Review Aria: Asisten AI di Browser Opera

Review Aria: Asisten AI di Browser Opera

Browser Opera memiliki asisten AI gratis lho, namanya Aria. Sudah tahu belum tentang Aria? Kalau belum, kalian harus segera coba fitur menarik ini. Aria adalah asisten AI yang bisa menjawab pertanyaan apapun, memberikan informasi terbaru dari web, dan membantu dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas.

Alat ini memanfaatkan teknologi GPT dari OpenAI, yang merupakan salah satu teknologi AI paling canggih saat ini. Dengan Aria, kita bisa berkolaborasi dengan AI secara langsung di dalam browser Opera, baik di desktop maupun di mobile. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan oleh Aria? Yuk simak review lengkapnya di bawah ini.

Fitur Unggulan Aria di Opera

Terdapat banyak fitur unggulan dari Aria yang bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan. Berikut adalah beberapa fitur yang paling menarik sesuai versi Blog Second:

Jawaban instan

Aria mampu memberikan jawaban yang cepat dan akurat tanpa perlu mencari-cari di halaman web atau hasil pencarian. Alat ini bisa memberikan jawaban yang jelas dan lengkap, seringkali dengan menggabungkan informasi dari berbagai sumber. Opera mengklaim bahwa Aria juga bisa memberikan jawaban yang up-to-date.

Bisa Membantu Dalam Membuat Konten

Aria juga bisa membantu dalam membuat konten yang sempurna dengan fitur Compose dan Refiner. Dengan fitur Compose, kita bisa memilih jenis, gaya, dan panjang konten yang diinginkan, dan kemudian Aria akan menghasilkan konten tersebut di sebelah kanan kotak teks. Kita bisa mengedit teks atau mengubah pengaturan sampai puas. Serta, kita juga bisa melatih Aria untuk menulis dengan gaya kita sendiri, dan menyimpannya untuk mode Compose.

Aria Membantu dalam Membuat Konten

Sedangkan dengan fitur Refiner, kita bisa menyempurnakan permintaan dengan beberapa klik, memilih teks dari jawaban Aria dan mengklik Reuse untuk menyertakan teks tersebut di permintaan berikutnya. Kita juga bisa memilih teks dan mengklik Rephrase untuk membuat Aria memperbarui jawaban, dengan mengubah cara penyampaian teks yang dipilih.

Hiburan dan Rekomendasi

Mencari lelucon, teka-teki, trivia, atau cerita lucu juga bisa kita dapatkan dari Aria. Saat ingin mencoba sesuatu yang baru, Aria bisa membantu memberikan ide-ide segar. Mau pergi liburan, nonton film, atau belajar hal baru? Cukup katakan pada Aria apa yang kalian suka, dan tidak suka, untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai.

Akses Mudah Sekali Klik

Tak perlu waktu yang lama dalam mengakses Aria, kita bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL+/ untuk memunculkan dialog chat Aria dan langsung menanyakan apa saja yang diinginkan.

Akses Aria di Opera

Kemudian Aria akan tampil pada sidebar dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan. Sementara itu untuk jawabannya sendiri akan tampil paling lambat 30 detik.

Baca juga: Cara Menganalisa Dokumen PDF dengan Bing AI

Kekurangan dari Fitur Aria di Opera

Selain kelebihan, adapun kekurangan dari fitur ini yang tak harus dilewatkan. Tentunya beberapa kekurangan yang dibagikan di sini sesuai dari percobaan yang kami lakukan terhadap fitur ini dan semoga dapat menjadi perubahan terhadap Aria kedepannya.

Informasi Aria Kadang Tidak Real-Time

Di halaman perkenalan Aria, Opera menjabarkan bahwa alat ini dapat berfungsi secara real-time dalam mencari informasi di internet. Namun tampaknya hal tersebut masih tidak benar setelah dicoba untuk mencari informasi berita akhir-akhir ini.

Harus Memiliki Akun Opera

Untuk menggunakan fitur Aria, kita diwajibkan untuk mendaftar akun Opera terlebih dahulu. Jadi kita tidak bisa menggunakan alat ini secara anonim, dan seluruh riwayat juga dapat terekam oleh sistem dan pengguna diberi opsi untuk melanjutkannya atau menghapusnya.

Kesimpulan

Aria merupakan asisten AI yang ada di browser Opera yang bisa memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Fitur ini bisa diakses secara langsung di dalam browser Opera, baik di desktop maupun di mobile. Walau terdapat kelebihan dari fiturnya, namun sayangnya alat ini masih tidak dapat memberikan jawaban secara real-time, seperti berita, cuaca, dan sebagainya.

Jadi bagaimana menurut kamu? terlebih dari fitur gratis, kira-kira apa saja yang membuat kamu merasa Aria sangat direkomendasikan, atau barangkali sebaliknya. Silakan tambahkan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *