile. Walau setiap pembaruan itu mengusung fitur-fitur baru, namun terkadang tidak semua pembaruan dapat berjalan dengan lancar pada sebagian perangkat. Seperti salah satu kendala yang saat ini terjadi, yaitu macet atau freeze ketika membuka aplikasi Roblox di ponsel.

Jika hanya sekedar macet sementara, itu bisa diatasi dengan cara menunggu sekejap saja. Tetapi berbeda lagi jika masalahnya membuat ponsel menjadi macet total ketika membuka Roblox, pastinya seseorang akan merasa khawatir dan sesegera menghapus game tersebut.

Masalah seperti ini juga pernah terjadi pada ponsel saya, yaitu pada ponsel jenis Samsung. Jadi ketika hendak login akun di aplikasi Roblox, tiba-tiba ponsel macet tidak bisa melakukan apapun. Namun di balik itu terdapat cara tersendiri dalam mengatasinya.

Mengatasi Roblox Macet Total di Ponsel

Tidak banyak yang saya lakukan pada saat masalah ini terjadi, namun setidaknya itu berhasil dan kamu bisa menerapkannya juga. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi kendala Roblox macet saat dibuka:

1. Perbarui Android System Webview

Android System Webview merupakan aplikasi bawaan ponsel yang digunakan untuk membuka halaman website di dalam aplikasi tanpa harus keluar ke browser. Dan aplikasi ini terdapat kaitan dengan Roblox pada saat login pertama kali.

Nah kendalanya dari sisi Android System Webview, di mana terdapat kesalahan yang menyebabkan macet. Maka dari itu, solusinya adalah memperbarui aplikasi tersebut supaya masalah ini hilang dan Roblox dapat dibuka dengan normal.

Untuk memperbaruinya sangatlah mudah, silakan buka Play Store dan cari dengan kata kunci “Android System Webview“, dan setelah itu klik tombol Perbarui. Jika prosesnya sudah selesai, silakan coba buka Roblox kembali.

2. Pasang Ulang Aplikasi Roblox

Solusi kedua adalah mencoba memasang ulang aplikasi Roblox untuk memastikannya bahwa aplikasi yang dipakai sekarang kompatibel terhadap ponselnya. Jadi yang harus dilakukan pertama kali adalah menghapus Roblox terlebih dahulu.

Setelah selesai menghapus, silakan download kembali game Roblox melalui Play Store. Sangat disarankan untuk mengunduh melalui Play Store supaya versinya kompatibel sesuai jenis ponselnya.

Ketika proses instal ulang sudah selesai, coba akses game Roblox kembali. Apakah kini masalahnya sudah hilang?

Baca juga: Begini Cara Mudah Mengamankan Akun Roblox 100% Anti Retas

3. Akibat Kesalahan Sistem Internal dari Roblox

Apabila masalahnya dari sisi Roblox, tentunya bukan cuma kamu saja yang mengalami masalah macet ini, melainkan banyak pengguna lainnya juga. Untuk itu, silakan tanyakan kepada teman di sekitar yang bermain Roblox, apakah ia juga mengalami kendala yang sama?

Jika misalnya iya, berarti kamu hanya perlu menunggu saja sampai Roblox menuntaskan masalahnya. Biasanya mereka akan memberikan update pembaruan melalui sosial media apabila terjadi kesalahan global.

Roblox pernah mengalami maintenance lama yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya, dan hal tersebut bisa saja terulang kapan saja. Dengan mengikuti akun sosial milik Roblox, kamu bisa mengetahui segala update terbaru terkait game dan informasi penting lainnya.


Tidak banyak yang harus dilakukan, hanya dengan tiga solusi di atas memungkinkan game Roblox kamu bisa normal kembali. Jika kendala saya sendiri dulu teratasi dengan memperbarui aplikasi Android System Webview.

Adapun informasi dari beberapa rekan saya, dimana masalah ini bisa diatasi dengan memasang Roblox di aplikasi paralel, tapi itu belum saya buktikan sendiri. Tapi kamu bebas untuk mencobanya, sebab itu juga tetap aman untuk dilakukan.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau barangkali ingin berbagi pengalaman yang sama terkait kendala ini, silakan tuliskan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *