Cara Menonaktifkan Pemberitahuan dari Youtube di Android

Cara Menonaktifkan Pemberitahuan dari Youtube di Android

Pemberitahuan yang tampil di aplikasi Youtube rata-rata berasal dari channel yang telah di-subscribe. Pengguna akan mendapatkan pembaruan kapan pun channel tersebut mengunggah video atau status baru. Dan pengguna pun sebenarnya bisa untuk menonaktifkan jenis pemberitahuan tersebut.

Notifikasi yang terus-menerus memang kadang terasa risih. Dan semakin banyak channel yang kamu subscribe, memungkinkan pemberitahuan dari Youtube tak ada habisnya karena salah satu dari channel tersebut pasti mengunggah video atau status baru tiap harinya.

Dan untuk menonaktifkan pemberitahuan, ada dua hal yang bisa kamu pilih. Yang pertama adalah mematikan pemberitahuan berdasarkan channel, dan yang kedua adalah mengelola jenis pemberitahuan di Youtube supaya mendapatkan notifikasi yang terbilang penting saja. Kedua cara tersebut akan dibagikan di artikel ini.

1. Menonaktifkan Pemberitahuan pada Channel Tertentu

Ketika melakukan subscribe pada suatu channel, terkadang pengguna juga sekaligus menekan ikon lonceng. Nah kegunaan ikon lonceng tersebut adalah mengirim notifikasi langsung pada ponsel setiap kali channel tersebut mengunggah video baru.

Dengan menonaktifkan lonceng tersebut pastinya kamu takkan lagi mendapatkan notifikasi langsung pada ponsel. Tapi notifikasi tersebut akan masih didapatkan pada feed atau beranda di aplikasi Youtube.

Untuk menonaktifkannya, silakan menuju suatu channel, lalu klik tombol loncengnya dan setelah itu pilih sebagai Tidak Ada. Berikut ini contoh gambarannya:

Menonaktifkan Pemberitahuan Channel Youtube

Baca juga: Cara Mengubah Foto Profil Channel Youtube

2. Mematikan Notifikasi Jenis Tertentu di Youtube

Cara ini dapat kamu terapkan ketika ingin menonaktifkan pemberitahuan khusus di Youtube. Misalnya pemberitahuan yang menampilkan rekomendasi video, status, dan sebagainya. Itu bisa diatur supaya dinonaktifkan tanpa mempengaruhi jenis pemberitahuan yang lainnya.

Silakan ikuti tata cara mengaturnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Youtube.
  2. Ketuk pada foto profil.
  3. Dan pilih menu Setelan.

    Pilih Menu Setelan

  4. Selanjutnya ketuk menu Notifikasi.

    Ketuk Menu Notifikasi

  5. Disini kamu bisa menonaktifkan jenis notifikasi yang diinginkan.

    Menonaktifkan Pemberitahuan Tertentu di Youtube

Ada sekitar 10 jenis notifikasi yang dapat dikirimkan Youtube, dan kamu bebas memilih mana saja yang ingin dinonaktifkan. Sebenarnya kamu juga bisa melakukannya melalui pengaturan aplikasi di ponsel, tapi saya rasa cara di atas lebih mudah untuk di-ikuti.

Jadi cara mana yang ingin kamu gunakan dalam menonaktifkan notifikasi Youtube yang sekiranya mengganggu? Meskipun itu dinonaktifkan, kamu tak perlu khawatir ketinggalan update terhadap channel yang di-ikuti, karena segala pembaruan tersebut masih dapat terlihat melalui beranda di Youtube.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.