Cara Menambah Menu Navigasi di WordPress

Cara Menambah Menu Navigasi di WordPress

Menu navigasi sangat perlu untuk mempermudah pengunjung dalam menelusuri isi pada website. Menu tersebut bisa berupa apa saja, baik itu halaman khusus, kategori, tautan, atau bahkan artikel. Dan untuk membuatnya pun pada dasarnya sangat mudah dan cepat.

Di WordPress telah disediakan opsi untuk membuat menu yang dapat diterapkan pada template. Rata-rata template wordpress saat ini mendukung untuk beberapa jenis menu, sebagai contohnya seperti menu di header, sidebar, atau footer.

Apabila kamu ingin membuat menu tersebut, maka sangat tepat sekali kamu mengunjungi halaman ini, karena disini akan saya bagikan cara mudah untuk membuat menu di WordPress untuk diterapkan dibagian apa saja pada template yang digunakan.

Membuat Menu Navigasi di WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memikirkan terlebih dahulu, sekiranya menu jenis apa yang akan diterapkan dibagian template. Misalnya dibagian atas untuk kategori, dan dibagian bawah untuk menu kontak dan informasi website. Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk mulai membuatnya.

  1. Silakan masuk ke halaman admin.
  2. Kemudian menuju Tampilan > Menu.

    Menuju Tampilan dan Klik Menu

  3. Setelah itu klik pada buat menu baru.

    Klik opsi Buat Menu Baru

  4. Isikan kolom Nama Menu, misalnya menu atas.

    Isi Nama Menu

  5. Selanjutnya pada opsi Lokasi penayangan, pilih area yang ingin menu tersebut ditampilkan.
  6. Klik tombol Buat Menu.

    Membuat Menu Navigasi di WordPress

  7. Sekarang menu telah terbuat namun isinya masih kosong.
  8. Pada bagian Tambahkan item menu, pilih halaman apa saja yang ingin ditambahkan ke menu tersebut.

    Menambah Isi Menu

  9. Apabila sudah, klik tombol Simpan Menu.

    Pembuatan Menu Berhasil dan Selesai

Sekarang menu akan tampil pada area atau lokasi penayangan sesuai yang dipilih tadi. Jangan lupa untuk menghapus cache pada website untuk mengetahui hasilnya. Dan kamu bisa membuat menu yang baru untuk dipasang pada area yang lainnya.

Baca juga: Cara Mengatur Zona Waktu di Situs WordPress

Menambah Sub-Menu

Sub-Menu dimaksudkan sebagai menu yang berada didalam menu. Di WordPress, kamu bisa membuatnya hanya dengan menggeser sedikit pada menu untuk ditempatkan dibawah suatu menu. Jadi nantinya menu yang kamu geser akan menjadi sub-menu.

Menambah Sub-Menu pada WordPress

Dibeberapa template juga mendukung untuk pemasangan Mega Menu. Biasanya hasilnya akan tampak lebih bagus dibanding memasang sub-menu biasa. Tapi kamu juga bisa memasang plugin untuk pembuatan Mega Menu apabila template tidak mendukungnya.

Jadi apakah kamu telah berhasil membuat menu navigasi di WordPress? Jika belum bisa dan masih kebingungan dengan cara diatas, jangan ragu untuk berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah artikel ini supaya mendapatkan bantuan segera.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.