Akses Cloud Gaming Gratis dari NVIDIA Geforce NOW

Akses Cloud Gaming Gratis dari NVIDIA Geforce NOW

NVIDIA Geforce NOW atau biasa disingkat sebagai GFN adalah layanan cloud gaming yang disediakan langsung oleh NVIDIA. Banyak sekali game-game PC populer yang dapat dimainkan disana, seperti Fortnite, Apex Legends, Cyberpunk 2077, Far Cry series, dan masih banyak lagi.

Hal terbaik yang disediakan pada GFN adalah adanya akses gratis untuk semua pengguna yang mendaftar. Namun sesi bermain untuk akun gratis hanya dibatasi maksimal 2 jam, jadi jika waktu pengguna bermain lebih dari itu, maka game akan langsung dihentikan otomatis.

Satu hal yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Geforce NOW ini bisa dinikmati pada Indonesia? Jawabannya adalah bisa. Akan tetapi menggunakan server Singapura dan itu tidak gratis. Sedangkan ada pula alternative server Asia lainnya dan sepenuhnya gratis, dan disini akan saya bagikan terkait hal tersebut.

Mengakses Geforce NOW di Server Asia

Apabila sebelumnya kamu bergabung GFN melalui website official, pasti server yang disediakan disana hanyalah Amerika dan Eropa saja. Sedangkan untuk server lainnya, misalnya region Asia, itu disediakan oleh partner resmi NVIDIA.

Sampai saat ini ada 3 server negara yang playable untuk pemain Indonesia. Jadi apabila kamu ingin bermain game di GFN tanpa lag dan kualitasnya jernih, ada baiknya untuk menggunakan salah satu dari ketiga server ini. Dua dari itu gratis lho.

1. Server Singapura Geforce NOW (StarHub)

Dulu awal kali di rilis, terdapat akses gratis yang bisa digunakan untuk semua pengguna, akan tetapi tak lama kemudian akses gratis tersebut telah dihapus. Server dari negara Singapura merupakan server yang paling sering diterapkan oleh banyak game-game untuk pemain dari Asia Tenggara.

Saat ini paket GFN di StarHub Singapura dibanderol dengan harga $20 per bulan, atau setara 250 ribu rupiah. Harga itu separuh lebih mahal jika dibandingkan harga untuk pengguna Amerika dan Eropa. Tetapi meskipun begitu, layanan yang diberikan sangatlah memuaskan.

Jika kamu tertarik ingin mencobanya, silakan menuju halaman GFN Starhub.

2. Server Taiwan Geforce NOW (Taiwan Mobile)

Jarak Taiwan ke Indonesia memang tak sedekat Singapura, tapi PING saat bermain yang didapatkan rata-rata 80ms berdasarkan statistik yang disediakan oleh GFN. Akan tetapi untuk mengakses server ini, kamu harus menggunakan VPN Taiwan terlebih dahulu.

Taiwan Mobile bekerja sama dengan GFN dan menyediakan akses gratis yang serupa, dimana terdapat batasan waktu saat bermain kurang lebihnya 2 jam. Jika kamu tertarik ingin mencobanya, silakan menuju halaman GFN Taiwan Mobile.

Saya sarankan untuk menggunakan browser Chrome untuk menerjemahkan bahasanya dan mulai mendaftar akun disana. Dan setelah akun berhasil dibuat, silakan masuk ke aplikasi Geforce Now menggunakan VPN Taiwan, dan nantinya kamu akan dialihkan ke situs web Taiwan Mobile untuk proses autentikasi.

3. Server Jepang Geforce NOW (SoftBank)

Kualitas server jepang hampir sama seperti di Taiwan, karena kedua negara ini sama-sama di Asia Timur, jadi PING yang di dapat dari Indonesia tidak berbeda jauh. Dan yang menyediakan akses GFN ini adalah SoftBank.

Mereka juga menyediakan akses gratis, dan saya rasa mekanisme akun gratisnya juga sama seperti di Taiwan. Jadi apabila kamu ingin mencoba server jepang, satu hal yang harus disiapkan adalah VPN Jepang.

Dan untuk mendaftarnya, silakan menuju halaman GFN SoftBank. Sehubungan tidak adanya dukungan Bahasa Inggris disana, jadi silakan gunakan browser Chrome untuk menerjemahkan halaman secara otomatis.

Baca juga: 5 Layanan Cloud Gaming Gratis Uji Coba

Kesimpulan

Saat ini hanya ada tiga server negara saja yang layak dimainkan untuk player Indonesia. Tapi ketahui pula bahwa VPN yang kamu gunakan harus cepat dan stabil, mengingat cloud gaming ini berjalan layaknya melakukan streaming video.

Menggunakan VPN Premium jauh disarankan untuk mendapatkan pengalaman bermain yang memuaskan. Dan jika ingin rekomendasi, tentunya saya lebih memilih Starhub. Sayangnya saat ini Starhub tidak menyediakan akses gratis lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.