Apa Itu Android System WebView?

Apa Itu Android System WebView?

Di semua ponsel Android, pasti terdapat aplikasi bernama Android System WebView, dan aplikasi tersebut kerap mendapatkan pembaruan tiap bulannya di Play Store. Bagi sebagian orang mungkin mengira aplikasi itu tidak terlalu penting dan membiarkannya untuk tidak diperbarui.

Dan seiring berjalannya waktu, pengguna akan memikirkan aplikasi ini lagi terkait seberapa pentingkah aplikasinya untuk diperbarui. Jadi kira-kira apa sih aplikasi itu dan apa saja kegunaannya? Mari cari tahu disini.

Aplikasi Bawaan (Sistem)

Android System WebView merupakan aplikasi atau komponen bawaan dari sistem untuk menampilkan konten dari situs web yang dikunjungi melalui suatu aplikasi. Bahwasanya ini sama seperti Chrome, namun bedanya ini adalah komponen atau fitur untuk menampilkan konten dari website saja, tidak lebih dari itu.

Sebagai contohnya ketika kamu membuka link eksternal dari Facebook, Twitter, atau Telegram, maka Android System WebView yang akan dipakai untuk menampilkan konten tersebut. Kecuali jika pada saat kamu membuka link di suatu aplikasi dan memilih opsi browser Chrome, maka link tersebut akan dibuka melalui browser Chrome.

Android System WebView merupakan aplikasi berbasis Chromium, jadi konten yang tampil akan sama seperti pada saat membuka di Chrome, akan tetapi fiturnya terbatas karena ini bukanlah sebuah browser.

Mengapa Aplikasi Membutuhkan Android System WebView?

Pada dasarnya suatu aplikasi seperti Facebook bisa saja memberi pilihan untuk membuka link eksternal terhadap browser yang telah terpasang pada ponsel. Jadi saat pengguna meng-klik link, maka akan diminta untuk memilih salah satu browser untuk membuka link tersebut. Dalam skenario ini, WebView tidak akan digunakan.

Beberapa developer meng-inginkan pengguna untuk tetap berada didalam aplikasinya, sehingga dengan memanfaatkan Android System WebView memungkinkan pengguna tidak berpindah ke aplikasi browser hanya untuk sekedar membuka suatu link.

Jadi berkat WebView, tiap kali membuka suatu link atau URL pada dalam aplikasi, pengguna tidak perlu membuka browser lagi, dan metode ini bisa menambah pengalaman pengguna lebih baik didalam aplikasi.

Terkait: Cara Inspect Element di Browser Android

Mengapa Android System WebView Sering Mendapatkan Pembaruan?

Seperti yang saya katakan diatas tadi, bahwa WebView sering kali mendapatkan pembaruan, kurang lebihnya satu bulan sekali. Jadi pembaruan tersebut bertujuan untuk menambah peningkatan dari sisi performa atau keamanan dan memperbaiki kesalahan (bug) yang ada.

Pembaruan ini juga bersifat penting, maka dari itu tidak ada salahnya mengaktifkan fitur pembaruan otomatis terhadap aplikasi ini. Jika dulunya sebelum Android versi 5, WebView akan diperbarui otomatis dari sistem tanpa ada pemberitahuan. Sedangkan sekarang, pengguna diberi pilihan untuk tetap menggunakan versi saat ini atau ingin memperbaruinya ke versi mutakhir.

Apakah Android System WebView Bisa Dihapus?

Sehubungan WebView adalah aplikasi bawaan (sistem), maka pengguna tidak diperbolehkan untuk menghapusnya. Tapi pengguna bisa menghapus pembaruannya dan menetap pada versi lama (pabrik). Bahkan WebView juga bisa di-nonaktifkan, tetapi hal tersebut akan mengakibatkan ketidakstabilan terhadap aplikasi lain.

Sebaiknya untuk membiarkan WebView tetap aktif dan terpasang, karena ini sama halnya seperti browser portable yang berjalan secara minimal. Atau dengan kata lain bahwa WebView tidak membebani ponsel sama sekali.

Android System WebView memang bukan aplikasi yang dapat dibuka dan bisa dianggap sebagai sebuah fitur, dan fitur ini ada disana ketika suatu aplikasi sedang membutuhkannya.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.