Solusi Voucher DANA A+ Rewards Tidak Bisa Digunakan

Solusi Voucher DANA A+ Rewards Tidak Bisa Digunakan

DANA memiliki fitur bernama A+ Rewards, itu merupakan layanan kerja sama dengan Aliyun yang disuguhkan kepada para pengguna setia DANA untuk menikmati beragam produk dengan harga miring. Salah satu produk yang paling laris di sana adalah voucher.

Voucher yang ditawarkan dapat berupa pulsa, tagihan, dan sebagainya. Sementara itu, tujuan pengguna untuk membeli voucher ini adalah untuk menghemat biaya transaksi meski potongannya hanya sedikit. Tetapi bagaimana jika sudah membeli vouchernya tapi voucher tersebut tidak bisa digunakan? Tentu ini akan menjadi masalah tersendiri, apalagi jika harga vouchernya tergolong tinggi.

Beberapa hari yang lalu, saya pun juga mengalami masalah ini, di mana voucher dari A+ Rewards tak dapat dipakai sama sekali alias tidak memotong biaya transaksi sekalipun. Tentunya masalah semacam ini dapat merugikan para konsumen. Tapi syukurlah ada titik terang, di mana saya telah berhasil mengatasi masalahnya. Untuk itu, saya buat artikel ini untuk membantu pengguna lain yang mengalami masalah serupa.

Mengatasi Voucher DANA A+ Rewards Tak Dapat Digunakan

Ada beberapa tahapan yang saya lakukan pada saat itu, dan secara total menghabiskan kurang lebihnya satu minggu prosesnya sampai masalahnya tuntas. Jadi langsung saja simak mulai dari solusi yang pertama.

1. Redeem Voucher Supaya Bisa Digunakan

Setelah membeli voucher di A+ Rewards, voucher tersebut tidak akan langsung bisa digunakan, tetapi harus di-redeem terlebih dahulu. Untuk melakukan redeem, bisa menuju halaman My Rewards > Voucher di A+ Rewards.

Tempat untuk Redeem Voucher DANA A+ Rewards

Nah ketika sudah di-redeem, maka pengguna bisa meneruskan untuk melakukan pembelian di DANA sesuai jenis vouchernya. Setelah itu voucher akan langsung terpakai dan memotong total biaya pada halaman konfirmasi pembayaran. Namun apabila voucher masih tidak bisa digunakan, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

Artikel terkait: Cara Bayar Listrik Melalui DANA

2. Memastikan Kembali Syarat dan Ketentuan Voucher

Hal kedua yang perlu dipahami adalah syarat dan ketentuan voucher yang berlaku. Sebenarnya ini harus dibaca sesaat sebelum membeli voucher tersebut supaya tidak sampai salah dalam membeli. Jadi di setiap voucher selalu memiliki S&K yang berbeda, salah satunya adalah minimal nominal transaksi untuk bisa menggunakan voucher tersebut.

Sebagai contohnya untuk voucher 50 ribu, pengguna diharuskan untuk menggunakannya untuk transaksi di atas 80 ribu. Jika kurang dari itu, maka voucher tidak akan bisa digunakan. Jadi syarat ini sangat penting untuk dibaca sebelum membeli voucher.

Tetapi apabila sudah mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku namun voucher masih tidak bisa dipakai, langsung saja lanjut ke solusi berikutnya.

3. Hubungi Customer Service DANA Wallet

Jika sampai solusi ke-dua masih belum mengatasi masalahnya, berarti kita berada di masalah yang serupa. Di mana kejadian ini disebabkan karena masalah teknis, sehingga voucher tidak ter-apply ketika transaksi berlangsung, bahkan meski sudah mengikuti syarat dan ketentuan dari voucher tersebut.

Solusi yang bisa saya berikan adalah menghubungi pihak CS DANA melalui asisten digitalnya, yaitu Diana. Asisten robot tersebut akan membuatkan tiket laporan yang nantinya akan diteruskan ke agent untuk ditindaklanjuti.

Prosesnya sendiri memakan waktu yang menurut saya tergolong lama. Dari pengalaman saya sendiri adalah seminggu sampai akhirnya mendapatkan refund berupa cashback terkait kendala ini. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 19 saya membeli voucher 50 ribu di A+ Rewards pada malam hari, dan niatnya ingin saya pakai untuk membayar listrik pada hari itu juga.

Histori Pembelian Voucher DANA di A+ Rewards

Kemudian voucher tersebut tidak bisa digunakan sama sekali, bahkan meski sudah saya coba berulang kali tapi hasilnya nihil. Untuk nominal pembayaran listrik sebesar 150 ribu yang mana itu sudah lebih dari syarat yang dibutuhkan vouchernya.

Transaksi Pembayaran Listrik Tanggal 19 Dibatalkan Berkali-Kali Akibat Voucher Tidak Bisa Digunakan

Tanggal 20 saya coba lagi, tapi masih tidak bisa dan akhirnya saya memutuskan untuk membayar listrik tanpa ada potongan voucher tersebut. Karena kondisinya hampir lupa bayar dan jika membayar di atas tanggal 20 pasti kena denda dari PLN, jadi apa boleh buat.

Transaksi Pembayaran Listrik Tanpa Memakai Voucher DANA

Setelah itu saya menghubungi Tim CS DANA dan langsung dibuatkan laporan tiket oleh asisten digital (Diana). Kemudian agen CS membalas dan mengatakan bahwa vouchernya masih tersedia untuk digunakan dan minimal transaksinya harus 80 ribu. Lalu saya respon kembali bahwa pada tanggal 20 vouchernya tidak bisa dipakai dan saya meminta mereka untuk mengecek histori transaksi pembayaran listrik.

Respon Tim CS DANA
Pertanyaan Saya ke Tim CS DANA

Tiga hari kemudian laporan saya diteruskan ke Tim Resolusi, dan sehari setelahnya saya mendapatkan cashback 25 ribu sebanyak dua kali untuk penggantian voucher yang tidak bisa dipakai tersebut. Dan pada akhirnya masalahnya sudah tuntas.

Cashback Diberikan oleh Tim CS DANA untuk Penggantian Voucher yang Tidak Bisa Dipakai

Kesimpulan

Ada tiga penyebab voucher DANA tidak bisa dipakai, yang pertama adalah akibat voucher belum di-redeem, kedua adalah karena transaksi tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, dan yang ketiga adalah masalah teknis dari sistem DANA itu sendiri.

Jadi apakah masalah voucher kamu kini sudah tuntas? Atau mungkin terdapat masalah serupa namun sukar untuk diselesaikan? Sangat dipersilakan untuk membagikan juga di kolom komentar untuk dibahas bersama-sama.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *