Cara Install File MSIX di Windows Server 2019

Cara Install File MSIX di Windows Server 2019

Windows Server banyak dipakai untuk keperluan akses desktop secara remote, atau biasa disebut sebagai RDP. Dan sampai sekarang telah tersedia beberapa versi dari Windows Server, mulai dari 2000, hingga 2022 jika berdasarkan artikel ini dibuat.

Namun masih banyak pengguna di luar sana yang memakai versi 2019 karena tingkat kompatibilitas yang baik untuk kebanyakan program. Hingga pada akhirnya mereka bertemu dengan file MSIX yang tidak bisa dibuka, tentunya hal ini masih menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang.

Apa itu MSIX?

Jadi MSIX adalah format file yang digunakan oleh Microsoft untuk mendistribusikan aplikasi di Windows. Sebenarnya, file MSIX ini sudah didukung di Windows Server 2019 (LTSC) dengan Desktop Experience. Dengan begitu pengguna bisa mendistribusikan paket MSIX yang sama, baik di client maupun server. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai proses instalasi.

Normalnya, file MSIX sama halnya seperti file installer pada umumnya akan tetapi lebih modern serta diterapkan pada Microsoft Store. Dan seharusnya itu bisa dijalankan dengan meng-klik dua kali terhadap file tersebut.

Tetapi jika di Windows Server 2019, melakukan hal tersebut tidak akan membuat instalasinya berjalan, justru Windows bingung untuk membuka file dengan format itu bahkan meski program App Installer sudah terpasang pada sistem sekalipun.

Tutorial Menginstall File MSIX di Windows Server 2019

Sebelum menuju ke langkah-langkahnya, kamu harus tahu bahwa Microsoft Store tidak didukung penuh di Windows Server 2019. Jadi semua aplikasi dengan format MSIX harus dipasang menggunakan PowerShell. Dan karena Windows Server 2019 berbasis Windows 10, versi 1809, maka ia mendukung aplikasi yang memiliki versi target minimum build 17763 atau lebih rendah.

Proses instalasinya sebagai berikut:

  1. Buka Windows Powershell.
  2. Kemudian ketik perintah seperti ini:

    Add-AppPackage C:\NamaFile.msix

    Silakan ubah direktori file msix dengan sesuai.

  3. Kemudian tekan ENTER dan tunggu prosesnya selesai.

Apabila sekiranya muncul error terkait trust/signed, maka silakan buka Windows Settings > Update & Security For Developers. Kemudian pilih sebagai Developer Mode. Dan apabila sudah, silakan lakukan kembali langkah di atas untuk menginstall file MSIX tersebut.

Batasan API dan Framework pada Windows Server 2019

Windows Server 2019 memang berdasarkan Windows 10, akan tetapi banyak hal yang tidak bisa dilakukan. Ya karena kegunaannya sebagai server, jadi berbeda apabila dibandingkan dengan versi Windows yang kamu pasang sekarang. Salah satunya adalah tidak mendukung Microsoft Store.

Walau Microsoft Store dapat dipasang secara manual, akan tetapi masih ada beberapa API dan framework yang tidak tersedia, seperti Microsoft Advertising, Geolocation, Cortana Search, dan In-app purchase. Jadi, pastikan aplikasi yang ingin kamu instal tidak membutuhkan API atau framework tersebut ya!

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Hapus Aplikasi di PC

Kesimpulan

Pemasangan file MSIX pada Windows Server 2019 hanya bisa dilakukan menggunakan PowerShell. Prosesnya cepat, akan tetapi jika file instaler menolak, memungkinkan masalahnya ada pada proses signing, sehingga harus mengaktifkan Developer Mode terlebih dahulu supaya instalasi berjalan lancar.

Sekalipun terlihat rumit, namun sebenarnya cukup mudah jika kamu sambil mengikuti langkah-langkah dengan benar. Apabila ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial di atas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *