≡ Menu

Cara Mengubah Akun Google di Ponsel Android

Cara Mengubah Akun Google di Ponsel Android

Akun Google memiliki banyak peranan untuk ponsel Android, salah satunya seperti mengakses Play Store, sehingga pengguna bisa mengunduh aplikasi atau permainan disana dengan mudah. Tapi pada dasarnya pengguna juga bisa lho menambahkan banyak akun Google pada satu ponsel.

Tapi memiliki banyak akun kadang bingung ketika hendak memilih salah satu yang sering dipakai, khususnya ketika hendak login pada suatu game. Di ponsel Android pun juga disediakan fitur untuk beralih akun untuk suatu aplikasi, misalnya saat menggunakan Gmail, kamu bisa memilih akun mana yang ingin dibuka.

Berbeda cerita lagi apabila kamu baru saja membeli ponsel, dan akun Google yang tertaut pada ponsel itu tidak tahu passwordnya. Pastinya untuk mengamankan ponsel paling terbaik adalah mengubah akun Google tersebut dengan milik pribadi.

Tutorial Mengubah Akun Google di Android

Sebelum melakukan cara ini, pastikan kamu telah memiliki akun Google yang akan dipakai untuk menggantikan akun yang ada di ponselnya saat ini. Jika belum, silakan daftar terlebih dahulu melalui website Gmail.

Hanya 2 langkah yang perlu kamu terapkan, dan kedua itu sangat mudah untuk dilakukan. Langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini, mulai dari yang pertama.

1. Keluarkan Akun Google yang Lama

Apabila kamu tidak mengenali akun Google yang ada di ponsel, sebaiknya untuk mengeluarkan terlebih dahulu. Inilah inti dari mengubah akun Google saat ini, jadi tidak bisa langsung mengubahnya saja, dan harus mengeluarkannya terlebih dahulu akun yang lama.

Untuk mengeluarkannya, berikut caranya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Klik menu Akun.
  3. Pilih Google.
  4. Kemudian ketuk pada alamat email yang ingin dikeluarkan.
  5. Lalu pilih opsi Hapus Akun.
  6. Jika tampil peringatan, silakan ketuk Hapus Akun sekali lagi.

Menghapus akun yang dimaksudkan disini hanyalah mengeluarkan, jadi tak perlu khawatir karena ini sama halnya seperti melakukan logout saja.

2. Menambahkan Akun Google yang Baru

Setelah mengeluarkan akun, kini kamu bisa menggantinya dengan akun yang baru. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Klik Menu Akun.
  3. Kemudian ketuk menu Tambah Akun.
  4. Lalu silakan pilih opsi Google.
  5. Setelah itu masukkan alamat email yang ingin kamu tambahkan dan ikuti intruksinya.

Untuk menambahkan akun, tentunya membutuhkan koneksi internet yang stabil supaya prosesnya berjalan lancar. Dan ketika akun telah ditambahkan, disaat itulah kamu berhasil mengubah akun Google yang lama dengan yang baru.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kode Unik Akun Google di Android

Kesimpulan

Sangat penting untuk mengeluarkan akun Google yang dirasa tak dikenali untuk melindungi privasi terhadap aktivitas pengguna di ponsel. Sebab akun Google pun dapat mendeteksi beberapa aktivitas di ponselnya, seperti lokasi, kapan terakhir aktif, dan lain-lain.

Jadi untuk mengubahnya, kamu harus mengeluarkan akun Google yang lama dan kemudian memasukkan akun yang baru. Sebab tidak ada fitur di ponsel Android yang bisa langsung mengubah akun Google secara langsung. Jadi satu-satunya cara saat ini adalah melakukan kedua langkah diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap