Cara Menonaktifkan RSS Feed di WordPress

Secara default, WordPress mengaktifkan fitur RSS Feed yang ada di website, padahal untuk sekarang ini fitur tersebut tidak terlalu dibutuhkan dan tidak memberi efek apapun terhadap mesin pencari. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk menonaktifkan fitur feed ini.

RSS Feed pada dasarnya dipakai untuk berlangganan konten pada browser. Akan tetapi fitur ini sudah mulai usang karena dirasa kurang membantu. Dan justru beberapa orang memanfaatkan fitur RSS Feed dari website untuk mengambil konten dari halaman itu, baik mengambil judul atau isi artikel.

Dan parahnya lagi, setiap blog atau halaman yang ada di website akan memiliki RSS Feed terpisah, dan itu juga di-crawl otomatis oleh mesin pencari, walau tidak ikut di-index.

Menonaktifkan RSS Feed di WordPress

Untuk menonaktifkan fitur tersebut sangatlah mudah, hanya perlu bantuan plugin sederhana dan seluruh RSS Feed pada halaman akan menghilang dan dialihkan ke halaman yang benar.

Jika kamu bertanya-tanya, mengapa harus memakai plugin? Karena WordPress tidak menyediakan fitur untuk menonaktifkannya di pengaturan. Jadi cara satu-satunya adalah memakai plugin saja. Dan berikut ini caranya.

  1. Buka halaman Dasbor WordPress.
  2. Silakan menuju menu Plugin > Tambah baru..

    Tambahkan Plugin Baru di WordPress

  3. Selanjutnya ketik pada kolom pencarian dengan kata kunci “Disable Feeds“.

    Mencari Plugin Disable Feeds

  4. Maka akan muncul pluginnya, silakan klik tombol Instal Sekarang.

    Menonaktifkan RSS Feed di WordPress

  5. Apabila sudah, klik pada tombol Aktifkan terhadap plugin tersebut.

    Mematikan Fitur Feeds di Halaman WordPress

  6. Selesai, kini RSS Feed pada website berhasil di-nonaktifkan.

Secara default, plugin ini akan mengalihkan atau membuat redirect otomatis ke halaman terkait apabila terdapat seseorang yang mengakses halaman feed. Namun kamu bisa mengaturnya menjadi halaman 404 apabila itu yang diinginkan.

Untuk mengatur plugin ini, silakan menuju menu Pengaturan > Bacaan. Dan kemudian disana akan muncul menu dari plugin Disable Feed untuk menonaktifkan pengalihan dan menetapkan halaman feed sebagai 404.

Baca juga: Cara Menambah Menu Navigasi di WordPress

Mengapa Harus Menonaktifkan RSS Feed?

Selain tidak memiliki kegunaan yang terlalu penting, beberapa orang menganggap bahwa RSS Feed ini dapat mengurangi index rate yang dilakukan oleh spider atau crawler pada mesin pencari.

Selain itu, fitur RSS Feed dapat disalahgunakan untuk mengambil konten dari suatu halaman dengan mudah. Karena formatnya XML sehingga melakukan parse untuk pengambilan konten itu bisa dilakukan super mudah. Tidak cuma judul atau isi artikel saja lho, tapi komentar juga bisa diambil melalui RSS Feed ini.

Jika menurut saya, RSS Feed ini lebih cocok diterapkan bagi website semacam berita, karena beberapa orang mungkin saja berlangganan Feed melalui browser mereka. Sedangkan untuk website statis semacam landing page, fitur ini jelas tidak ada gunanya sama sekali.

Sementara itu, plugin Disable Feed ini merupakan proyek terbuka (open source). Meski sudah 4 tahun tidak mendapat pembaruan, namun masih kompatibel kok digunakan sampai WordPress versi terbaru. Dan saat ini plugin tersebut telah dipakai lebih dari 400 ribu kali.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.