Mengatasi “Terlalu Banyak Melakukan Pengecekan” di DANA

Mengatasi Kamu Terlalu Banyak Melakukan Pengecekan di DANA

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi DANA kan? Aplikasi ini memang sangat membantu dalam melakukan transaksi secara mudah. Seperti membeli pulsa, membayar tagihan, atau bahkan membayar suatu produk secara offline menggunakan fitur QRis.

Namun ada masalah yang kadang dialami oleh pengguna, yaitu muncul pesan “kamu terlalu banyak melakukan pengecekkan“. Dan notif tersebut muncul ketika pengguna hendak menambahkan rekening bank untuk men-transfer uang. Tapi tak usah khawatir, karena di sini akan saya bagikan solusi mengatasinya.

Mengapa Muncul Pesan “Kamu Terlalu Banyak Melakukan Pengecekan”?

Pada umumnya pesan ini tampil karena akun kamu sedang terkena limit atau batasan dalam mengecek suatu rekening. Tetapi hal ini juga bisa disebabkan dari kesalahan sistem sementara, seperti yang saya alami juga sebelumnya.

DANA memberi batasan ini kemungkinan supaya fiturnya tidak disalah gunakan. Entah itu hanya sekedar mengecek nama pemilik rekening, atau hal-hal lainnya. Dan jika kamu merasa tidak sering menggunakan fitur tersebut, alias hanya beberapa kali dalam sehari, maka harusnya masalah ini tidak terjadi. Namun apabila terjadi, hal tersebut sangat dipastikan kendalanya dari sisi sistem DANA itu sendiri.

Solusi Mengatasinya

Ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah ini. Ini tidak sulit untuk dilakukan, dan kamu bisa melakukannya dengan cepat. Berikut ini beberapa solusi tersebut:

1. Menunggu 5 Menit dan Coba Lagi

Pernah tahu sistem mengalami overload? Hal tersebut bisa saja terjadi pada DANA atau aplikasi e-wallet lainnya. Jadi pada saat sistem kelebihan kapasitas, hal ini akan membuat sistem tersebut tidak normal dan berpotensi munculnya kesalahan pada sisi pengguna.

Solusinya adalah menunggu sedikitnya 5 menit. Itu tidak lama kan? Hanya menunggu supaya sistemnya kembali normal dan segalanya dapat dilakukan lagi dengan lancar. Saya paham jika seseorang butuh untuk segera mengirimkan uang, dan menunggu 5 menit sepertinya tidak terlalu lama, berbeda jika menunggu selama 5 jam.

2. Gunakan DANA Versi Terbaru

Siapa tahu kamu saat ini sedang memakai aplikasi DANA versi lawas sehingga kendala tersebut sering muncul. Itu karena masalah tersebut sudah diperbaiki pada versi terbaru. Jadi jangan lupa untuk mengecek pembaruan terhadap aplikasi DANA dan segera perbarui jika ada.

3. Hapus Riwayat Rekening yang Tersimpan

Pada dasarnya DANA tidak membatasi seberapa banyak riwayat rekening yang tersimpan. Akan tetapi cobalah untuk menghapus beberapa, misalnya 3 atau 5 dan setelah itu cobalah untuk mengecek kembali. Hal ini pernah saya terapkan dan memang berhasil.

4. Menghubungi Customer Service

Anggap saja solusi ke-empat ini sebagai tambahan apabila ketiga solusi di atas tidak berhasil. Karena jika ketiga cara di atas sudah dilakukan, itu tandanya kamu telah menghabiskan total sekitar 15 menit untuk mengatasi ini. Jadi solusi terakhir adalah menghubungi customer service DANA.

Kamu bisa menghubungi mereka melalui fitur live chat yang tersedia di dalam aplikasi. Berdasarkan pengalaman saya, mereka merespon cukup cepat tergantung dari antrian. Cukup tanyakan mengapa selalu muncul notif “kamu terlalu banyak melakukan pengecekkan” dan setelah itu mereka akan memberikan solusinya.

Baca juga: Solusi Verifikasi DANA Premium Gagal Akibat Foto KTP Buram

Kesimpulan

Pesan “kamu terlalu banyak melakukan pengecekkan” terkadang muncul pada saat pengguna hendak mengirim uang ke bank, atau tepatnya di saat menuliskan rekening bank tujuan. Normalnya hal ini disebabkan karena akun terkena batasan sementara, namun masalah ini bisa juga terjadi akibat sistem mengalami overload.

Beberapa solusi singkat di atas dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini. Dan terdapat pula solusi tambahan pada langkah ke-4 apabila sekiranya membutuhkan opsi cepat dalam mengirimkan uang, contohnya ketika kondisi sedang darurat.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *