≡ Menu

Cara Mengatasi Layar HP Redup Terang Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Redup Terang Sendiri

Pernahkah kamu mengalami kecerahan layar tiba-tiba redup atau terang dengan sendirinya? Sebagian orang merasa tidak nyaman terhadap itu karena disuatu kondisi tertentu kadang layar tiba-tiba tak terkontrol, sehingga apa yang dilihat tidak bisa terbaca atau bahkan juga bisa membuatnya silau.

Semua ponsel Android memiliki sensor cahaya yang berguna untuk mengatur kecerahan otomatis. Tapi jika sensor tersebut mengalami kerusakan atau tidak ter-kalibrasi dengan benar, maka sesuatu yang janggal akan terjadi, salah satunya layar HP akan redup terang dengan sendirinya pada kondisi yang tidak tepat.

Cara paling sederhana untuk mengatasi ini adalah mengatur kecerahan secara manual pada ponsel. Dan di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukannya.

Solusi Layar HP Redup Terang Sendiri

Pada kebanyakan ponsel, mengatur kecerahan layar dapat dilakukan secara cepat melalui panel notifikasi). Hanya saja untuk mematikan kecerahan otomatis, kadang tombolnya tidak ditemukan disana. Tapi kamu masih bisa menonaktifkannya dari Pengaturan, berikut caranya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Tampilan.

    Ketuk Menu Tampilan

  3. Jangan aktifkan pada opsi Kecerahan Otomatis atau Kecerahan Adaptif.

    Mengatasi Layar HP Redup Terang Sendiri

Kini setelan kecerahan pada ponsel takkan terganti otomatis dan akan menetap sesuai yang kamu atur sekarang ini. Jadi mulai sekarang silakan atur kecerahan secara manual dan senyaman mungkin dari panel notifikasi.

Melakukan Kalibrasi Sensor Cahaya

Apabila kamu tidak ingin mengatur kecerahan manual, maka solusi lainnya itu adalah membetulkan sensor cahaya supaya berfungsi seperti seharusnya. Selama ini bukan masalah hardware, cara ini pastinya akan berhasil.

Untuk kebanyakan ponsel Android untuk mengakses menu kalibrasi sensor cahaya bisa mengetikkan kode dibawah ini pada telepon.

*#*#0589#*#*

Setelah itu opsi untuk memulai kalibrasi akan muncul, dan silakan ikuti prosedurnya sampai selesai.

Mungkin pada sebagian ponsel tidak akan bisa menggunakan kode unik tersebut, maka dari itu Saya sarankan cara lainnya, yaitu menggunakan aplikasi bernama Lux Meter. Aplikasi tersebut memiliki fitur untuk mengkalibrasi sensor cahaya didalamnya.

Baca juga: 2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

Kesimpulan

Layar HP yang redup dan terang secara tiba-tiba pada kondisi yang tidak tepat disebabkan akibat sensor cahaya yang bermasalah. Namun selama itu hanya masalah kalibrasi, pastinya masih dapat dibetulkan.

Sementara itu Saya lebih menyarankan untuk mengatur kecerahan secara manual karena tidak ribet. Mengingat pengaturan untuk mengatur kecerahan ada di panel notifikasi, segalanya bisa digapai dengan mudah, alias tanpa bolak-balik ke pengaturan.

Sebenarnya kamu juga bisa mengatasi kendala ini dengan mereset ponselnya secara penuh, itu akan menghapus segala setelan saat ini dan mengembalikannya seperti setelan pabrikan. Tapi pastikan kamu telah mencadangkan seluruh data penting di ponsel supaya tidak sampai hilang saat direset.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment