Kelebihan Fitur Lucid Mode di Browser Opera

Kelebihan Fitur Lucid Mode di Browser Opera

Opera menawarkan fitur baru bernama Lucid Mode pada akhir tahun 2022. Fitur ini dapat meningkatkan kualitas video dan gambar supaya terlihat lebih jelas dan vivid. Seluruh pengguna dapat menikmati fitur ini dan mulai menggunakannya di berbagai macam situs web.

Lucid Mode mampu menyesuaikan kualitas video dan gambar secara otomatis tanpa harus mengubah resolusi. Memungkinkan warna terlihat lebih tajam dengan penambahan kontras dan sharpening yang sempurna. Terlebih lagi, fitur ini akan terasa sangat nyaman terhadap resolusi tinggi pada video.

Secara default, Lucid Mode diaktifkan untuk konten jenis video saja, namun pengguna bisa mengaturnya supaya fitur ini peka terhadap konten berjenis gambar. Dan cara penggunaannya pun sangat mudah.

Mengaktifkan Lucid Mode pada Video di Opera

Saat awal perilisan terhadap fitur Lucid Mode, terdapat semacam tutorial singkat yang diberikan oleh Opera, namun jika kamu tidak mendapatkan tutorial itu secara langsung di browser, maka jangan khawatir, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka salah satu website, contohnya Youtube.
  2. Kemudian silakan putar suatu video.
  3. Setelah itu soroti video dan nantinya akan muncul opsi Lucid Mode.

    Soroti Video sampai Muncul Opsi Lucid Mode

  4. Silakan klik opsi tersebut sampai statusnya berubah menjadi Lucid Mode ON.

    Mengaktifkan Lucid Mode pada Konten Video

  5. Selesai, kini fitur Lucid Mode berhasil diaktifkan.

Kamu dapat melihat perbedaan langsung ketika fitur ini diaktifkan dan dinonaktifkan. Tentunya perbedaanya ada pada tingkat sharpening dan kontras terhadap video. Dan menurut saya, ini dapat memperjelas grafis video yang tergolong buram dengan rasio yang kecil. Atau istilahnya bisa meningkatkan sedikit kualitasnya supaya tampak jelas ketika dilihat.

Menerapkan Lucid Mode pada Gambar

Fitur ini juga bisa diterapkan pada gambar untuk menambahkan kualitasnya. Dan untuk melakukannya, maka pengguna harus mengaktifkan secara manual di pengaturan.

Silakan menuju Pengaturan pada Opera dan setelah itu cari dengan kata kunci “lucid” dan kemudian aktifkan pada opsi Sharpen images on all site. Berikut ini contoh gambarannya:

Mengaktifkan Lucid Mode untuk Konten Gambar

Apabila sudah, silakan coba buka website apapun, pasti gambarnya akan diperjelas dengan cepat. Jika pun sudah diaktifkan tapi belum terasa efeknya, silakan mulai ulang browser Opera dan kunjungi lagi website tersebut.

Jika menurut saya, proses sharpen pada seluruh gambar di website akan membuat beban browser meningkat, sehingga itulah mengapa fitur ini tidak aktif dari awal. Tetapi Opera sendiri pastinya memiliki cara untuk mengoptimasinya sehingga tidak membuat kinerja browser meningkat dan CPU tetap aman.

Baca juga: Cara Mengatur Shortcut Keyboard di Browser Opera

Akhir Kata

Fitur Lucid Mode dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan dalam penggunaan. Secara gratis besar, fitur ini dapat meningkatkan kualitas video dan gambar dengan cara mempertajam warnanya.

Dari dulu Opera selalu memiliki fitur-fitur baru yang dihadirkan kepada pengguna. Ini akan membuat para pengguna selalu nyaman untuk terus menggunakan browser ini. Kira-kira apa ya fitur baru yang akan hadir di tahun mendatang? Kita tunggu saja.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *