Solusi Flip Bermasalah: Dana Tidak Dikirim ke Rekening Tujuan

Solusi Flip Bermasalah: Dana Tidak Dikirim ke Penerima Tujuan

Flip merupakan aplikasi layanan pengiriman uang antar bank yang sangat mudah untuk digunakan. Bagian terbaik saat menggunakan aplikasi ini adalah tidak ada biaya admin sama sekali untuk mengirim uang ke beda bank sekalipun, selama bank itu didukung oleh Flip. Namun suatu masalah bisa terjadi kapan saja, bahkan meski pada aplikasi ini.

Seperti salah satu masalah yang saya alami, yaitu dana tidak kunjung dikirim ke rekening tujuan meski sudah menunggu lebih dari 1 jam. Dan setiap masalah pasti memiliki solusi, sehingga saya buat artikel ini berdasarkan pengalaman saya sendiri untuk membantu pengguna lain yang mengalami masalah serupa supaya cepat teratasi.

Kronologi Masalah

Pada hari itu saya ingin membayar tagihan listrik lewat Tokopedia dan metode pembayarannya menggunakan Mandiri VA. Niat awalnya ingin membayar langsung lewat aplikasi DANA pakai metode kirim bank, akan tetapi uangnya ngepas banget sehingga tidak cukup buat bayar biaya admin. Sehingga muncullah gagasan untuk membayar lewat Flip.

Proses transfer di aplikasi DANA ke rekening Flip berjalan normal, akan tetapi masalahnya pada aplikasi Flip saldo tersebut belum terdeteksi, sehingga setelah menunggu 10 menit saya diminta untuk mengunggah foto bukti transfer. Jadi saya unggah bukti transfer screenshot transaksi di DANA.

Sekitar 10 menit kemudian bukti transfer ditolak dan meminta saya untuk mengunggah kembali. Jadi mulai dari sini saya menghubungi layanan support Flip melalui aplikasi, dan selang beberapa menit kemudian CS menjawab dan membantu mengatasi masalah ini.

Proses Mengatasi Saldo Tersangkut di Flip

Pada kondisi di mana saya menghubungi CS Flip, prosesnya tidak bisa dikatakan langsung mulus, karena ada drama yang terjadi. Dari awal saya mulai menjelaskan sesuai kronologi di atas dan memberikan ID Transaksi di aplikasi Flip, dan mereka menegaskan bahwa pengiriman lewat dompet digital memang tidak disarankan.

Konversasi CS Flip

Dari sini saya anggap masalahnya ada di sisi aplikasi DANA, tapi ternyata bukan. Jadi masalahnya bukan dari Flip ataupun dari DANA, dan itulah yang menjadi misteri pada drama ini.

CS Flip mulai memberikan opsi untuk mengembalikan saldo DANA saya dengan melakukan intruksi sesuai yang diberikan. Berikut ini intruksinya:

CS Flip Memberikan Intruksi Refund

Saya ikuti intruksi tersebut dan menunggu setidaknya 1 jam untuk proses pengecekkan. Tapi pada akhirnya, hasilnya mengecewakan. Sebab tim Flip tidak bisa menemukan adanya transaksi dan menolak proses refund tersebut. Nah dari sini saya mulai mengetahui permasalahannya.

Misteri Terpecahkan

Bukan Flip dan DANA yang menyebabkan masalah, ternyata itu disebabkan dari Bank Mandiri yang mengalami trouble sehingga terjadi delay pada transaksi. Pihak Flip pun mulai menyadari dan menambahkan info ini di bawah opsi refund yang saya lakukan sesuai intruksi dari CS.

Bukti Kendala pada Bank Mandiri

Hingga pada akhirnya saldo yang di-refund telah berhasil diterima. Total waktu yang dihabisan untuk menyelesaikan masalah ini sekitar 10 jam. Saya tidak menyalahkan pihak manapun selama masalah ini sudah terindikasi tuntas.

Jika kamu mengalami masalah yang sama, saya menyarankan untuk segera menghubungi CS lewat aplikasi Flip. Namun apabila kondisinya darurat, silakan hubungi langsung lewat panggilan telepon.

Mungkin kamu tertarik: Cara Daftar Flip dan Verifikasi Akun

Kesimpulan

Flip tidak menyarankan pengiriman uang menggunakan layanan pihak ketiga seperti dompet digital, itu mungkin karena jika terjadi masalah sejenis ini, maka prosesnya lama untuk di-identifikasi letak permasalahannya. Seperti kasus yang saya alami ini.

Tapi bagaimanapun juga, layanan support Flip telah melakukan tindakan yang baik dalam memberikan opsi untuk melakukan refund selama ada bukti transaksi yang telah diperiksa oleh tim investigasi. Jadi pada akhirnya tidak ada pihak manapun yang dirugikan.

Layanan support Flip juga tersedia di sosial media, akan tetapi menurut saya responnya lebih cepat di dalam aplikasi atau lewat panggilan telepon.

Mungkin itu saja pengalaman yang dapat saya berikan kali ini. Semoga pengguna lain yang mengalami masalah yang sama agar cepat terlesaikan juga.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *