Cara Menggunakan Proxy HTTP dan SOCKS di Android

Cara Menggunakan Proxy HTTP dan SOCKS di Android

Lagi-lagi membahas tentang Proxy, sudah tahu belum apa itu Proxy? Itu merupakan teknologi yang berguna untuk menyembunyikan identitas di internet, khususnya alamat IP. Dengan menggunakan proxy, kita bisa membuka situs-situs yang diblokir oleh pemerintah, ISP, atau sekolah. Selain itu terdapat pula kelebihan lainnya seperti mendapat peningkatan keamanan dan privasi saat berselancar di dunia maya.

Ada dua jenis proxy yang umum digunakan, yaitu HTTP dan SOCKS. Proxy HTTP bekerja pada lapisan aplikasi, dan hanya mendukung protokol HTTP dan HTTPS saja. Sedangkan proxy SOCKS bekerja pada lapisan transportasi, dan bisa mendukung berbagai protokol seperti FTP, SMTP, POP3, dan lainnya.

Untuk menggunakan proxy di Android, kita perlu yang namanya aplikasi client, karena tidak ada fitur untuk menambah proxy dari bawaan ponsel. Dan aplikasi yang akan digunakan kali ini bernama Super Proxy.

Tutorial Menggunakan Proxy HTTP atau SOCKS di Android

Tindakan wajib yang harus dilakukan pertama kali adalah memasang terlebih dahulu aplikasi Super Proxy melalui Play Store. Aplikasi ini memiliki ukuran yang tergolong kecil, dan mendukung Android versi 6.0 (Marsmallow) ke atas. Apabila sudah terpasang, berikut ini langkah-langkah untuk menggunakannya:

  1. Buka aplikasi Super Proxy.
  2. Kemudian ketuk pada tombol Add Proxy.

    Ketuk Tombol Add Profile

  3. Lalu tambahkan informasi proxy seperti jenisnya, IP, port, username, dan password.

    Memasukkan Informasi Proxy

  4. Jika sudah, ketuk pada ikon simpan di pojok kanan atas.

    Menyimpan Informasi Proxy

  5. Dan tahap terakhir, ketuk tombol START untuk menghubungkan ke proxy tersebut.

    Mulai Menghubungkan Proxy di Android Menggunakan Super Proxy

Aplikasi Super Proxy akan meminta perizinan VPN supaya proxy yang telah ditambahkan tersebut dapat dipakai untuk akses di segala aplikasi. Dan untuk mengetahui apakah proxy yang kamu gunakan sudah benar, silakan cek alamat IP melalui Google.

Apabila alamat IP sudah berubah dan sesuai dengan proxy tadi, itu tandanya kamu sudah berhasil menghubungkannya di ponsel Android. Sementara itu apabila ingin menonaktifkannya, cukup buka kembali aplikasi Super Proxy dan ketuk pada tombol Stop.

Tujuan dalam Menggunakan Proxy di Android

Pada dasarnya penggunaan proxy sangat jarang sekali digunakan untuk saat ini karena kurangnya tingkat effisien serta keamanannya kurang maksimal apabila dibandingkan dengan VPN. Tapi beberapa pengguna membutuhkan akses dari proxy ini untuk hal pribadi.

Hal pribadi itu mencakup banyak hal, seperti membuka game tertentu, akun tertentu, atau apa saja yang menyangkut kebutuhan dari IP pada Proxy tersebut.

Sebagai contoh sederhananya begini, saya memiliki akun Google yang biasa dibuka dengan proxy khusus. Ketika saya buka tanpa memakai proxy, maka sistem Google tidak akan mengenali bahwa itu adalah saya, jadi yang harus dilakukan adalah masuk menggunakan proxy khusus tersebut dan sepastinya sistem Google akan langsung mengenali.

Itu hanya contoh sederhana saja, dan beberapa orang juga bisa menggunakan proxy pada Android untuk kebutuhan scrapping data, analisis, dan masih banyak lagi. Jadi sebenarnya ada banyak sekali tujuan dalam memakai Proxy di Android.

Kesimpulan

Menghubungkan proxy di Android dapat dilakukan menggunakan aplikasi bernama Super Proxy. Aplikasi tersebut memiliki dukungan untuk jenis proxy HTTP dan SOCKS. serta sangat mudah sekali untuk digunakan karena tampilannya yang mudah untuk dimengerti.

Bahkan ponsel Android juga bisa dipakai sebagai proxy server lho. Itu sudah pernah dibahas pada artikel berjudul Cara Membuat Proxy Server Publik di Android, barangkali kamu tertarik untuk mencobanya? Dan jika ada yang ingin ditanyakan tentang tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *