Mengatasi Error SIGILL di Browser Chrome

Mengatasi Error SIGILL di Browser Chrome

Masalah pada suatu browser bisa bermacam-macam, tapi rata-rata sistem browser akan menampilkan kode kesalahan yang dapat membantu pengguna untuk mengatasinya. Sebagai contohnya ketika membuka suatu website, selalu muncul kode kesalahan SIGILL, dan tentunya terdapat alasan tertentu dari munculnya kode tersebut.

Kesalahan SIGILL biasanya didasari dari kesalahan kompil pada program. Pada Chrome sendiri menyebut masalah ini disebabkan karena adanya malfungsi yang terjadi pada program, sehingga browser tak dapat bekerja dengan normal.

Jika diteliti lebih dalam melalui crash dump, itu akan terlihat hal apa saja yang menyebabkan masalah itu muncul. Entah itu penyebab prosesor yang tak mendukung, architecture yang berbeda, atau hal-hal lainnya.

Solusi Mengatasi Kode Error SIGILL di Chrome

Karena masalah ini terjadi karena beberapa penyebab, maka disini akan saya bagikan beberapa solusi untuk mengatasinya. Silakan ikuti mulai dari yang pertama supaya hasilnya efektif.

1. Instal Ulang Chrome

Hapus terlebih dahulu browser Chrome dan kemudian unduh ulang file browsernya melalui halaman download Google Chrome official. Pastikan untuk tidak mengunduh dari situs lain, karena memungkinkan terdapat perbedaan versi.

Melakukan instal ulang browser rata-rata dapat mengatasi berbagai masalah yang ada di Chrome. Namun jika sekiranya kesalahan SIGILL masih muncul, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

2. Gunakan Versi Beta Chrome

Versi Beta Chrome telah menyediakan pembaruan dan perbaikan yang nantinya akan dirilis ke versi stabil. Dengan memasang versi beta, itu tandanya kamu akan menerima pembaruan lebih dulu dibanding yang lain, akan tetapi resiko bug pada versi beta juga masih ada.

Mengapa memasang versi beta? Karena berbagai macam bug atau kesalahan lebih cepat diatasi. Biasanya ketika ada yang melapor kesalahan pada komunitas developer Chrome, nantinya akan muncul pembaruan terkait perbaikan tersebut.

Untuk menggunakan versi beta, silakan menuju halaman download Chrome dan setelah itu pada kolom Channel silakan pilih BETA. Dan jika kamu menggunakan sistem operasi Linux, silakan instal manual versi unstable sesuai intruksi disana.

3. Mulai Chrome di Safe Mode

konflik terhadap program lain juga bisa menyebabkan masalah ini muncul. Untuk itu jika sampai sini masalahnya belum terselesaikan, saya sarankan untuk mencoba mengakses Chrome melalui safe mode.

Didalam safe mode, Chrome akan berjalan tanpa ada interupsi dari program lain. Dan jika sekiranya normal ketika digunakan, berarti masalah sebelumnya terjadi akibat interupsi program lain yang berjalan bersamaan.

Untuk mendeteksi program tersebut, bisa dilakukan melalui task manager. Dan dari banyaknya kasus, masalah interupsi ini lebih sering disebabkan karena program antivirus. Jadi cobalah untuk menonaktifkan itu terlebih dahulu, sipaa tahu masalahnya memang dari sana.

4. Ganti ke Browser Lain

Ini merupakan cara alternatif apabila seluruh solusi diatas tidak membuahkan hasil. Yaitu mengganti browser Chrome ke lainnya. Ada banyak browser yang bisa kamu jadikan alternatif, salah satu yang terbaik adalah Firefox.

Atau kamu juga bisa mencoba browser yang menggunakan berbasis Chromium seperti Opera, Brave, atau MS Edge, karena rata-rata fitur didalamnya tidak jauh beda dengan yang ada di Chrome, dan tentunya seluruh ekstensi Chrome dapat diguankan dengan baik.

Baca juga: Mengatur Google Chrome Supaya Otomatis Menerjemahkan Halaman

Kesimpulan

Kesalahan SIGILL di Chrome bisa disebabkan dari berbagai hal. Tapi itu selalu merujuk pada kejadian malfungsi sehingga tak bisa digunakan. Solusi pertama dan kedua yang paling banyak berhasil saat diterapkan oleh pengguna, berdasarkan perhitungan dari forum.

Jika saya sendiri berhasil mengatasinya dengan measang Chrome versi unstable, dan kondisinya saat itu menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu.

Jika kamu memiliki pengalaman yang sama dan berhasil mengatasi kendala ini, tak ada salahnya untuk membagikan pengalamannya di kolom komentar untuk membantu pengguna lain dalam mengatasi masalah ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.