Cara Mengatasi Gmail Error Sementara (500)

Cara Mengatasi Gmail Error Sementara (500)

Apakah kamu mengalami masalah dimana terdapat pesan kesalahan muncul pada saat membuka Gmail? Pesan kesalahan itu bisa berbeda-beda, namun yang paling sering adalah “Error sementara (500)” dan hal ini bukanlah masalah yang terbilang serius dan sebenarnya mudah untuk diatasi.

Kendala semacam ini pernah saya alami pada saat membuat akun Gmail yang baru, dimana akun tersebut dapat dipakai dengan normal terhadap produk Google yang lain seperti Google Drive, Google Photos, dan sebagainya, akan tetapi selalu berkendala ketika digunakan untuk membuka email.

Tapi syukurnya masalah ini bukanlah sesuatu yang parah dan kamu bisa mengatasinya secara mandiri tanpa harus membuat akun baru. Dan di sini akan saya bagikan beberapa cara untuk mengatasinya. Silakan ikuti mulai dari yang pertama.

Solusi Membuka Gmail Muncul “Error Sementara”

1. Hapus Cache pada Browser

Cache yang menempel pada browser bisa menjadi alasan mengapa pesan kesalahan itu terus muncul dan tidak kunjung normal. Pada dasarnya indikasi “error sementara” merupakan kesalahan dari sistem Gmail dan bukan dari perangkat.

Akan tetapi browser menyimpan cache pada suatu halaman, dan ketika cache itu masih ada dan menempel, alhasil meski di-refresh berkali-kali seolah kesalahan itu masih terus ada.

Jadi untuk mengatasi hal ini, silakan untuk menghapus cache secara penuh. Setiap browser memiliki cara masing-masing dalam melakukannya, dan jika menggunakan Chrome silakan ikuti langkah-langkah menghapusnya di artikel Cara Menghapus Cache di Browser Chrome.

2. Masuk Ulang ke Akun Google

Pada saat pesan ini muncul, akan ada dua opsi yang disediakan pada halaman. Yaitu Try Again untuk me-refresh halaman, dan Sign Out untuk keluar dari akun Google. Pada kondisi ini, silakan pilih opsi Sign Out.

Setelah berhasil keluar dari akun Google, silakan mulai ulang browser secara manual (tutup dan buka browser), lalu dilanjutkan membuka Gmail untuk masuk kembali ke dalam akun.

Selain bisa juga untuk menghapus cache, cara ini juga akan mengeliminasi terjadinya cookie yang bermasalah pada browser. Dan saya juga menyarankan untuk memulai ulang browser untuk memastikan kendalanya bukan dari adanya kesalahan internal pada browser.

3. Gunakan DNS Over HTTPS

Siapa sangka kendala ini disebabkan dari konektivitas internet yang melarang untuk pembukaan Gmail, salah satunya seperti adanya firewall dari sistem. Sehingga satu-satunya cara termudah untuk mengakalinya adalah menggunakan DNS Over HTTPS.

Fitur DNS Over HTTPS atau biasa disingkat DoH ini dapat ditemui pada berbagai browser populer, baik itu Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan sebagainya. Silakan buka pengaturan di browser dan setelah itu ketik DNS, maka nantinya fitur ini akan bisa dengan mudah untuk ditemukan.

Pilih DNS Server sesuai yang diinginkan, boleh memakai DNS Google atau Cloudflare. Dan setelah itu sudah diatur, silakan mulai ulang browser terlebih dahulu dan setelah itu coba akses Gmail kembali.

4. Nonaktifkan Segala Ekstensi yang Aktif untuk Sementara

Sebagian ekstensi dapat berpengaruh untuk segala halaman yang dibuka, salah satunya seperti Ad Blocker. Cobalah untuk menonaktifkannya secara sementara untuk memastikan kendalanya apakah memang dari ekstensi atau bukan.

Untuk menoanktifkannya, silakan buka halaman Ekstensi di browser, dan setelah itu nonaktifkan satu per satu ekstensi yang saat ini sedang aktif. Lalu mulai ulang browser dan coba kembali untuk mengakses Gmail.

5. Akibat Kesalahan Sementara dari Gmail dan Terjadi Menyeluruh

Sudah melakukan keseluruhan solusi di atas namun belum membuahkan hasil? Kemungkinan besar masalahnya terjadi secara menyeluruh. Jadi sepastinya bukan hanya kamu saja yang mengalaminya, namun banyak orang juga merasakan hal yang sama.

Untuk mengecek apakah kejadian ini memang valid, silakan buka halaman Google Workspace Status. Jika pada bagian Gmail muncul tanda merah atau tanda oranye berdasarkan tanggal saat ini, itu tandanya sedang terjadi insiden.

Apabila memang sedang terjadi insiden, rata-rata tim Google akan memperbaiki masalah ini dalam kurun waktu 1 jam. Bahkan terkadang mereka hanya butuh 15 menit dan kemudian sistem Gmail kembali normal.

Penjelasan Terkait Error Sementara di Gmail oleh Google


Kadang seseorang membutuhkan banyak akun email sesuai untuk kebutuhan, baik itu untuk keperluan pribadi, pekerjaan, dan lain sebagainya. Jika salah satu dari email itu tidak bisa dibuka, pastinya akan menjadi masalah tersendiri, apalagi jika kondisinya sangat penting.

Namun jika masalahnya hanya berupa error sementara sesuai yang dibahas pada artikel ini, sebaiknya untuk tidak khawatir, sebab masalah ini bisa diatasi dengan cara yang mudah. Cukup ikuti solusi di atas mulai dari yang pertama, dan saya yakin masalah ini akan hilang serta akun Gmail kamu dapat diakses kembali dengan normal.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *