Begini Cara Zoom Layar di PC Tanpa Mouse

Begini Cara Membesarkan Layar (Zoom) di PC Tanpa Mouse

Membesarkan atau mengecilkan tampilan di layar PC dapat membantu untuk berbagai hal, seperti ketika sedang membaca teks kecil, melihat gambar dengan lebih detail, atau memperbesar area tertentu di website. Meskipun biasanya kamu bisa melakukan zoom lebih mudah menggunakan opsi skroll di mouse, tapi ada beberapa pintasan keyboard yang bisa kamu gunakan jika kamu tidak membawa mouse, atau mungkin terdapat kendala pada mousenya.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara zoom layar di PC dan laptop tanpa menggunakan mouse. Tentunya ini mencakup terhadap beberapa cara alias tidak hanya satu saja, sehingga kamu bisa memilih yang paling cocok sesuai kegiatan yang kamu lakukan saat ini.

Tutorial Zoom Layar Tanpa Mouse

Cara termudah untuk memperbesar atau memperkecil layar di PC atau laptop tanpa mouse adalah dengan menggunakan pintasan keyboard atau biasa dikenal sebagai shortcut. Pintasan tersebut tampaknya kurang cukup populer sehingga banyak orang yang belum mengetahuinya. Dan berikut ini kombinasi terkait pintasan tersebut.

Untuk memperbesar: Tekan Ctrl++
Untuk memperkecil: Tekan Ctrl+-

Kamu bisa menekan pintasan keyboard ini sebanyak yang kamu butuhkan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar hingga mencapai level yang diinginkan. Pastikan untuk menggunakan tombol plus dan minus pada numlock, bukan di sebelah tombol backspace.

Memperbesar Tampilan Layar Menggunakan Magnifier Tool

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan alat pembesar layar (Magnifier Tool). Alat tersebut adalah fitur aksesibilitas bawaan Windows sehingga tidak perlu mengunduh atau memasang lagi.

Untuk menggunakan Magnifier Tool sangat lah mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows++.
  2. Kemudian alatnya akan muncul berupa dialog kecil.
  3. Setelah itu kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Windows++ lagi untuk memperbesar, dan Windows+- untuk memperkecil.

Jika dirasa sudah selesai dan ingin menutup alatnya, kamu bisa langsung menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Windows+Esc.

Membesarkan Teks atau Gambar di Browser

Sebagian besar browser memiliki fitur zoom yang dapat digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan pada website yang diakses. Kombinasi tombolnya masih sama seperti tutorial pertama tadi, yaitu menggunakan tombol control dan plus untuk memperbesar, dan minus untuk memperkecil.

Sebagian besar website memiliki tampilan yang responsif, sehingga meski di-zoom lebih dekat atau jauh tidak akan merusak tampilannya alias tetap nyaman untuk dipandang.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Pembesar Layar di Samsung

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan zoom tampilan layar PC atau laptop tanpa menggunakan tombol skroll pada mouse. Dengan memakai metode-metode ini, kamu dapat dengan mudah melihat teks kecil, gambar, dan konten lainnya. Jika pun ada hal yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan untuk berkomentar supaya mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *