Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Google Assistant merupakan salah satu fitur di Android yang memiliki kegunaan dalam mempermudah pengguna ketika melakukan sesuatu di ponsel. Seperti menghidupkan WiFi, memutar lagu, dan bahkan bisa juga berinteraksi dengan Smart Home.

Semua itu dapat dilakukan dengan suara saja. Akan tetapi beberapa pengguna jarang sekali menggunakan fitur ini dan lebih memilih untuk menonaktifkannya. Karena kadang fitur asisten ini muncul-muncul dengan sendirinya bahkan meski tidak dipanggil.

Google menyediakan opsi untuk menonaktifkan fitur Google Assistant ini. Sehingga ketika itu dimatikan, fitur ini tidak akan lagi merespon meski pengguna mengatakan OK Google pada ponsel. Dan tutorial untuk mematikannya akan dibagikan disini.

Tutorial Mematikan Google Assistant di Android

Hanya perlu beberapa langkah saja untuk menonaktifkan fitur ini. Dan untuk melakukannya, kamu hanya perlu menyetel sedikit pengaturan pada aplikasi Google. Silakan simak dan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Ketuk menu Lainnya.

    Klik Menu Lainnya

  3. Dan pilih pada menu Setelan.

    Pilih Menu Setelan

  4. Setelah itu ketuk menu Asisten Google.

    Ketuk Menu Asisten Google

  5. Gulir kebawah, ketuk pada menu Umum.

    Ketuk Menu Umum

  6. Tahap terakhir, silakan nonaktifkan pada opsi Asisten Google.

    Menonaktifkan Google Assistant di Android

Kini Google Assistant tidak akan lagi merespon ketika kamu memanggilnya dengan kata “OK Google“, silakan langsung dicoba untuk mengetahui hasilnya. Dan shortcut untuk pemanggilan Asisten Google pun juga tidak akan berfungsi lagi, misalnya menekan lama tombol Home.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Tombol Bixby pada Samsung

Kesimpulan

Beberapa ponsel Android saat ini memiliki fitur asisten bawaan ponsel yang memiliki beragam hal layaknya Google Assistant. Sebagai contohnya Bixby pada Samsung. Jadi dibanding menggunakan banyak asisten, memakai satu saja sudah cukup untuk mempermudah dalam penggunaan ponsel.

Setiap tahunnya Google Assistant memiliki perubahan yang bagus, begitupula dengan fitur asisten lain yang ada di ponsel. Selain itu banyak keunggulan lain dari Asisten Google yang mungkin kamu lewatkan, misalnya memasang alarm dengan cepat, mengirim SMS, mencari lelucon, dan sebagainya. Jadi apakah kamu yakin ingin menonaktifkan fitur ini?

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.