Cara Bayar Listrik Melalui DANA

Cara Bayar Listrik Melalui DANA

Bayar tagihan listrik bisa menjadi tugas yang merepotkan bagi banyak orang. Tak jarang kita lupa membayar sampai ada denda yang membuat total tagihan menjadi lebih tinggi. Tapi jangan khawatir, karena ada solusi praktis dalam membayar tagihan listrik melalui aplikasi DANA.

DANA adalah sebuah aplikasi dompet digital yang memudahkan transaksi nontunai dan nonkartu. Tak hanya bisa dipakai untuk membayar tagihan listrik, namun juga bisa digunakan untuk membayar banyak hal secara online.

Nah di artikel ini, saya ingin menjelaskan bagaimana cara membayar tagihan listrik melalui aplikasi DANA. Jika ini merupakan kali pertamanya kamu melakukannya, maka tidak perlu ragu, karena cara ini sangat mudah sekali untuk diterapkan.

Langkah Praktis Membayar Tagihan Listrik Melalui DANA

Tanpa menunggu lama lagi, berikut ini tata caranya:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Ketuk menu Listrik.

    Ketuk Menu Listrik

  3. Setelah itu pilih jenis tagihan listriknya, antara Prabayar atau Pascabayar.

    Pilih Jenis Tagihan Listrik

  4. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran.
  5. Maka informasi tagihan akan tampil, silakan ketuk tombol KONFIRMASI.

    Ketuk tombol Konfirmasi

  6. Dan dialog konfirmasi akan muncul, langsung saja ketuk tombol BAYAR.

    Ketuk Tombol Bayar

  7. Selanjutnya masukkan PIN akun DANA kamu.

    Memasukkan PIN Akun DANA

  8. Selesai, pembayaran listrik telah berhasil.

    Membayar Tagihan Listrik Melalui Aplikasi DANA

Sebagai tambahan, jika pada menu utama tidak ada menu Listrik, silakan ketuk pada opsi Lihat Semua, maka nantinya akan muncul menu listrik.

Proses pembayaran listrik akan berlangsung instan tanpa ada delay. Sehingga ketika pembayaran telah berhasil, maka tidak akan ada tagihan lagi meski di cek menggunakan layanan pembayaran, baik di aplikasi PLN sekalipun.

Sebagai tambahan dan juga pengingat, tagihan akan muncul setiap tanggal 1 awal bulan, dan batas membayar adalah tanggal 20. Jika melewati itu, maka akan ada denda yang mana muncul pada informasi tagihan. Tentunya semakin lama tagihan tidak dibayar, semakin besar pula denda yang akan didapatkan.

Biaya Admin Membayar Listrik Lewat DANA

Untuk biaya admin di aplikasi DANA tergolong murah, yaitu Rp1.500 saja. Dan bahkan terkadang ada diskon untuk membayar listrik yang mana pastinya membuat biaya admin lebih murah atau bahkan gratis.

Jika kamu memiliki voucher rewards, silakan dibuka saja, karena barangkali terdapat voucher berupa diskon untuk membayar tagihan listrik dengan nominal yang lumayan tinggi. Dari pengalaman saya, terakhir kali mendapat diskon 5 ribu rupiah.

Baca juga: Solusi Flip Bermasalah: Dana Tidak Dikirim ke Rekening Tujuan

Kesimpulan

Aplikasi DANA memberikan kemudahan kepada seluruh pengguna dalam membayar berbagai hal secara online, termasuk tagihan listrik. Proses pembayarannya cepat dan tidak menunggu lama, jadi cukup tap-tap di layar saja dan pembayaran sudah dapat dilakukan tanpa perlu keluar rumah lagi. Apabila kamu memiliki pertanyaan tentang langkah-langkah di atas, silakan tuliskan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *