Cara Mengatasi Roblox Lag Akibat PING Tinggi

Cara Mengatasi Roblox Lag Akibat PING Tinggi

Apakah kamu mengalami masalah ping tinggi saat bermain game Roblox? Apakah kadang terasa macet atau lag saat dimainkan? Pastinya ini sangat menjengkelkan. Saya cukup lama bermain Roblox dan tahu persis bagaimana rasanya ketika sebuah game terus-menerus mengalami lag.

Beberapa hal yang dapat memicu masalah ini adalah tingkat kestabilan jaringan, koneksi internet terganggu, dan sebagainya. Terkadang masalah ini juga tidak hanya disebabkan dari sisi jaringan internet saja, melainkan juga dari setelan grafis yang terlalu tinggi atau driver pada perangkat yang perlu untuk diperbarui.

Jika kamu ingin mengatasi masalah ini, terus baca untuk menemukan solusi yang tepat.

Mengatasi PING Tinggi di Roblox

Roblox adalah sebuah platform game online yang sangat populer di kalangan pengguna. Di sini, kamu tak hanya bisa bermain saja, tetapi juga dapat membuat game sendiri. Ada lebih dari 10 juta game gratis yang tersedia di Roblox.

Namun, ketika kamu telah menyelesaikan sebuah game dan ingin memainkan level baru, kamu mungkin merasa kesulitan. Tapi tenang saja, dengan Roblox Studio, kamu dapat memodifikasi game yang diinginkan dengan mengetahui laju tentang level, fitur yang tersedia, dan hal-hal lainnya. Ini menjadikan Roblox ibarat surga bagi para pembuat game.

Namun, surga ini bisa menjadi berantakan ketika kamu mengalami masalah ping tinggi yang menyebabkan lag atau macet-macet pada game. Tentunya ada alasan pasti di balik hal ini dan saya akan memberikan solusi yang dapat kamu ikuti untuk mengatasinya.

1. Restart Koneksi Internet

Solusi pertama yang dapat kamu coba untuk mengatasi lag atau macet pada game Roblox adalah dengan merestart koneksi internet. Hal ini dapat dilakukan dengan mematikan router atau modem selama 1 menit dan kemudian menyalakannya kembali. Jika menggunakan ponsel, cukup aktifkan mode pesawat beberapa detik dan kemudian matikan kembali.

Ini akan menghilangkan semua sambungan yang tidak digunakan dan memperbarui IP yang terhubung ke perangkat kamu. Selain itu, kamu juga dapat mengecek koneksi internet berdasarkan kecepatannya untuk memastikan itu sudah sepenuhnya stabil dan siap untuk digunakan bermain game Roblox.

2. Turunkan Pengaturan Grafis

Setelan grafis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan lag karena GPU perangkat terasa terbebani, dan jika itu terus dipaksa, maka akan mengakibatkan crash dan game akan keluar sendiri atau bisa disebut sebagai force close.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menurunkan pengaturan grafis pada suatu game di Roblox.

Caranya mudah, cukup klik ikon Roblox di sebelah kiri atas pada saat game dimulai, dan kemudian gulir ke bagian bawah dan atur opsi Graphics Mode sebagai Manual. Lalu silakan atur Graphics Quality menjadi se-rendah mungkin.

Menurunkan Pengaturan Grafis di Game Roblox

Jika terlalu rendah membuat tampilan game kurang bagus, maka lakukan eksperimen dengan menambah grafisnya sedikit tinggi, namun jangan terlalu tinggi. Dengan begitu kamu dapat bermain Roblox dengan lancar dan menyenangkan.

3. Akhiri Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Akhiri semua aplikasi yang tidak digunakan saat bermain game. Jika menggunakan perangkat PC, kamu dapat melakukan ini dengan mengeklik tombol Alt+Tab untuk melihat aplikasi yang berjalan dan kemudian klik opsi silang pada aplikasi yang tidak digunakan.

Apabila menggunakan ponsel, gunakan aplikasi task killer seperti Clean Master atau sejenisnya. Atau langsung memakai fitur pembersih memori yang kadang sudah dihadirkan oleh penyedia ponsel sehingga tidak perlu memasang aplikasi tambahan.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang memungkinkan sedang memakai koneksi internet secara diam-diam. Entah itu untuk keperluan pembaruan, pemuatan iklan video, atau hal-hal lainnya. Selain itu, banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan juga dapat membuat kinerja ponsel menjadi terbebani dan berdampak pada aplikasi/game yang sedang dimainkan.

4. Perbarui Driver Jaringan

Tips ke-empat ini dikhususkan untuk perangkat PC saja. Jadi driver jaringan yang telah kadaluarsa atau bermasalah, pastinya akan berdampak pada koneksi internet, baik itu turunnya kualitas jaringan, koneksi terputus tiba-tiba, dan hal sejenisnya.

Untuk mengecek atau membarui driver jaringan, silakan klik tombol WIN+R pada keyboard, dan setelah itu dialog kecil akan muncul, silakan ketik devmgmt.msc dan tekan ENTER.

Buka bagian Adapter Jaringan, klik kanan pada salah satu adapter yang dipakai (contohnya WiFi), dan pilih opsi Update Driver dan lanjutkan memilih opsi Search automatically for drivers.

Memperbarui Driver Jaringan untuk Mengatasi Masalah PING di Roblox

Proses pembaruan dapat berlangsungn singkat melalui Device Manager, pastikan perangkat memiliki akses internet saat melakukannya. Atau alterntifnya juga bisa menggunakan program utilitas seperti Driver Easy untuk melakukannya lebih mudah dan cepat.

Jangan Menggunakan VPN untuk Bermain Game

Walau di sisi lain VPN (Virtual Private Network) memiliki kegunaan yang bagus dalam hal menjaga jaringan tetap aman, namun sayangnya itu tidak cocok digunakan untuk aktivitas gaming. Hal tersebut disebabkan karena VPN dapat menambah tingkat respon PING terhadap server, apalagi jika letak servernya berjauhan.

Pemilihan VPN yang tepat dapat dilihat dari bagaimana cara kerja routing terhadap VPN tersebut dan harus mendukung terhadap koneksi UDP. Metode ini diterapkan oleh beberapa penyedia layanan seperti ExitLag dan sebagainya.

Tapi untuk kualitas jaringan yang lebih baik ketika bermain game online seperti Roblox, saya sangat menyarankan untuk tidak menggunakan VPN. Jadi kamu hanya perlu memastikan koneksi internet kamu stabil dengan kecepatan setidaknya 5 Mbps, dan saya berani yakin game Roblox kamu akan lancar tanpa ada masalah.

Mungkin Kamu Tertarik: Berbagai Cara Mendapatkan Item Roblox Secara Gratis

Kesimpulan

Penyebab lag atau macet pada game Roblox rata-rata didasari akibat jaringan internet yang kurang stabil yang memicu terjadinya PING tinggi. Tetapi bisa juga disebabkan karena GPU pada perangkat yang terbebani. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu akan melihat perbedaan positif dan pastinya bermain game apapun di Roblox akan terasa menyenangkan tanpa adanya masalah ini lagi.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *