Cara Menggunakan Proxy Server di Windows 11

Cara Menggunakan Proxy Server di Windows 11

Layaknya VPN, Proxy Server bisa dibilang merupakan perantara antara pengguna dan internet. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan saat terhubung dengan Proxy. Misalnya ketika ingin menyembunyikan alamat IP, entah sekedar untuk perlindungan privasi, hingga ingin mengakses website yang diblokir oleh ISP yang digunakan.

Yang membedakan VPN dengan Proxy adalah tingkat enkripsinya. Walau keduanya sama bagusnya, tetapi VPN masih unggul lebih jauh. Selain itu, Proxy hanya memiliki dua jenis protokol saja, yaitu HTTP dan SOCKS. Di artikel ini, saya ingin membagikan tata cara menggunakan Proxy Server di Windows 11.

Tutorial Memakai Proxy Server di Windows 11

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Proxy Server di Windows 11:

  1. Buka Pengaturan Windows.

    Buka Pengaturan Windows

  2. Selanjutnya menuju menu Jaringan Internet > Proxy.

    Mengatur Proxy Server di Windows 11

  3. Pada bagian Konfigurasi Proxy Manual, klik pada tombol Siapkan.

    Konfigurasi Proxy Manual di Windows 11

  4. Aktifkan pada opsi Gunakan Server Proksi.

    Mulai Mengaktifkan Proxy Server di Windows 11

  5. Isikan informasi host dan port dari proxy yang telah disiapkan.
  6. Hingga pada akhirnya klik tombol Simpan.

Jika proxy yang kamu pakai berstatus publik, pastinya alamat IP perangkat kamu akan langsung mengikuti sesuai proxy server yang dipakai. Sedangkan apabila proxy tersebut berstatus pribadi, maka nantinya akan membutuhkan dialog autentikasi tambahan berupa username dan password.

Dan sebagai informasi tambahan, Untuk saat ini Windows 11 hanya mendukung jenis proxy HTTP, jadi untuk SOCKS4 dan SOCKS5 masih tidak didukung, tapi kamu bisa menggunakan program lain untuk menjalankan jenis proxy tersebut.

Menggunakan Proxifier (Alternatif)

Proxifier merupakan program pengelola proxy yang pintar dan memiliki fitur yang sangat lengkap. Pada tahun 2016 lalu sudah pernah saya jelaskan di Blog Second terkait program ini, dan tampaknya sampai sekarang pun fungsionalnya masih sama.

Terdapat fitur Profile yang bisa kamu buat di Proxifier untuk mengelola banyak proxy dalam satu tempat. Jadi tak cuma HTTP saja, tapi SOCKS juga didukung dengan baik, dan kamu bebas bergonta-ganti proxy sesuka hati, karena ada fitur profil yang memudahkan kamu dalam melakukan itu.

Selain itu, ada pun fitur filter yang bernama Proxification Rules, di mana kamu bisa membatasi host, ip, atau aplikasi mana yang di blacklist atau whitelist dalam memakai proxy.

Proxifier bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengelola proxy, dan program ini gratis untuk digunakan. Jika kamu tertarik ingin mencobanya, silakan download melalui situs resminya.

Baca juga: Cara Membuat Proxy Server Publik di Android

Kesimpulan

Windows sudah sejak lama menyediakan fitur untuk menggunakan Proxy Server. Dengan tampilan yang simpel, memudahkan pengguna untuk mulai memakai proxy tanpa ribet. Sedangkan jika ingin mengelola proxy secara advanced, sangat disarankan untuk menggunakan program alternatif, yaitu Proxifier.

Apabila ada sesuatu yang ingin kamu tanyakan terkait tutorial di atas, silakan buka kolom komentar dan tuliskan langsung terkait pertanyaannya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *