Berapa Lama Komentar Facebook Diblokir?

Berapa Lama Komentar Facebook Diblokir?

Apakah komentar kamu sedang diblokir oleh Facebook? Jadi ketika melakukan komentar di postingan apapun akan muncul dialog yang menyatakan bahwa komentar sedang diblokir. Tapi jangan khawatir, karena ini merupakan pemblokiran otomatis yang dilakukan sistem.

Pemblokiran yang diterapkan oleh sistem Facebook bertujuan untuk meminimalisir adanya tindakan dari robot yang mengganggu kenyamanan pengguna lainnya (misalnya spam). Ketika sistem mendeteksi adanya tindakan yang mencurigakan, maka pemblokiran akan dilakukan dan pengguna akan mendapatkan informasi singkat terkait hal tersebut.

Nah yang menjadi pertanyaan adalah, kapan pemblokiran komentar ini berakhir? Karena penggunaan Facebook untuk masyarakat saat ini terbilang penting, sebab bukan hanya dijadikan wadah untuk menjalin pertemanan saja, tetapi juga untuk keperluan bisnis.

Kapan Pemblokiran Komentar Facebook Berakhir?

Dulu Facebook tidak memberikan informasi detail mengenai kapan pemblokiran ini berakhir. Namun semenjak sekitar tahun 2020 ke atas, sistem akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna dengan informasi seperti in “Anda telah diblokir dari memposting dan berkomentar selama 7 hari“.

Sedangkan jika tidak mendapatkan notifikasi seperti itu, maka lamanya Facebook memblokir komentar adalah sekitar 24 sampai 48 jam. Dalam waktu itu, yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu saja dan sistem akan secara otomatis melepas pemblokiran tersebut ketika waktunya telah berakhir.

Facebook juga memberikan opsi untuk mengajukan banding terkait pemblokiran yang tergolong lama. Itu bisa dilakukan melalui halaman Help Center > Support Inbox. Pengajuan banding ini tidak terbatas pada pemblokiran komentar saja, tapi juga untuk berbagai macam jenis pemblokiran. Dengan memberikan informasi yang detail kepada mereka (apabila kamu merasa tidak bersalah), itu akan membantu untuk mengatasi masalahnya lebih cepat.

Apa Penyebab Komentar Facebook Diblokir?

Indikasi komentar spam adalah yang paling sering dialami oleh banyak pengguna Facebook. Sebagai contohnya kamu berkomentar terlalu cepat, entah itu mengikuti challenge sesuai di postingan atau hal lainnya.

Kemudian adapun komentar yang dilaporkan karena bersifat sara, bullying, mengancam, dan sebagainya. Ketahuilah bahwa Facebook memiliki ketentuan terkait larangan terhadap komentar yang bersifat semacam itu.

Ketika mendapatkan notifikasi pemblokiran dari sistem, Facebook memberikan informasi singkat terkait komentar mana yang menyebabkan pemblokiran ini terjadi. Dari situ kamu bisa memantau, dan jika sekiranya kamu mengira itu adalah kesalahan sistem, maka silakan ajukan banding. Dan sebaliknya apabila kamu meyakini bahwa itu memang salah kamu, maka silakan tunggu sampai pemblokiran itu selesai, sebab itu adalah hukuman yang berlaku.

Baca juga: Cara Mencari Postingan di Facebook

Akhir Kata

Jadi sampai sini sudah paham kan berapa lama komentar Facebook diblokir? Jika dulu, kita hanya bisa mengira-ira kapan waktunya berakhir, namun sekarang Facebook sudah memberikan informasi tepat kapan pemblokiran itu berakhir.

Dan apabila pemblokiran tidak kunjung berakhir meski batas waktu akhirnya sudah melebihi, maka kamu bisa mengajukan banding kepada pihak Facebook untuk ditinjau lebih lanjut.

Jika kamu ingin membagikan pengalaman terkait pemblokiran komentar di Facebook atau mungkin pertanyaan terkait topik ini, maka silakan tuliskan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *