Mengatasi Error Disallowed Useragent Saat Login Google

Mengatasi Error Disallowed Useragent Saat Login Google

Masalah error yang menampilkan informasi “Disallowed Useragent” pada layar, biasanya muncul saat kita mencoba untuk login ke Google menggunakan aplikasi tertentu. Ini terjadi karena aplikasi tersebut menggunakan WebView untuk proses memuat halaman login ke Google, yang oleh Google dianggap itu kurang aman.

Sampai saat ini, WebView digunakan oleh kebanyakan ponsel Android untuk memuat halaman dari suatu aplikasi. Walau memang ada pembaruan dari WebView, namun tidak menutup kemungkinan bahwa masalah ini dapat diatasi hanya sebatas memperbaruinya, karena yang seharusnya dilakukan adalah mengubahnya ke aplikasi lain yang lebih kompatibel, seperti Google Chrome.

Apa Itu Error Disallowed Useragent?

Error ini muncul bersamaan dengan kode 403, yang mana pada status kode HTTP ditandai sebagai Forbidden atau dilarang. Seperti yang saya katakan di atas, bahwa Google menandai WebView kurang aman untuk proses login, sehingga Google membatasi proses masuk yang dilakukan melalui aplikasi WebView.

Useragent sendiri merupakan identitas browser, dan dalam kasus ini kamu menggunakan WebView untuk proses login. Jadi salah satu cara memecahkan masalah ini adalah berganti WebView menjadi aplikasi browser lainnya.

Cara Mengatasi Error Disallowed Useragent

Ada tiga cara yang bisa kamu coba, yang mana saya yakin 100% berhasil. Silakan ikuti mulai dari yang pertama supaya hasilnya efektif.

1. Atur Chrome Sebagai Browser Default

Dimulai dari cara yang paling mudah, yaitu menjadikan browser Chrome sebagai default. Hal ini perlu dilakukan supaya aplikasi yang meminta memuat suatu halaman web akan langsung dialihkan ke Chrome secara otomatis.

Untuk melakukannya, silakan menuju Pengaturan > Aplikasi > Chrome. Kemudian gulir ke bawah dan ketuk menu Aplikasi browser, dan silakan pilih sebagai Chrome.

Menjadikan Chrome Sebagai Browser Default

Apabila sudah, silakan coba masuk atau login kembali ke akun Google melalui aplikasi yang menampilkan error tadi. Apakah kini sudah bisa? Jika masih belum bisa, silakan lanjut ke solusi yang ke-dua.

2. Hapus Pembaruan Instalasi dari WebView

Jika solusi pertama gagal, memungkinkan proses memuat halaman secara in-app hanya dibatasi untuk WebView saja, sehingga meski Chrome dijadikan default masih tidak berfungsi untuk memuat halamannya. Jadi solusi yang kedua ini adalah menghapus pembaruan dari WebView itu sendiri, dan cara ini terbukti berfungsi sesuai yang pernah saya alami sendiri.

Silakan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Android System WebView. Lalu klik tombol Hapus Pembaruan dan biarkan aplikasi itu berada di versi pabrikan, karena justru itu yang menjadi tujuan dari solusi ini.

Sekarang coba login melalui Google kembali di aplikasi tadi, apakah errornya masih muncul?

3. Memperbarui Aplikasi yang Menampilkan Error

Solusi terakhir adalah memperbarui aplikasi tersebut melalui Play Store. Karena memungkinkan kamu sedang menggunakan versi lama dari aplikasi itu yang mana masih menggunakan WebView sebagai peramban in-app, dan pada versi terbaru siapa tahu masalahnya sudah teratasi.

Tak masalah pula untuk memberikan feedback atau laporan pribadi kepada developer aplikasi melalui email yang tertera di informasi aplikasi untuk memberitahu mereka terkait masalah ini.

Baca juga: Cara Mengubah Akun Google di Ponsel Android

Kesimpulan

Secara keseluruhan, masalah ini disebabkan dari halaman Google yang menolak akses dari aplikasi WebView karena dirasa kurang aman sebagai peramban untuk masuk ke akun Google. Dengan melakukan ketiga solusi di atas, saya yakin masalah ini dapat teratasi dan error disallowed useragent tersebut tidak akan muncul lagi.

Terakhir kali saya menemukan kesalahan semacam ini di aplikasi Streamlabs, tepatnya ketika hendak menghubungkan ke akun Google. Sebenarnya masalah ini dapat diatasi dengan mudah oleh developer aplikasi dengan mengubah parameter WebView supaya diganti ke Chrome, mengingat kebanyakan ponsel Android saat ini sudah terpasang Chrome dari bawaan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *