Cara Mengatasi Upload Video Youtube Macet 95%

Cara Mengatasi Upload Video Youtube Macet 95%

Youtube menyediakan cara mudah dalam meng-upload video. Dimana pengguna bisa melakukannya di desktop ataupun di aplikasi ponsel. Setiap video yang di-upload juga akan diproses oleh sistem terlebih dahulu dan kemudian diperiksa. Semua itu dilakukan oleh sistem secara otomatis.

Walau pemrosesan video rata-rata hanya berlangsung hitungan menit, tapi juga tergantung dari durasi videonya. Dan masalah yang sering dialami oleh banyak orang adalah mengalami macet pada saat pemrosesan video, tepatnya ketika 95%.

Bahkan kurang 5 persen saja bisa macet selama berjam-jam, dan jika tidak diatasi, maka memungkinkan prosesnya tidak akan berakhir apabila hanya ditunggu saja. Dan disini akan saya bagikan beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

Solusi Upload Video Youtube Macet “Memproses 95%”

Restart Perangkat

Memang terdengar konyol, tapi beberapa orang berhasil mengatasinya dengan cara ini. Jika diteliti lebih dalam, masalah macet ini dapat diakibatkan dari cache browser atau aplikasi yang tersimpan. Jadi dengan me-restart perangkat akan menghapus cache itu secara instan.

Selain cara ini, mengganti browser juga bisa dijadikan alternatif apabila tidak ingin me-restart perangkatnya. Tetapi apabila sudah melakukannya dan prosesnya tetap macet, silakan lanjut ke solusi selanjutnya.

Edit Deskripsi Video

Solusi ini bisa dianggap sebagai pancingan supaya proses video itu dapat dilanjut dan tidak macet. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah mengedit deskripsi video. Tambahkan sedikit kata atau emoji dan setelah itu simpan.

Beberapa orang berhasil melakukan cara ini, bahkan tidak hanya yang mengalami masalah ketika proses 95% saja, tapi juga pada saat pemotongan video otomatis yang terkena copyright. Silakan dicoba terlebih dahulu, dan apabila masih tidak berhasil, silakan lanjut langkah terakhir.

Hapus dan Upload Video Kembali

Video yang masih berstatus “memproses” dapat dihapus secara permanen melalui Youtube Studio. Setelah menghapusnya, kamu dapat meng-upload kembali video yang tadi dan pasti kali ini tidak akan macet lagi.

Cara terakhir ini sangat ampuh dan pasti akan berhasil. Adapun beberapa yang harus mengupload berkali-kali, namun saya rasa hal itu merupakan faktor koneksi internet. Jadi pada proses upload video kedua, saya harap kamu telah menyiapkan koneksi yang stabil supaya masalahnya tidak muncul lagi.

Baca juga: Berapa Kuota yang Dibutuhkan untuk Memutar Video Youtube?

Apa Penyebab Upload Video Macet di Youtube?

Salah satu penyebab pemrosesan macet adalah koneksi internet yang tidak stabil atau terputus-putus. Pada saat upload video di Youtube, meskipun koneksi pengguna terputus, proses upload akan tetap berlanjut. Akan tetapi jika terputus berkali-kali, maka hal ini akan menyebabkan masalah macet tadi.

Kecepatan internet yang lambat pun tidak menjadi masalah selama itu stabil. Berbeda jika terputus, itu akan menciptakan segmen yang mana harus digabung dengan segmen lanjutan. Dan itu diproses otomatis oleh sistem Youtube.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.