Review VPN Pro dari Opera

Tahukah kamu jika browser Opera memiliki fitur VPN gratis? Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melindungi privasi di internet dengan menyembunyikan alamat IP asli. Namun dikarenkan fitur tersebut gratis, maka terdapat batasan dalam penggunaan, misalnya dari sisi kecepatan, total server, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Opera menyediakan akses berbayar untuk layanan VPN tersebut, yang diberi nama VPN Pro. Dibandingkan dengan fitur gratis, pastinya versi berbayar ini menyediakan akses yang lebih banyak, baik untuk perangkat mobile ataupun desktop.

Dalam artikel ini, saya ingin membagikan review terhadap pengalaman saya dalam menggunakan VPN Pro dalam sebulan terakhir. Jadi tidak perlu menunggu lagi, langsung saja kita bahas mulai dari sisi konektivitas.

VPN Pro Berjalan Sebagai Program Terpisah

Di perangkat desktop (PC/Laptop), VPN Pro tidak disajikan berupa proxy layaknya fitur VPN gratis, akan tetapi tersedia program yang harus dipasang supaya bisa menggunakannya. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan proses tunneling, supaya tidak hanya konektivitas dari Opera saja yang dicover, melainkan dari segala program.

Sedangkan di versi ponsel, browser Opera akan dijadikan semacam client VPN, sehingga koneksinya juga berpengaruh ke aplikasi lain, atau bahkan di browser lain. Bahkan meski sudah keluar dari browser Opera pun, fitur VPN Pro masih terhubung.

Total Lokasi Negara Tidak Terlalu Banyak

Ada sekitar 33 total lokasi negara yang tersedia, dengan 3000+ total server berdasarkan informasi yang diklaim oleh Opera. Sekali lagi saya perlu untuk membandingkan layanan ini dengan layanan VPN dengan harga yang sebanding, dan alhasil VPN Pro masih kalah jauh dari sisi persediaan lokasi negara.

Mungkin sebagian orang tidak masalah terhadap hal tersebut, sedangkan sebagian lagi justru kecewa karena persediaan lokasi di tiap benua tidak sebanyak yang dibutuhkan. Sebagai contohnya di Asia Tenggara hanya tersedia singapura saja, dan tidak ada lokasi dekat lainnya yang bisa dipakai sebagai alternatif.

Dan satu lagi, tidak ada rotasi alamat IP dalam jangka waktu dekat. Jadi meski diputus dan disambungkan lagi, alamat IP yang didapat akan tetap sama, kecuali jika berganti lokasi negara. Seharusnya dengan total server sebanyak itu, alamat IP yang disediakan juga harus banyak pula.

Baca juga: 5 Ekstensi VPN Terbaik untuk Browser

Tersedia Dua Jenis Protokol untuk Menyambungkan VPN

Pergantian protokol hanya dapat dilakukan dari aplikasi Opera di ponsel, dan ada dua jenis yang tersedia. Yang pertama adalah OpenVPN, dan yeng kedua adalah IKEv2. Keduanya memiliki tingkat enkripsi yang tinggi dalam mengamankan jaringan.

Protokol yang Didukung VPN Pro

Sedangkan untuk perangkat desktop, hanya tersedia protokol IKEv2 saja. Apabila kedepannya tersedia protokol Wireguard, pastinya itu akan menambah nilai tersendiri untuk layanan ini, karena tak hanya stabil, proses terhubungnya juga lebih cepat.

Tampilannya Tidak Ribet dan Mudah Dimengerti

Untuk pengguna yang baru berlangganan akan langsung bisa menggunakan fitur ini, karena ini semudah plug and play. Jadi cukup menekan tombol untuk mengaktifkannya, dan setelah itu sistem akan memilih server terdekat untuk mengamankan jaringan. Selain itu, pengguna juga bisa memilih sendiri lokasi tujuan VPN apabila itu yang diinginkan.

Tampilan Opera VPN Pro

Baik di perangkat desktop ataupun ponsel, tampilannya terbilang mudah dimengerti. Jadi mengaktifkan atau menonaktifkannya bisa dilakukan dengan sekali klik saja.

Harga Bulanan Lumayan Terjangkau dan Tersedia Akses Uji Coba

Untuk harga normal bulanan sekitar Rp125.000, tetapi terdapat potongan apabila membeli dalam jangka waktu lama. Misalnya membeli untuk 1 tahun, harga bulanannya akan dikurangi menjadi Rp62.500.

Perlu diketahui bahwa harga bisa berubah-ubah sesuai ketentuan dari Opera, dan informasi harga yang ada di artikel ini tidak selalu diperbarui, jadi apabila kamu ingin melihat rincian harganya, silakan menuju halaman Pembelian Paket VPN Pro.

Tidak lupa terdapat akses uji coba selama 7 hari untuk pengguna baru. Dalam batas waktu tersebut, kamu bisa menikmati layanan VPN Pro secara gratis, kemudian pada hari ke-tujuh, itulah keputusanmu untuk melanjutkan layanannya atau membatalkannya.

Jadi apakah kamu ingin mencoba VPN Pro sekarang? Silakan download browser Opera untuk memulainya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *