Mengatasi System Interrupts Menggunakan CPU Tinggi di Windows

Mengatasi System Interrupts Menggunakan CPU Tinggi di Windows

System Interrupts merupakan salah satu komponen penting pada Windows. Komponen ini berjalan di latar belakang dan bertugas untuk mengatur aktivitas antara sistem dengan perangkat keras. Namun terkadang System Interrupts bisa menyebabkan penggunaan CPU yang terlalu tinggi, sehingga membuat komputer menjadi lemot, hang, atau lag.

Secara normal, System Interrupts biasanya menggunakan CPU di bawah 10%. Namun jika kamu melihatnya pada Task Manager dan angkanya di atas 50%, itu artinya terdapat masalah. Beberapa penyebabnya antara lain adalah driver yang usang, adanya perangkat eksternal yang bermasalah, konflik antara perangkat keras, dan pengaturan sistem yang tidak sesuai.

Solusi Mengatasi System Interrupts Menggunakan CPU Tinggi

Di sini akan saya bagikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini, dan tidak perlu menunggu lama-lama lagi, berikut ini solusinya:

Restart Komputer

Ini adalah cara paling simpel dan mudah yang bisa kamu lakukan. Dengan me-restart komputer, kamu bisa membersihkan cache, memori, dan proses yang tidak perlu. Hal ini bisa membantu mengurangi adanya System Interrupts dan meningkatkan kinerja sistem.

Perbarui Driver yang Usang

Solusi selanjutnya yang paling efektif dan direkomendasikan adalah dengan memperbarui driver. Kamu bisa memastikan bahwa sistem dan perangkat keras sepert mouse, adaptor, dan lain-lain berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan.

Kamu bisa memperbarui driver secara manual melalui Device Manager. Cukup ketik “device manager” di pencarian Windows dan kemudian ENTER. Lalu akan muncul ikon driver dengan label warning yang mana itu perlu untuk diperbarui, atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang rata-rata bisa mengupdate driver secara otomatis.

Memperbarui Driver yang Bermasalah

Copot Perangkat Eksternal untuk Sementara

Kamu dapat melepaskan satu per satu perangkat eksternal seperti mouse, keyboard, webcam, mikrofon, dan lain sebagainya, dan melihat apakah ada perubahan pada persentase CPU terhadap proses System Interrupts melalui Task Manager.

Jika ternyata menurun, maka kamu bisa mengganti perangkat eksternal yang berpengaruh tersebut dengan perangkat yang lebih kompatibel. Tapi sebagai saran utama, silakan coba untuk memasang ulang drivernya.

Matikan Pengaturan Sistem yang Tidak Diperlukan

Langkah terakhir untuk mengatasi masalah ini adalah mematikan pengaturan seperti Fast Startup yang bisa meningkatkan CPU Tinggi dari System Interrupts. Untuk menerapkannya, silakan menuju Control Panel > Hardware and Sound > Power Options. Kemudian klik pada Choose what the power buttons do dan dilanjutkan memilih Change settings. Dan tahap terakhir cukup uncheck pada opsi fast startup dan klik OK.

Menonaktifkan Fast Startup

Jika sudah menerapkannya, silakan restart Windows dan lihat apakah semuanya sudah normal?

Baca juga: Cara Restart Windows Explorer Tanpa Reboot PC

Kesimpulan

CPU Tinggi yang disebabkan dari System Interrupts biasanya diakibatkan dari kesalahan atau adanya konflik sistem terhadap perangkat eksternal seperti mouse, keyboard, dan sebagainya. Dan terkadang itu melibatkan dari sisi driver yang minta untuk diperbarui atau bahkan dikembalikan ke versi pabrik.

Beberapa solusi di atas dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini, dan apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *