Cara Mengubah Zona Waktu ke Indonesia di PC

Cara Mengubah Zona Waktu ke Indonesia di PC

Apakah kamu sedang bingung karena melihat jam di PC atau laptopmu tidak sesuai dengan waktu sebenarnya? Atau mungkin kamu baru saja pulang dari liburan di luar negeri dan menyadari bahwa jam yang ditampilkan di PCmu masih menunjukkan waktu di negara yang kamu kunjungi? Jangan khawatir, sebab kali ini kita akan membahas tentang cara mengubah zona waktu di PC, khususnya untuk zona waktu Indonesia.

Zona waktu adalah pembagian wilayah berdasarkan perbedaan waktu dengan Meridian Greenwich atau GMT (Greenwich Mean Time). Indonesia sendiri memiliki 3 zona waktu, yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Jadi jika kamu berada di Jakarta, kamu akan menggunakan WIB atau GMT+7. Sedangkan jika kamu berada di Bali, kamu akan menggunakan WITA atau GMT+8, dan seterusnya.

Mengubah zona waktu di PC atau laptop sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan dalam beberapa langkah saja. Namun perlu diingat bahwa setiap sistem operasi memiliki cara yang berbeda-beda. Pada artikel ini kita akan membahas terkait cara mengubah zona waktu untuk Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11. Jadi pastikan kamu mengetahui versi Windows yang kamu gunakan ya.

Mengubah Zona Waktu di Windows 7 dan Windows 8

Dimulai dari Windows 7 dan 8 terlebih dahulu, kamu bisa mengubah zona waktu melalui Control Panel dengan mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel.
  2. Klik menu Clock and Region.
  3. Kemudian klik pada menu Date and Time.
  4. Selanjutnya pilih opsi Change time zone.
  5. Dan silakan pilih zona waktu sebagai GMT+7 atau sesuai yang diinginkan.

Kontrol Panel yang ada di Windows 7 dan 8 memiliki interface yang nyaris serupa, berbeda dengan versi Windows di atasnya yang terdapat perubahan yang katakanlah signifikan. Dan sebagai tambahan apabila kamu tidak tahu cara membuka kontrol panel tersebut, silakan gunakan pencarian Windows dan kemudian ketik “control panel”, lalu ENTER.

Mengubah Zona Waktu di Windows 10 dan Windows 11

Untuk pengguna Windows 10, kamu bisa mengubah zona waktu melalui pengaturan sistem. Ini dia caranya:

  1. Geser kursor ke arah bawah desktop, yaitu pada bagian jam dan tanggal.
  2. Klik kanan, lalu pilih opsi Sesuaikan tanggal dan waktu.
  3. Setelah masuk ke tampilan setting, matikan terlebih dahulu opsi Atur zona waktu secara otomatis.
  4. Pada bagian Zona Waktu, ubah ke UTC+7 untuk WIB, UTC+8 untuk WITA, atau UTC+9 untuk WIT.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Ada pun cara yang menurut saya simpel, yaitu menggunakan powershell, akan tetapi metode tersebut terbilang ribet bagi pengguna yang tidak pernah memakai program itu sebelumnya. Jadi melakukan cara di atas jauh lebih mudah untuk kebanyakan orang.

Baca juga: Begini Cara Zoom Layar di PC Tanpa Mouse

Kesimpulan

Dengan mengatur zona waktu yang benar, kamu bisa memastikan bahwa semua kegiatanmu berjalan sesuai jadwal. Selain itu, fitur ini juga sangat berguna bagi kamu yang sering bepergian ke luar negeri untuk memastikan waktu yang ditampilkan pada PC sudah benar dan tidak sampai salah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *