Ukuran Postingan Instagram: Feed, Cerita, dan Reels

Ukuran Postingan Instagram: Resolusi untuk Feed, Cerita, dan Reels

Jika kamu ingin membuat postingan Instagram yang keren, kamu harus tau dimensi yang pas untuk setiap jenis postingan. Mulai dari feed, story, sampai reels, masing-masing format memiliki ukuran yang berbeda-beda supaya konten kamu kelihatan oke banget. Tidak cuma itu saja, kalau kamu paham ukuran yang pas buat tiap jenis postingan di Instagram, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih banyak loh.

Dan tidak perlu khawatir jika kamu masih bingung tentang ukuran yang tepat itu. Sebab dalam tutorial ini, saya akan memberikan daftar lengkap dari dimensi atau resolusi yang dibutuhkan untuk feed, cerita, dan reels.

Ukuran Postingan Feed Instagram

Ukuran standar untuk postingan feed di Instagram adalah 1080 x 1080 piksel (kotak) dan 1080 x 1350 piksel (potrait). Dengan ukuran ini, postinganmu bakal terlihat keren baik di desktop maupun di ponsel. Tapi, perlu diingat Instagram bakal otomatis memotong foto kamu yang oversize supaya muat di dalam bingkai.

Ukuran Postingan Feed di instagram

Jadi, pastikan objek foto kamu berada di tengah-tengah ya. Kamu juga bisa menggunakan foto berjenis potret atau landscape, tapi tetap saja bakal dipotong supaya muat di kotak. Nah, biar tidak ada yang kepotong, kamu bisa memilih opsi “fit to frame” saat mengupload foto.

Atau alternatifnya biar tidak perlu dipotong-potong, kamu bisa mengedit terlebih dahulu gambarnya untuk dimasukkan ke dalam frame yang beresolusi kotak atau potrait, dengan begitu hasilnya akan sesuai ekspetasi pada saat selesai diunggah.

Ukuran Postingan Story Instagram

Postingan story di Instagram adalah cara yang tepat untuk berbagi konten santai kepada para followers. Ukuran ideal untuk postingan story ini adalah 1080 x 1920 piksel dengan rasio aspek 9:16.

Ukuran Postingan Story dan Reels di instagram

Ingat, postingan cerita atau story di Instagram cuma terlihat selama 24 jam, jadi pastikan kontenmu timely dan relevan. Kamu juga bisa menambahkan stiker, teks, atau elemen lainnya agar lebih menarik untuk dilihat.

Ukuran Postingan Reels Instagram

Reels adalah fitur yang tergolong baru di platform Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat video singkat dengan musik kekinian. Ukuran ideal untuk Instagram Reels sama dengan story yaitu 1080 x 1920 piksel.

Tapi bedanya, Reels bisa disimpan di profil dan dibagikan ke para followers untuk selamanya. Reels adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kreativitasmu dan kepribadian, dan bisa membantumu menjangkau audiens yang lebih luas di platform ini.

Tips Mengoptimalkan Postingan di Instagram

Selain menggunakan resolusi atau dimensi yang tepat untuk postingan Instagrammu, ada beberapa tips lain yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan kontenmu. Antara lain adalah:

  • Pertama, gunakan gambar atau video berkualitas tinggi yang menarik dan memikat visual terhadap semua pengguna.
  • Kedua, gunakan hashtag yang populer dan relevan untuk membantu kontenmu ditemukan oleh audiens baru.
  • Ketiga, posting secara konsisten di waktu yang tepat untuk memastikan kontenmu dilihat oleh banyak orang.
  • Dan yang terakhir, berinteraksilah dengan para followers dengan merespon komentar dan pesan yang mereka ucapkan.

Dengan menerapkan ke-empat tips di atas, kamu dapat menjadikan konten Instagram lebih menarik dan tentunya akan berdampak besar.

Baca juga: Cara Agar Tidak Bisa Dicari di Instagram

Kesimpulan

Dalam membuat postingan di Instagram, penting untuk mengetahui resolusi yang tepat untuk setiap jenis postingan, mulai dari feed, story, hingga reels. Dengan memahami ukuran yang pas, kamu bisa membuat konten yang lebih maksimal.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan kontenmu, yang mana itu sudah saya jelaskan di atas tadi. Jadi, mulai kini, cobalah membuat konten Instagram yang keren dan bikin followers kamu semakin banyak. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *