Cara Mengatasi RSS Feed Tidak Berfungsi di WordPress

Cara Mengatasi RSS Feed Tidak Berfungsi di WordPress

Apakah kamu sedang frustrasi karena RSS Feed di situs web tiba-tiba tidak berfungsi? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna WordPress yang mengalami hal yang sarupa dan bahkan termasuk saya. Segala masalah pasti ada solusi, dan itu akan dijelaskan secara tutas di sini.

Sebelum melangkah lebih jauh, sudah tahu belum tentang RSS Feed pada website? Jadi RSS Feed adalah fitur yang memungkinkan pengguna atau suatu layanan mendapatkan update terbaru dari website. Dengan fitur tersebut, seluruh pengguna yang berlangganan bisa mendapatkan notifikasi secara otomatis ketika ada postingan atau artikel baru.

Namun apa jadinya jika RSS Feed di website tiba-tiba tidak berfungsi? Tentu saja ini bisa menjadi masalah besar, terutama jika telah memiliki banyak pengikut yang mengandalkan RSS Feed untuk mendapatkan pembaruan (contohnya Google News). Untuk itu, di sini akan saya bagikan cara untuk mengatasinya, silakan simak solusinya di bawah ini.

Solusi RSS Feed Tidak Berfungsi di Situs WordPress

1. Cek Plugin yang Digunakan

Pertama-tama silakan cek kembali seluruh plugin yang digunakan, karena siapa tahu terdapat plugin yang membuat RSS Feed menjadi nonaktif. Salah satu contohnya adalah plugin bernama Disable Feeds.

Jika ada plugin sejenis itu silakan untuk dinonaktifkan, selanjutnya hapus cache pada website dan coba akses halaman RSS Feed kembali, apakah kini sudah bisa?

2. Terdapat Setelan yang Salah di Plugin SEO

Beberapa plugin SEO tampaknya juga bisa menyebabkan RSS Feed menjadi tidak aktif, salah satu yang pernah saya temui adalah Yoast SEO. Plugin ini memiliki fitur untuk mematikan RSS Feed secara penuh, jadi bukan cuma di homepage saja, tapi juga yang ada di halaman artikel atau kategori.

Di Yoast SEO, fitur untuk menonaktifkan RSS Feed ada di menu Yoast SEO > Pengaturan > Lanjutan > Pengoptimalan Penelusuran. Silakan menghilangkan checklist pada opsi Hapus feed global. Berikut ini gambarannya supaya lebih jelas:

Mengaktifkan Kembali RSS Feed di Yoast SEO

3. Cek Menggunakan Validator RSS Feed

Yang terakhir adalah mengecek kembali menggunakan validator. Kamu bisa menggunakan validator yang disediakan oleh W3C. Cukup tuliskan URL feed situs seperti https://situsweb.tld/feed dan kemudian klik tombol Check.

Jika terindikasi valid, maka itu berarti RSS Feed pada website kamu sudah aktif. Jika pun di browser kamu masih tidak bisa mengaksesnya, kemungkinan besar itu disebabkan karena cache yang menempel, jadi silakan coba berganti browser untuk mengaksesnya kembali.

4. Cek File Htaccess

Memang jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali para admin mengubah settingan yang ada di file htaccess. Kebanyakan settingan ini ditambah oleh plugin, dan barangkali itu juga termasuk pembatasan halaman RSS Feed yang tak bisa diakses atau dialihkan otomatis.

Maka dari itu, silakan cek file htaccess dan lihatlah apakah ada rule yang membuat halaman feed dialihkan? Jika ada, silakan hapus rule tersebut. Jangan lupa untuk mencadangkan terlebih dahulu untuk sekedar jaga-jaga apabila terdapat error setelah mengeditnya.

Baca juga: Mengatur Jumlah Artikel pada Halaman Beranda di WordPress

Kesimpulan

Penyebab RSS Feed yang tidak berfungsi ada banyak macam, mulai dari karena plugin, cache website, hingga file htaccess. Keseluruhan solusi di atas dapat diatasi secara mandiri, dan itu sangat mudah sekali.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, pada saat itu saya ingin mendaftarkan website ke Google News, akan tetapi URL Feednya tidak berfungsi, dan akhirnya ketemu plugin yang penah saya pakai untuk mematikan fitur ini, dan juga kondisinya sedang memakai Yoast SEO, jadi yang saya lakukan adalah langkah 1 dan 2 di atas.

Apabila kamu memiliki pertanyaan terkait solusi di atas, silakan tuliskan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *