Cara Mengatasi OK Google Tidak Berfungsi di Android

Cara Mengatasi OK Google Tidak Berfungsi di Android

OK Google merupakan fitur asisten untuk ponsel Android. Pada dasarnya fitur tersebut hadir dari aplikasi Google dan bisa dimanfaatkan untuk mempermudah dalam segala hal di ponsel. Sebagai contohnya seperti mencari lokasi, bertanya informasi cuaca, mematikan lampu, dan lain sebagainya. Dan semua itu bisa dilakukan dengan mengucapkan “Ok Google” terhadap ponsel.

Adapun masalah dimana fitur asisten tersebut tidak merespon terhadap ucapan. Bahkan secara normal, fitur Asisten Google ini dapat dipanggil bahkan meski ponsel tidak memiliki koneksi internet. Tapi apabila sudah dicoba berkali-kali tetap sama, berarti terdapat sesuatu yang membuatnya tak merespon.

Biasanya hal yang membuat fitur ini tidak dapat merespon adalah dikarenakan opsi Voice Match tidak sedang diaktifkan. Jadi ketika itu tidak aktif, pastinya pengguna tak bisa memanggil Asisten Google dan hanya bisa dilakukan dari aplikasi saja. Tapi disini akan saya berikan solusi untuk mengaktifkan kembali opsi tersebut.

Solusi Ampuh Mengatasi OK Google Tidak Berfungsi

Hal utama yang membuat Google Assistant tidak merespon ketika dipanggil dengan ucapan “Ok Google” adalah terdapat opsi Voice Match yang tidak aktif, atau barangkali nonaktif dengan sendirinya. Dan berikut ini cara untuk mengaktifkan kembali opsi tersebut:

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Ketuk foto profil dan pilih menu Setelan.

    Menu Lainnya di Aplikasi Google

  3. Selanjutnya ketuk menu Asisten Google.

    Menuju Seetlan Asisten Google

  4. Kemudian ketuk pada menu Voice Match.

    Ketuk Menu Voice Match

  5. Lalu hidupkan opsi Ok Google.

    Mengatasi Fitur Ok Google di Ponsel yang Tidak Berfungsi

  6. Selesai, kini fitur ucapan Ok Google sudah berhasil dihidupkan.

Kamu bisa langsung mencoba untuk memanggil Asisten Google dengan ucapan “Ok Google”. Pastinya dengan sekejap akan terdengar bunyi bell disertai dialog asisten yang sedang mendengarkan perintahmu.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Solusi Voice Match Asisten Google Tidak Bisa Diaktifkan

Adakalanya opsi untuk mengaktifkan Voice Match ini tidak bisa diketuk (grayed-out). Biasanya juga akan muncul teks dibawahnya yang menyatakan penyebab mengapa opsi tersebut tak bisa diaktifkan.

Tapi masih ada upaya yang dapat kamu lakukan supaya opsi tersebut bisa diaktifkan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka pengaturan aplikasi, lalu Paksa Berhenti dan Nonaktifkan aplikasi Google.
  2. Kemudian restart ponsel.
  3. Lalu aktifkan kembali aplikasi Google, dan perbarui di Play Store.
  4. Buka aplikasi Google, akan muncul perizinan, silakan izinkan semuanya.
  5. Setelah itu coba masuk ke bagian Voice Match, dan lihatlah apakah kini opsi tersebut sudah dapat diaktifkan.

Beberapa ponsel kadang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengatur Google Asisten, namun dari banyaknya kasus, hal yang membuat fitur ucapan suara tidak bisa diaktifkan adalah terjadinya masalah di aplikasi Google. Baik itu dari sisi data, versi, ataupun perizinan aplikasi.

Apabila dengan cara diatas masih tidak berhasil juga, saya sarankan untuk bergabung ke komunitas sesuai merk ponselnya, seperti di grup Facebook. Dengan begitu kamu dapat menemukan solusi yang pasti berhasil.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.