Cara Mengubah Avatar atau Gambar Profil di WordPress

Ada beberapa setelan avatar yang dapat diatur oleh admin situs WordPress. Avatar atau gambar profil tersebut dapat digunakan untuk memberikan identitas kepada pengguna yang terdaftar di website, atau pengguna yang sedang berkomentar pada suatu artikel.

Secara default, avatar tersebut diatur sebagai anonim, yakni foto orang tanpa wajah. Tetapi kamu juga bisa mengubahnya ke jenis avatar yang lain, misalnya yang paling banyak digunakan adalah Identicon.

Selain jenis itu, masih ada beberapa jenis yang lain yang bisa kamu pilih untuk memberikan identitas gambar kepada setiap pengguna yang melakukan komentar atau mendaftar di situs WordPress kamu. Dan disini akan saya bagikan bagaimana cara untuk mengaturnya.

Mengubah Avatar di Situs WordPress

  1. Buka halaman admin WordPress.
  2. Klik menu Pengaturan.

    Klik Pengaturan di WordPress

  3. Dan silakan menuju sub-menu Diskusi.

    Menuju Menu Diskusi

  4. Selanjutnya gulir kebawah dan temukan opsi Avatar Standar.

    Mengubah Avatar atau Gambar Profil di WordPress

  5. Disini kamu bisa memilih jenis avatar yang ingin digunakan.
  6. Apabila sudah memilihnya, silakan klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan.

Empat diantara pilihan merupakan gambar generated alias acak, tapi tak perlu khawatir karena profil pengguna yang kembali berkomentar akan mengenakan foto yang sama seperti yang ia gunakan awal kali berkomentar, selama dia menggunakan informasi email yang sama.

Jika kamu memilih kosong, tentunya ini sama halnya menonaktifkan foto profil. Jadi setiap pengguna yang berkomentar hanya akan tampil namanya saja tanpa muncul avatar disampingnya. Jadi apabila kamu ingin menonaktifkan avatar, silakan pilih opsi kosong tersebut.

Bisakah Pengguna Memakai Foto Pribadi di WordPress?

Tentu saja bisa, yaitu menggunakan Gravatar. Dengan memakai layanan tersebut, kamu bisa menggunakan foto pribadi tiap kali berkomentar pada segala situs WordPress.

Dan apabila email yang kamu pakai terdaftar di Gravatar, tentunya setelan avatar di WordPress akan dihiraukan dan komentar kamu di segala website WordPress akan tetap muncul dengan gambar Gravatar yang kamu unggah, kecuali jika setelannya diatur kosong, maka fotonya tidak akan muncul.

Baca juga: Cara Mengatur Zona Waktu di Situs WordPress

Kesimpulan

WordPress memiliki 6 jenis avatar yang bisa kamu gunakan, dan satu lagi opsi kosong yang berguna untuk menonaktifkan fiturnya. 5 opsi diantaranya akan dihiraukan apabila pengguna telah memiliki akun Gravatar, sehingga foto profil akan dipakai sebagai Gravatar.

Adapun opsi Gravatar yang bisa kamu aktifkan. Akan tetapi apabila pengguna lain tidak memiliki akun Gravatar, maka alhasil gambar yang muncul adalah logo Gravatar berwarna biru. Jadi sebagai saran, pilihlah jenis avatar generated, karena Gravatar masih bisa dipakai meski menggunakan opsi tersebut.

Selain ke-enam diatas, barangkali adapula jenis yang lain, namun pengguna harus memasang plugin tambahan. Bahkan adapula plugin yang mampu memberikan avatar acak, alias tidak hanya dari satu jenis yang diatur. Silakan cari itu di halaman WordPress Plugin.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.