Cara Mengatasi Tidak Bisa Hapus Aplikasi di PC

Cara Mengatasi Tidak Bisa Hapus Aplikasi di PC

Aplikasi atau program yang ada di komputer atau laptop akan selalu bertambah untuk memenuhi kebutuhan. Namun pastinya terdapat beberapa aplikasi yang mungkin sudah tidak lagi digunakan, sehingga cara terbaik untuk menghemat penyimpanan sistem adalah menghapusnya.

Penghapusan aplikasi pada dasarnya sangatlah mudah dan cepat. Ini dapat dilakukan melalui Windows Settings, tepatnya dibagian menu Apps. Tetapi ada kalanya aplikasi tersebut terus gagal untuk dihapus atau di-uninstall, dan pastinya terdapat beberapa penyebab yang membuat masalah ini terjadi.

Salah satu penyebab yang biasa terjadi adalah terdapat proses dari aplikasi tersebut yang masih berjalan. Adapun masalah dimana program untuk menghapus aplikasi tersebut mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa diteruskan untuk penghapusan.

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Menghapus Aplikasi di PC

Jadi ada beberapa solusi yang akan saya bahas untuk mengatasi aplikasi yang tak bisa dihapus di komputer maupun laptop. Jika kamu mengalami masalah yang serupa, tentunya sangat cocok sekali untuk masuk ke halaman ini. Dan silakan lakukan langkah ini mulai dari yang pertama supaya hasilnya efektif.

1. Restart PC

Cara paling termudah adalah me-restart perangkat komputer atau laptop sebelum menghapus kembali aplikasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghentikan segala proses yang mungkin sedang berjalan sehingga sistem menolak untuk menghapus aplikasinya.

Setelah di-restart, kamu bisa langsung mencoba menghapusnya kembali dan lihat hasilnya. Apakah kini aplikasi tersebut berhasil dihapus?

2. Menggunakan Program Uninstaller

Cara selanjutnya adalah memakai bantuan program untuk menghapus aplikasi. Salah satunya yang gratis adalah Revo Uninstaller. Fungsional dari program tersebut adalah mampu menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

Jadi ada fitur Forced Uninstall yang bertujuan untuk menghapus aplikasi atau program menggunakan cara lain tanpa harus menggunakan file uninstall.exe yang ada pada aplikasi tersebut.

Sederhananya, program uninstaller dapat menghapus suatu aplikasi sampai ke akar. Jadi tak hanya menghapus dari sisi drive saja, melainkan juga pada Windows Registry yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Mencari File Berukuran Besar di Windows 10

3. Menghapus Aplikasi dari Safe Mode

Safe mode merupakan satu-satunya cara paling ampuh untuk menghapus suatu file atau aplikasi tanpa terganggu oleh program lain. Jadi pada Safe Mode terdapat pembatasan tersendiri, dimana sistemnya hanya berjalan pada proses minimal.

Sehingga aplikasi atau program lain yang biasanya berjalan langsung pada saat startup akan ditiadakan. Dan pada mode ini, kamu bisa menjalankan atau menghapus suatu aplikasi dengan mudah.

Jadi silakan masuk ke safe mode terlebih dahulu, kemudian cobalah untuk menghapus aplikasi yang sulit terhapus itu. Jika sebelumnya masalah disebabkan karena adanya program yang mencegah proses penghapusan, maka pastinya di safe mode proses penghapusan ini akan lancar.


Tiga cara diatas dapat kamu coba mulai dari yang pertama, sebab langkah dari awal yang paling termudah untuk dilakukan. Jika menurut saya, langkah ke-dua saja sudah sangat ampuh untuk menghapus aplikasi sampai ke akarnya. Jadi tidak sampai mencoba langkah ke-tiga pasti masalah sudah kelar.

Kamu juga harus tahu, bahwa sebagian aplikasi memiliki file uninstall tersendiri. Sebagai contohnya seperti antivirus, dimana terkadang file uninstallernya terpisah yang memungkinkan pengguna dapat menghapus secara penuh termasuk driver yang pernah ditambahkan.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang solusi yang dibagikan diatas, atau mungkin kamu memiliki solusi lain kecuali diatas, sangat dipersilakan untuk membagikan itu pada kolom komentar dibagian bawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.