Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Facebook

Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Facebook

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, media sosial seperti Facebook menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat. Namun terkadang postingan yang disarankan oleh Facebook menjadi salah satu hal yang mengganggu dan membuat kita merasa risih ketika selalu melihatnya. Oleh karena itu, kita perlu tahu cara untuk menghilangkannya.

Pasti sudah bosan kan dengan postingan yang bersifat mengganggu tersebut? Entah itu foto cewek vulgar, judai, atau hal-hal yang tidak kita inginkan. Padahal kamu sudah mencoba untuk menghilangkannya tapi tetap saja muncul lagi dan lagi. Tapi jangan khawatir, kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkannya dengan mudah dan juga praktis.

Mengapa Facebook Menyarankan Postingan ke Pengguna?

Sebelum membahas tentang cara menghilangkannya, mungkin kamu perlu untuk memahami terkait fitur ini. Jadi Facebook memiliki sistem yang akan menyarankan suatu postingan berdasarkan minat kamu di internet. Ini nyaris sama seperti postingan yang berupa sponsor, akan tetapi merujuk pada postingan yang katakanlah sedang viral atau sering diperbincangkan.

Rata-rata postingan yang disarankan memiliki jumlah views yang banyak sehingga total like, react, dan juga komentar juga tinggi. Dan kebanyakan dari itu merupakan postingan dari sebuah halaman, alias bukan akun pribadi.

Nah jenis minat di Facebook ini diambil berdasarkan cookie yang dari suatu aplikasi atau web yang telah bekerja sama dengan Facebook dan yang kamu kunjungi baru-baru ini, sehingga sistem akan mem-personalisasi itu dan menampilkan konten yang sesuai dengan minat kamu.

Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Facebook

Untuk menghilangkannya tidak bisa terbilang instant. Ini membutuhkan proses setidaknya 10 kali untuk menyembunyikan postingan sejenis itu supaya dikecualikan pada minat. Tenang saja, karena untuk melakukannya sangatlah mudah, khususnya lewat aplikasi Facebook.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Klik opsi titik tiga pada postingan yang Disarankan untuk Anda.
  2. Kemudian pilih opsi Sembunyikan.
  3. Lakukan hal yang sama terhadap postingan yang disarankan lainnya.

Satu atau dua postingan yang disembunyikan tidak akan langsung membuahkan hasil, maka dari itu saya menyarankan untuk melakukannya setidaknya 10 kali atau lebih supaya postingan semacam itu menghilang dan tidak muncul kembali.

Jadi intinya kamu hanya perlu menyembunyikannya saja. Dan sisanya biarkan sistem yang menanganinya. Selama banyak postingan yang tidak sesuai minat disembunyikan, maka postingan semacam itu akan jarang ditemui pada beranda.

Hapus Data Personalisasi yang Tersimpan di Facebook

Ini merupakan cara tambahan yang bersifat opsional. Kegunaanya adalah menghilangkan segala cookie dari pihak ketiga yang masuk ke Facebook untuk mempersonalisasi minat kamu. Biasanya ini dipakai untuk keperluan iklan supaya sesuai, namun pengguna juga bebas untuk menghapusnya.

Untuk cara menghapusnya sudah pernah saya bahas pada artikel berjudul Tips Mencegah Facebook Membagikan Data Pribadi Kamu. Jadi saya rasa tidak perlu diulang di sini mengingat kamu bisa dengan mudah mengikuti langkah-langkahnya di artikel tersebut.

Kesimpulan

Menghilangkan postingan yang disarankan oleh Facebook dapat dilakukan dengan cara yang mudah, yakni dengan menyembunyikannya. Dengan menghilangkan postingan yang tidak diinginkan, tentunya hal ini akan membuat pengalaman menjelajahi Facebook lebih menyenangkan.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait tata cara di atas, langsung saja tuliskan itu pada kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *