Cara Menganalisa Dokumen PDF dengan Bing AI

Cara Menganalisa Dokumen PDF dengan Bing AI

Pernahkah kamu merasa kesulitan saat menganalisa dokumen PDF? Jangan khawatir, karena ada Bing AI yang hadir untuk membantumu. Bing AI adalah layanan sejenis ChatGPT yang dapat membantu kamu lebih dari itu, bahkan bisa dipakai untuk menganalisa dan berbincang-bincang seputar dokumen PDF yang sedang dibuka. Ingin tahu caranya? Simak terus artikel ini.

Seiring berjalannya waktu, teknologi AI terus berkembang untuk mempermudah pekerjaan manusia supaya lebih cepat dan effisien. Layaknya Bing AI, alat ini terus berkembang dari waktu ke waktu dan menghadirkan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satu fitur yang sebagian orang belum mengetahuinya adalah memindai dokumen.

Bing AI dapat memindai dokumen menggunakan browser Microsoft Edge. Sebenarnya bukan cuma dokumen saja, tapi halaman yang sedang dibuka juga bisa dipindai dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui dan menganalisa isi yang ada di dokumen dengan cepat dengan bantuan AI.

Mengenal Bing AI

Sebelum membahas bagaimana caranya, mungkin kamu perlu tahu sedikit mengenai Bing AI supaya lebih paham terhadap layanannya. Jadi, Bing AI adalah teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan oleh Microsoft. Teknologi ini dirancang untuk memahami dan memproses informasi seperti manusia.

Untuk saat ini, Bing AI hanya dapat mengenali teks dan gambar saja. Jadi format lainnya masih belum dimengerti, namun itu sudah cukup untuk menganalisa dokumen PDF bukan? Jadi langsung saja lanjut ke langkah-langkah menganalisanya.

Menganalisa Dokumen PDF dengan Bing AI

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menganalisa dokumen PDF dengan Bing AI:

  1. Buka dokumen PDF menggunakan browser Microsoft Edge.
  2. Kemudian klik ikon Bing AI di pojok kanan atas.

    Klik Ikon Bing AI

  3. Pada obrolan, ketik summarize this dan ENTER.

    Ketik Summarize Kepada Bing AI

  4. Kemudian Bing AI akan menganalisa dokumen tersebut.

    Hasil Analisa Bing AI Terhadap Dokumen yang Dianalisa

Setelah proses analisa selesai, kamu bisa melanjutkan untuk berbincang-bincang seputar apa saja yang ada di dokumen itu. Cukup mudah bukan? Jika misalnya Bing AI tidak bisa mengakses dokumen yang kamu buka, pastikan untuk mengaktifkan opsi Izinkan akses ke halaman web atau PDF apa pun pada Pengaturan.

Dan untuk saat ini, fitur ini masih tersedia di Microsoft Edge versi desktop saja. Sedangkan di ponsel Android, statusnya masih beta, dan walaupun memang sebenarnya ada cara untuk mengaktifkannya, namun belum disarankan karena tidak stabil di sebagian ponsel.

Keuntungan Menggunakan Bing AI untuk Menganalisa Dokumen

Tentunya banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan layanan ini. Yang pertama adalah gratis, namun setiap konversasi dibatasi hingga maksimal 30 balasan yang mana menurut saya sudah cukup. Yang kedua adalah efisiensi waktu, dimana layanan ini bisa menganalisa dokumen yang begitu panjang hanya dengan hitungan detik saja.

Dan yang terakhir adalah kemudahan, karena tidak banyak aksi yang harus dilakukan dan hanya bertanya-tanya saja untuk mencari informasi di dalam PDF itu. Namun ketahui pula bahwa tingkat akurasi pada layanan Bing AI tidak 100% benar, karena tidak ada hal yang sempurna. Jadi memungkinkan kadang terdapat kesalahan saat menjawab, dan menurut saya tingkat akurasinya adalah 80%.

Baca juga: Cara Mengganti Mesin Pencari Bing ke Google di Microsoft Edge

Kesimpulan

Bing AI merupakan layanan seperti ChatGPT, namun telah terintegrasi dengan browser Microsoft Edge sehingga bisa melakukan hal yang lebih dari itu, salah satunya adalah menganalisa dokumen apa saja yang ada di layar. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait tutorial di atas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *