5 Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri

5 Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri

Bukankah menyebalkan rasanya ketika sedang asik bermain HP, tapi tiba-tiba HP restart sendiri? Tentu dalam hati ada rasa yang sebal sekaligus khawatir terkait kondisi pada ponselnya. Tapi tenang dulu, karena kebanyakan masalah seperti ini disebabkan dari malfungsi sederhana, alias tidak separah yang kamu bayangkan.

Terdapat banyak penyebab mengapa ponsel tiba-tiba restart secara otomatis tanpa sebab. Jika ini hanya terjadi sekali, memungkinkan masalahnya karena kamu salah menekan tombol power terlalu lama tanpa sadar. Akan tetapi jika masalahnya terjadi berkali-kali, pastinya ada hal janggal yang harus ditemukan.

Beberapa solusi di bawah ini dapat kamu terapkan untuk mengatasi masalah sejenis ini. Saya sangat menyarankan untuk melakukannya mulai dari pertama untuk hasil yang efektif. Baiklah, tidak menunggu lama lagi dan berikut ini solusinya.

Solusi Mengatasi HP Tiba-Tiba Restart Sendiri

1. Akses Ponsel pada Mode Aman

Bukan cuma perangkat PC saja yang memiliki mode aman, tapi di ponsel Android kekinian pun juga ada. Beberapa vendor menyediakan opsi ini untuk melakukan debug sederhana untuk memastikan kesalahan yang terjadi tidak disebabkan oleh intervensi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Dalam kondisi mode aman, tidak ada satupun aplikasi yang berjalan sehingga ponsel dapat dengan leluasa aktif tanpa halangan (baik itu startup sekalipun). Jadi hanya aplikasi sistem saja yang berfungsi. Untuk mengakses mode aman, silakan baca di artikel berjudul 2 Cara Masuk ke Safe Mode di HP Android.

Mengapa mode aman ini penting? Karena dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui lebih lanjut terkait kendalanya, yaitu disebabkan oleh aplikasi atau justru dari sistem ponsel. Jadi ketika sudah ada di mode aman, tunggu setidaknya 10 menit dan cek apakah ponsel me-restart sendiri atau tidak.

Jika masih me-restart sendiri, maka masalahnya disebabkan dari sisi sistem. Tapi apabila tidak, berarti terdapat aplikasi di latar belakang yang membebani ponsel sehingga membuat sistem ponsel harus me-restart. Untuk itu, silakan hapus aplikasi yang baru-baru ini dipasang.

Apabila solusi pertama ini terlalu ribet bagi kamu, boleh-boleh saja kok untuk lanjut ke solusi berikutnya. Karena solusi pertama bertujuan untuk memastikan saja masalahnya disebabkan dari apa.

2. Nonaktifkan Mode Pengembang

Salah dalam mengatur opsi di mode pengembang juga dapat menjadi mala petaka bagi ponsel. Pada umumnya mode pengembang tidak dapat langsung diaktifkan, namun karena beberapa orang menginginkan perbedaan pada ponselnya atau fitur tweaking lebih, maka mode ini diaktifkan mengikuti tutorial yang ada di internet.

Jadi apabila sekarang kondisinya mode pengembang aktif, silakan nonakifkan terlebih dahulu dan lihatlah perbedaannya. Apakah setelah menonaktifkannya ponsel tidak me-restart lagi?

3. Cek Aplikasi yang Sedang Bermasalah

Pernah melihat aplikasi yang tiba-tiba tidak merespon? Misalnya begini “Sayangnya aplikasi telah berhenti“. Jika kamu sering melihatnya, maka memungkinkan kendalanya dari aplikasi itu yang mencoba memulai namun gagal secara terus-menerus.

Hal ini pernah saya alami juga pada aplikasi Galaxy Store, dimana aplikasi tersebut meminta untuk diperbarui, dan setelah saya perbarui akhirnya masalahnya teratasi.

Jika aplikasi yang berhenti itu tidak bisa diperbarui, maka saran saya adalah membuka pengaturan aplikasi dan hapus data terhadap aplikasi yang berhenti terus-menerus itu.

4. Baterai Minta Dikalibrasi Ulang

Kondisi baterai yang minta dikalibrasi adalah ketika daya persentasenya masih tinggi dan belum habis, namun tiba-tiba ponsel mati atau restart sendiri seolah kehabisan baterai. Proses kalibrasi dapat dilakukan dengan cara manual, namun ini akan menyita waktu.

Untuk tata caranya silakan cek pada artikel Tutorial Kalibrasi Baterai Android Tanpa ROOT.

Secara keseluruhan, kalibrasi baterai ini bertujuan untuk menyamakan persentase daya baterai aslinya dengan yang terbaca oleh sistem.

5. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Ini adalah solusi terakhir, dan sangat disayangkan tidak ada solusi lain kecuali mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Pastikan untuk mencadangkan secara penuh data-data penting yang ada di ponsel termasuk kontak, SMS, gambar, video, dan lain-lain. Setelah itu lakukan reset ke setelan pabrik.

Jika tidak tahu caranya, silakan menuju Pengaturan, lalu pilih menu Reset, dan pilih Reset data pabrik. Atau jika menunya tidak ketemu, silakan gunakan fitur pencarian yang ada di pengaturan dan ketik “reset“, maka nanti menunya akan tampil.

Kesimpulan

HP yang me-restart secara tiba-tiba memanglah tidak normal. Bahkan meski itu tidak sering, akan tetapi cukup meresahkan apabila terjadi secara terus-menerus. Dengan mengikuti beberapa solusi di atas, saya yakin masalah tersebut dapat teratasi.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, masalah ponsel yang me-restart tiba-tiba ini diakibatkan karena adanya aplikasi yang bermasalah. Jadi ketika mencoba mendeteksi masalahnya di mode aman, ponsel berlangsung normal, dan ketika keluar dari mode aman, masalahnya muncul lagi.

Alhasil ketika ponsel selesai booting muncul dialog “Sayangnya Galaxy Store telah berhenti”, dari situ saya yakin sekali masalahnya dari aplikasi tersebut, dan setelah memperbaruinya ke versi terbaru, ternyata kendala ini sudah hilang.

Saya harap artikel ini dapat membantu bagi siapapun yang mengalami masalah serupa.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *