≡ Menu

Solusi Tanggal dan Waktu Tidak Akurat di WhatsApp

Solusi Tanggal dan Waktu Tidak Akurat di Aplikasi WhatsApp

Masalah yang ada di WhatsApp rata-rata dapat diatasi dengan mudah. Sama halnya seperti masalah tanggal dan waktu yang salah ketika membuka aplikasi. Secara umum hal ini disebabkan karena informasi tanggal dan waktu pada perangkat tidak diatur dengan benar, namun ada pula beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhinya.

Semua ponsel memiliki fitur untuk mendeteksi tanggal dan waktu secara otomatis dengan cara memasukkan kartu SIM yang valid. Namun selain itu pengguna juga bisa mengaturnya secara manual dengan cara memilih zona waktu yang tepat, yaitu GMT+7.

Tapi jika kamu sudah mengatur tanggal dan waktu secara benar, tentunya terdapat hal lain yang menyebabkan kendala ini terjadi. Tak perlu khawatir, karena pada tulisan ini akan dijelaskan solusi ampuh untuk mengatasinya.

1. Perbarui Aplikasi WhatsApp

Versi aplikasi WhatsApp yang lawas dapat mengakibatkan notif tanggal dan waktu salah ketika membuka aplikasi. Biasanya ini disebabkan karena kamu belum pernah memperbarui aplikasi WhatsApp sejak lama, atau sedang menggunakan ponsel baru.

Jadi solusinya sangatlah mudah, silakan perbarui aplikasi WhatsApp melalui Play Store. Pertama-tama buka aplikasi Play Store, dan kemudian cari aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk tombol PERBARUI. Lalu tunggu proses unduhan dan instalasi selesai. Dan pada akhirnya silakan buka WhatsApp kembali, pasti kini sudah normal.

2. Instal Ulang WhatsApp

Hampir sama seperti mempebarui, hanya saja kamu perlu menghapus terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel. Cara ini juga cukup ampuh apabila cara pertama diatas tidak membuahkan hasil.

Silakan uninstall atau copot pemasangan terhadap aplikasi WhatsApp, dan kemudian unduh dan instal kembali aplikasi WhatsApp melalui Play Store. Dengan menghapusnya takkan mempengaruhi data sejenis gambar/foto/dokumen yang pernah diterima pada WhatsApp, jadi ini 100% aman untuk dilakukan.

3. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet yang tidak stabil juga bisa menyebabkan hal ini terjadi. Hal itu karena server WhatsApp tidak dapat menyinkronisasi waktu dengan yang ada di perangkat akibat jaringan internet yang kurang stabil.

Jadi silakan cek apakah koneksi internet pada ponsel kamu tersedia dan lancar untuk digunakan. Selain itu kamu juga bisa mencoba menggunakan jenis jaringan yang lainnya, misalnya jika sebelumnya memakai jaringan WiFi, silakan coba menggunakan data seluler.


Baca juga: Cara Share Lokasi atau Shareloc di WhatsApp

Cukup dengan melakukan tiga solusi diatas pastinya masalah tanggal dan waktu yang salah didalam aplikasi WhatsApp akan teratasi. Tapi apabila seluruh cara diatas sudah dilakukan namun masih tetap sama, kemungkinan besar masalahnya terjadi pada server WhatsApp. Biasanya kendala sejenis ini hanya berlangsung sementara dan terjadi untuk semua pengguna. Jadi kamu hanya cukup menunggu dan mencoba membuka WhatsApp pada beberapa saat.

Kebanyakan orang mengalami kendala ini hanya disebabkan karena sedang memakai aplikasi versi lama. Bahkan WhatsApp sendiri menyarankan pada semua penggunanya untuk selalu memperbarui aplikasi setiap kali adanya pembaruan, hal ini bertujuan supaya pengguna selalu mendapatkan tingkat keamanan aplikasi yang mutakhir.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap