Mengatur Jumlah Artikel pada Halaman Beranda di WordPress

Pada umunya, artikel yang muncul pada beranda blog WordPress dibatasi dengan total 10 artikel per halaman. Batasan tersebut dapat diubah sesuai keinginan melalui pengaturan. Namun beberapa orang masih belum mengerti bagaimana cara untuk mengubahnya.

Sebagai contohnya di website ini (Blog Second), artikel yang muncul pada beranda dibatasi maksimal 7 artikel saja. Jadi untuk mengakses yang lainnya, harus menekan tombol paginasi atau selanjutnya.

Jumlah artikel per halaman juga dapat disesuaikan tergantung niche website WordPress yang dikelola. Contohnya portal berita, pasti membutuhkan jumlah artikel yang banyak untuk ditampilkan pada beranda. Dan di sini akan saya bagikan bagaimana cara untuk mengaturnya.

Mengatur Jumlah Artikel di Beranda

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur jumlah artikel pada halaman beranda blog WordPress:

  1. Buka halaman admin WordPress.
  2. Klik Pengaturan.

    Klik Pengaturan

  3. Kemudian pilih menu Membaca.

    Klik Menu Membaca

  4. Setelah itu perhatikan pada ospi Laman blog menampilkan paling banyak.

    Mengatur Jumlah Artikel pada Halaman Beranda di WordPress

  5. Silakan ubah kolom di sampingnya dengan jumlah artikel yang ingin ditampilkan pada beranda.
  6. Apabila sudah, klik tombol Simpan Perubahan.

Cara di atas dapat diterapkan pada segala situs WordPress, termasuk Self-Hosted juga. Dan apabila situs web telah terpasang plugin cache, sebaiknya untuk menghapus seluruh cache tersebut supaya perubahan halaman dapat diterapkan saat itu juga.

Kamu bebas untuk mengatur jumlah artikel yang ingin ditampilkan, karena itu adalah hak kamu dalam menyusun website supaya lebih baik. Bahkan meski dibatasi cuma 5 artikel per halaman juga tidak masalah.

Kegunaan dalam Membatasi Jumlah Artikel di Beranda

Selain dipakai untuk menyusun tampilan artikel saja, cara ini juga memiliki kelebihan tersendiri lho. Dengan membatasi jumlah artikel per halaman di beranda, loading website akan lebih cepat karena resource yang sebelumnya dimuat banyak, kini cuma sedikit.

Kelebihan lainnya adalah meningkatkan page view dan durasi online pengunjung terhadap website. Karena sebagian pengunjung penasaran untuk mengetahui artikel lebih banyak, jadi dia harus membuka halaman berikutnya melalui paginasi.

Untuk web jenis berita atau informasi yang ter-update, memungkinkan untuk membutuhkan total artikel yang banyak untuk ditampilkan pada beranda. Itu juga tidak masalah selama kamu telah memahami bagaimana cara mengoptimalkan halaman supaya tetap ringan untuk diakses, sehingga pengunjung tidak kabur di saat website itu dimuat sedikit lama akibat banyaknya gambar dari artikel yang muncul di beranda.

Baca juga: Cara Menambah Menu Navigasi di WordPress

Akhir Kata

Sepuluh artikel per halaman sebenarnya jumlah yang wajar untuk semacam blog pribadi. Tapi berbeda jika dipakai untuk web jenis lainnya, kadang butuh lebih sedikit untuk ditampilkan, dan kadang juga butuh lebih banyak.

Di sini saya juga tidak memaksa untuk mengatur jumlah artikel ini berdasarkan jenis web-nya. Intinya pemilik website dapat mengaturnya sesuai selera tanpa ada batasan dari template atau bahkan dari sistem. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang tutorial di atas, jangan ragu untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *