Cara Mengatasi Senter HP Menyala Terus

Cara Mengatasi Senter HP Menyala Terus

Kita semua setuju, senter di HP itu memiliki kegunaan yang penting sekali, terutama ketika sedang membutuhkan penerangan dadakan atau untuk membantu foto supaya menjadi lebih kece. Tapi bagaimana jadinya kalau senter HP justru menyala terus dan tak bisa dimatikan? Tentunya hal tersebut akan membuat pusing kepala kan?

Sebelum panik dan membawa HP ke tukang servis, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Tenang saja, caranya gampang kok, dan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Penyebab Senter HP Nyala Terus

Pertama-tama, kenali dahulu apa sih yang menyebabkan senter HP bisa nyala terus. Jadi salah satu penyebabnya adalah karena ada perubahan pengaturan yang tidak sengaja kamu lakukan. Misalnya ketika lagi mencoba pengaturan kamera, dan tanpa sadar kamu malah mengatur senter ke mode Selalu Menyala.

Penyebab lainnya bisa jadi karena aplikasi senter sedang mengalami error atau glitch. Ini sering terjadi ketika ada pembaruan software yang tidak compatible atau terdapat aplikasi tertentu yang membuatnya error.

Nah kalau sudah tahu penyebabnya, kita bisa lebih gampang dalam mencari solusinya. Tidak perlu khawatir, karena kebanyakan masalah senter yang menyala terus ini bisa diatasi dengan cara-cara yang simpel.

Solusi Praktis Atasi Senter HP Menyala Terus

1. Matikan Fitur Senter Selalu Menyala di Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera bawaan sistem bisa saja mengalami bug di mana ketika mengaktifkan fitur ini, justru senternya akan selalu menyala meski aplikasinya dikeluarkan. Jadi langkah pertama yang bisa kamu coba adalah mematikan fitur senter pada kamera.

Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu menekan ikon flash yang biasanya punya gambar seperti listrik dan setelah itu atur sebagai off. Kemudian coba keluar dari aplikasi kamera, apakah senternya sudah padam dan tidak menyala terus lagi?

2. Paksa Berhenti Aplikasi Senter

Jika masalahnya disebabkan karena aplikasi senter pada ponselnya, maka yang bisa kamu terapkan adalah memberhentikan proses dari aplikasi itu secara manual. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.
  3. Kemudian gulir ke bawah dan pilih aplikasi senter pada ponselnya.
  4. Dan tahap terakhir, ketuk pada opsi Paksa Berhenti.

Setelah melakukannya, coba cek kembali apakah senternya sudah tidak menyala terus lagi? Jika benar tidak menyala lagi, saya sarankan untuk mengunduh aplikasi senter alternatif di Play Store mengingat aplikasi senter bawaan mengalami masalah ini.

Terkait: 3 Aplikasi Lampu Senter Paling Terang untuk Android

3. Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak Jika Ada

Dan cara terakhir adalah melakukan update firmware atau pembaruan perangkat lunak yang disediakan oleh vendor ponsel masing-masing. Karena terkadang orang menganggap pembaruan tersebut tidak penting, namun pada dasarnya itu mengusung pembaruan berbentuk perbaikan dari sisi sistem, dan mungkin salah satunya adalah perbaikan masalah senter yang menyala terus ini.

Untuk itu, tak perlu khawatir apabila ponsel memiliki pembaruan perangkat lunak. Yang perlu disiapkan adalah kuota dan koneksi internet yang stabil. Setelah itu lakukan pembaruan dan tunggu prosesnya sampai selesai yang kisaran memakan waktu paling lama 10 menit.

Kesimpulan

Dengan ketiga cara di atas, saya yakin masalah ini dapat kamu atasi dengan mandiri tanpa harus pergi ke tukang servis. Jadi dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, itu akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah. Misalnya nih, sebelumnya kamu membuka aplikasi kamera dan tiba-tiba senternya terus menyala meski aplikasinya ditutup, sehingga bisa dipastikan masalahnya dari sisi aplikasi kamera. Dan begitupula dengan yang lainnya.

Jika kamu mengalami kendala ketika melakukan beberapa langkah di atas, langsung saja untuk mengetiknya di kolom komentar untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *