≡ Menu

Cara Bayar Listrik PLN Online Tanpa Biaya Admin

Cara Bayar Listrik PLN Secara Online Tanpa Biaya Admin

Sekarang ini banyak sekali website atau aplikasi untuk membayar tagihan listrik secara online dengan proses yang instan, akan tetapi terdapat biaya admin yang bervariasi pada masing-masing website atau aplikasi tersebut. Yang mana rata-rata adalah sekitar Rp 2000.

Tapi sebenarnya ada kok cara untuk membayar tagihan listrik tanpa perlu biaya admin tambahan, jadi total yang dibayarkan akan sesuai dengan jumlah tagihan yang dibebankan. Dan disini akan Saya bagikan cara untuk melakukannya.

Membayar listrik tanpa biaya admin bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah melalui aplikasi PLN Mobile, dan yang kedua adalah menunggu adanya promo diskon biaya admin pada suatu website/aplikasi.

Bayar Tagihan Listrik di PLN Mobile Tanpa Biaya Admin

Aplikasi PLN Mobile bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik dengan mudah. Dan kelebihan lainnya adalah pengguna bisa membayar tanpa perlu mengeluarkan biaya admin tambahan, namun opsi ini hanya berlaku untuk metode pembayaran tertentu.

Dari pengalaman saya sendiri, metode pembayaran yang mendukung bebas biaya admin adalah Mandiri VA. Dan apabila kamu tidak memiliki rekening Mandiri, silakan gunakan aplikasi dompet online seperti DANA Wallet untuk membayarnya.

Kadang saya menggunakan aplikasi DANA untuk men-transfer ke virtual account Mandiri tanpa ada biaya transfer. Sebab DANA memberikan akses gratis transfer ke rekening bank sebanyak 10 kali setiap bulannya.

Langkah-langkah untuk membayar tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile juga cukup mudah, berikut ini langkahnya:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Ketuk pada ID Pelanggan atau Nomor Meter.
  3. Setelah itu pada opsi Tagihan, silakan ketuk tombol Bayar.
  4. Kemudian pilih metode pembayaran Mandiri VA.
  5. Setelah itu silakan bayar ke nomor virtual account yang tertera pada layar dan sesuai nominal yang tertulis disana.
  6. Jika sudah dibayar, kamu akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi PLN Mobile bahwa tagihan telah berhasil dibayar.

Sudah beberapa bulan saya menggunakan cara ini dan alhasil tidak pernah membayar biaya admin sekalipun.

Oh iya, kamu juga perlu untuk mendaftar akun terlebih dahulu di aplikasi PLN Mobile supaya bisa melakukan langkah diatas. Dan tidak perlu untuk melakukan verifikasi tambahan apabila hanya dipakai untuk sekedar membayar tagihan. Jadi setelah daftar, silakan tambahkan ID Pelanggan atau nomor meteran, kemudian cek tagihannya dan bayar.

Melalui Promo Diskon Bebas Biaya Admin untuk Pembayaran Tagihan Listrik

Baik di aplikasi dompet online ataupun di suatu situs yang menyediakan jasa untuk pembayaran listrik, terkadang mereka memberikan diskon terbatas berupa bebas biaya admin. Contohnya seperti di situs marketplace, sejenis Tokopedia.

Di aplikasi dompet online seperti DANA Wallet juga pernah menyediakan promo ini dalam waktu terbatas. Kamu bisa mengikuti update di akun sosial media situs-situs pembayaran tagihan listrik supaya tidak kelewatan promo ini.

Baca juga: Cara Beli Pulsa dengan Saldo Perfect Money

Kesimpulan

Membayar tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile bisa dilakukan tanpa perlu membayar biaya admin tambahan, akan tetapi opsi tersebut hanya berlaku pada metode pembayaran Mandiri VA saja. Dan tidak menutup kemungkinan bebas biaya admin tersebut juga diterapkan pada metode pembayaran yang lainnya suatu saat nanti.

Sementara itu kamu juga bisa mendapatkan promo diskon bebas biaya admin pada suatu situs web yang menyediakan layanan pembayaran listrik, namun ketahui bahwa promo-promo tersebut biasanya terbatas dan hanya ada sekali dalam setiap bulannya.

Jadi cara mana yang akan kamu pilih? Jika saya sih tetap menggunakan aplikasi PLN Mobile karena kemudahan dalam transaksinya, serta tidak perlu menunggu adanya promo-promo lagi. Dan jika kamu memiliki pertanyaan mengenai cara-cara diatas atau mungkin tambahan lain, silakan tuliskan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap