Cara Mengaktifkan Acceptable Ads di Browser Opera

Cara Mengaktifkan Acceptable Ads di Browser Opera

Browser Opera dikenal dengan fitur adblockernya yang pintar. Namun adanya fitur ini bukan berarti kita tidak bisa mendukung para konten kreator lho. Dengan mengaktifkan fitur Acceptable Ads, kita bisa tetap menikmati browsing tanpa ada gangguan yang terjadi di halaman, sekaligus mendukung konten kreator untuk menghargai jerih payahnya dalam membagikan informasi tersebut.

Tapi tentang fitur Acceptable Ads ini, sudah tahukah kamu maksudnya? Jadi itu adalah konsep iklan yang dapat diterima oleh pengguna karena tidak bersifat mengganggu, relevan, dan memberikan nilai tambah. Sehingga iklan yang bersifat mengganggu akan tetap diblokir pada halaman. Pastinya hal ini akan menambah tingkat kenyamanan pengguna ketika mencari informasi di internet menggunakan browser Opera.

Mengaktifkan Acceptable Ads di Opera

Saya yakin kamu sudah paham betul terhadap fitur ini, tapi apabila belum, nanti akan saya berikan contoh lain di bagian bawah. Untuk sekarang, kita langsung to the point menuju ke langkah-langkah mengaktifkan fiturnya. Simak baik-baik mulai dari sini ya.

  1. Klik ikon Opera di pojok kiri atas.

    Klik Ikon Opera

  2. Dan pilih menu Settings.

    Menuju Menu Settings

  3. Kemudian perhatikan pada bagian Privacy protection. Silakan aktifkan pada opsi Allow Acceptable Ads.

    Mengaktifkan Fitur Acceptable Ads di Opera

  4. Selesai, kini fitur tersebut berhasil diaktifkan.

Mulai sekarang hanya iklan yang tidak mengganggu saja yang akan muncul pada halaman yang sedang kamu buka. Walau saat ini fitur ini hanya tersedia di browser Opera saja, tapi memungkinkan fitur ini juga akan dihadirkan pada beberapa layanan ekstensi AD Blocker pada waktu mendatang.

Beberapa Jenis Iklan yang Mengganggu

Sebagai penjelasan lanjutan terkait fitur ini, sebagian orang mungkin bingung terhadap iklan seperti apa yang mengganggu. Nah maka dari itu, di sini akan saya bagikan beberapa contohnya.

Iklan yang mengganggu meliputi beberapa jenis di bawah ini:

  • Iklan popup/popunder (Window)
  • Iklan layar penuh yang tak terkontrol.
  • Iklan autoplay video yang tak terkontrol.
  • Dan iklan pengalihan halaman.

Dimulai dari yang pertama, yaitu iklan popup window. Iklan dengan jenis ini akan muncul atau ter-trigger ketika pengguna menekan sesuatu pada halaman dan kemudian window atau tab baru akan dibuat secara otomatis yang mana menuju ke halaman iklan.

Selanjutnya adalah iklan layar penuh yang tak terkontrol. Iklan tersebut akan tampil berupa dialog besar yang menutup keseluruhan konten di halaman, namun karena ini disebutkan tak terkontrol, maka iklan ini akan masih melontarkan pengguna ke tab baru meski telah menekan tombol close.

Yang ketiga adalah iklan autoplay video yang tak terkontrol. Sebenarnya jenis iklan ini tidak hanya muncul pada web saja, namun lebih sering terjadi pada suatu aplikasi. Di mana pengguna akan dipaksa untuk melihat iklan sampai habis hingga tombol close muncul. Secara normal iklan jenis ini harus memberikan tombol SKIP atau paling tidak PAUSE (jika pada web) supaya tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

Dan yang terakhir adalah iklan pengalihan halaman atau lebih populer disebut sebagai redirect page ads. Iklan jenis ini nyaris sama seperti iklan pop under, yang mana akan mengalihkan pengguna ke halaman iklan secara langsung, bahkan meski tanpa ada interaksi klik pada halaman.

Jadi sekarang sudah paham kan tentang iklan apa saja yang mengganggu? Siapa saja yang pernah membuka internet pasti akan pernah mengalami hal semacam ini. Apalagi jika tingkat mengganggunya itu sangat maksimal, misalnya jika memakai perangkat ponsel, kita dipaksa untuk terus di halaman iklan tersebut dan tidak bisa menekan tombol kembali, dan yang paling parah adalah ponsel tiba-tiba bergetar dengan sendirinya. Tentunya hal itu sangat mengganggu sekali dan membuat kita tidak ingin mengakses situsnya lagi.

Lalu Apa Manfaatnya Fitur Acceptable Ads?

Fitur Acceptable Ads diciptakan untuk menampilkan iklan yang tidak mengganggu, namun tetap memblokir iklan yang mengganggu. Tak peduli kamu membuka website apa saja, maka iklan yang tidak mengganggu saja yang akan ditampilkan guna untuk menghargai konten kreator.

Sebab jika mengaktifkan AD Blocker tanpa mengaktifkan pula fitur Acceptable Ads ini, maka secara tidak sadar kamu tidak menghargai kreator dari website tersebut. Bahkan di situs-situs besar termasuk Youtube akan dimunculkan dialog popup bagi pengguna yang mengaktifkan AD Blocker supaya memikirkan ulang untuk menonaktifkan AD Blocker guna untuk menghargai konten kreator.

Secara keseluruhan, manfaatnya adalah memberikan respect terhadap kreator konten itu karena kamu juga terbantu dengan informasinya, kan? Sebab dari iklan itulah konten kreator dapat meraih penghasilan.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Adblock Plus untuk Situs Tertentu

Akhir Kata

Itulah tata cara dan penjelasan terkait mengaktifkan fitur acceptable ads di browser Opera. Siapa tahu fitur ini akan hadir di ekstensi pemblokir iklan kedepannya, karena itu sangat berpengaruh positif untuk perkembangan konten kreator di internet.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau barangkali kamu ingin menambah sesuatu yang lain terkait fitur ini, maka silakan bagikan itu di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *